KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEAMANAN KONSUMEN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI MARKETPLACE SHOPEE KOTA JAMBI

Authors

  • Ananda Dewi Wahyuni Fakultas ekonomi dan bisnis, manajemen
  • Dahmiri Dahmiri Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v10i01.12384

Abstract

ABSTRACT
The number of e-commerce companies in Indonesia causes intense competition to
attract someone to visit and purchases through their site. Some of the factors that have
an influence on a person's purchase intention are trust, risk perception and security.
Therefore, this study aims to determine the relationship between trust and risk
perception on consumer safety and its implications for consumer buying interest in the
Shopee marketplace, Jambi city. The sampling technique in this study used nonprobability sampling or rather purposive sampling with 100 respondents who were
residents of Jambi City who used Shopee e-commerce. Data analysis was performed
using the PLS-based Structural Equation Modeling (SEM) method processed with
SmartPLS 3.2.8 software. The results of this study indicate that consumer trust and risk
perception have a significant positive effect on consumer safety. Meanwhile, consumer
safety has a significant positive effect on consumer buying interest.
Keywords: e-commerce, consumer buying interest, risk perception, trust consumers and
consumer safety
ABSTRAK
Banyaknya perusahaan e-commerce yang ada di Indonesia menyebabkan kompetisi
yang ketat untuk menarik minat seseorang dalam berkunjung dan melakukan pembelian
melalui situs miliknya. Beberapa faktor yang memiliki pengaruh terhadap minat beli
seseora ng adalah kepercayaan, persepsi risiko dan keamanan. Oleh karena itu,
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepercayaan dan persepsi resiko
terhadap keamanan konsumen dan implikasinya terhadap minat beli konsumen di
marketplace Shopee kota Jambi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan non-probability sampling atau tepatnya purposive sampling dengan 100
responden yang merupakan warga Kota Jambi yang menggunakan e-commerce Shopee.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling
(SEM) berbasis PLS yang diolah dengan software Smart PLS 3.2.8. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa kepercayaan konsumen dan Persepsi risiko memiliki pengaruh
positif signifikan terhadap keamanan konsumen. Sedangkan keamanan konsumen
berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli konsumen.
Kata Kunci: e-commerce, Minat Beli Konsumen, Persepsi Risiko, kepercayaan
konsumen dan keamanan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-28

How to Cite

Wahyuni, A. D. ., & Dahmiri, D. (2021). KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEAMANAN KONSUMEN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI MARKETPLACE SHOPEE KOTA JAMBI. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(01), 29-41. https://doi.org/10.22437/jmk.v10i01.12384

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3