1. Petunjuk untuk penulis

Standar Pelaporan

Penulis harus menyajikan hasil penelitian yang akurat yang disertai dengan diskusi yang objektif dan data disajikan secara akurat pada artikel. Artikel harus mencakup informasi dan referensi yang cukup yang dapat diacu oleh orang lain pada penelitian berikutnya. Penipuan terhadap laporan adalah perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima jika dilakukan secara sengaja.

Akses Data dan Retensi

Penulis hendaknya menyediakan data mentah yang berhubungan dengan artikel sebagai bahan ulasan editorial dan berkenan untuk menyediakan akses publik terhadap data tersebut dan dalam hal apapun harus bersiap untuk menyimpan data tersebut untuk beberapa waktu setelah publikasi.

Orisinalitas dan Plagiarisme

Penulis harus memastikan bahwa artikel yang diajukan adalah sepenuhnya asli dan harus dikutip atau disitasi secara tepat jika penulis telah menggunakan penelitian atau kata-kata dari orang lain.

Publikasi Multipel, Berulang dan Serentak

Penulis tidak boleh secara bersamaan mengirimkan naskah dengan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau selain publikasi utama. Pengiriman naskah yang sama di lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Pengakuan terhadap Sumber

Pengakuan terhadap karya orang lain harus dilakukan. Penulis harus mengutip seluruh kepustakaan yang digunakan dalam artikel.

Kepemilikan Artikel

Penulis utama harus memastikan daftar seluruh penulis yang berkontribusi dan seluruh penulis kontributor telah melihat dan menyetujui artikel final yang akan diajukan untuk publikasi. Kepemilikan harus dibatasi kepada mereka yang telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap rancangan, desain, pelaksanaan atau interpretasi dari hasil penelitian yang diajukan. Semua orang yang telah berkontribusi harus terdaftar sebagai penulis. Bilamana ada orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek-aspek substantif tertentu dalam proses penulisan artikel ataupun penelitian, maka mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor.

Bahaya dan Subyek Manusia atau Hewan

Jika penelitian melibatkan bahan kimia, prosedur ataupun peralatan yang berbahaya dan bersifat melekat dalam penggunaannya, penulis harus jelas mengidentifikasi hal ini dalam naskah artikel.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Semua penulis harus menjabarkan dalam naskah artikel setiap konflik keuangan ataupun konflik kepentingan yang bersifat substansi yang mungkin mempengaruhi hasil atau interpretasi artikel. Semua sumber dukungan keuangan untuk penelitian tersebut juga harus diungkapkan.

Kesalahan Mendasar dalam Artikel yang Diterbitkan

Jika penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan dalam naskah artikel yang diterbitkan, hal itu merupakan kewajiban penulis untuk segera memberitahukan editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk dapat diperbaiki atau ditarik kembali.

AUTHOR GUIDELINES

JURNAL MANAJEMEN TERAPAN DAN KEUANGAN (MANKEU)

Artikel yang diajukan pada Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan harus mengikuti tata cara penulisan (link template) sebagai berikut:

  1. Naskah artikel ditulis dalam bahasa Indonesia dan pengajuannya dilakukan secara online melalui website Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu). Pengajuan naskah artikel tidak dikenakan biaya. Penulis harus melakukan login terlebih dahulu. 
  2. Naskah artikel yang dikirimkan merupakan hasil penelitian dengan jumlah halaman maksimal 15 halaman. Ukuran kertas format A4 (21x 29,7 cm); dengan margin: bawah 3 cm, atas 3 cm, kiri 3 cm, dan kanan 3 cm.
  3. Judul, Abstrak dan keyword ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

 =  Judul naskah tidak lebih dari 15 kata, dengan ketentuan format title case, small caps, centered, bold, menggunakan jenis font Times New Roman (TNR), ukuran 14, spasi 1.

=   Abstrak tidak memuat gambar ataupun tabel, dalam format justified, menggunakan jenis font Times New Roman (TNR), ukuran 12, spasi 1, tidak melebihi 250 kata.

=   Keywords terdiri dari 3-5 kata/prase, dipisahkan menggunakan koma, dalam format justified, menggunakan jenis font Times New Roman (TNR), ukuran 12, spasi 1.

  1. Isi Naskah Artikel

>   Teks utama dari naskah artikel harus ditulis dalam format satu kolom dengan justified, menggunakan jenis font Times New Roman (TNR), ukuran 12, indentasi baris pertama 5 mm, 1 spasi.

>   Terdiri dari: Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Simpulan, saran dan Referensi.

    • Pendahuluan: mengungkapkan latar belakang masalah penelitian, penelitian-penelitian terkait yang pernah ada, perbedaan dari penelitian sebelumnya sehingga memunculkan kebaruan penelitian, rumusan/ identifikasi masalah, tujuan penulisan, harapan yang ingin dicapai dari tulisan, dan manfaat ilmiah dari tulisan.
    • Kajian Teori/Tinjauan Pustaka : Pada bagian kajian teori, sub judul langsung dituliskan teori yang akan dijadikan acuan penelitian. Teori menjelaskan hubungan antar variable penelitan. Penulisan kutipan ditulis dengan menggunakan font style italic, spasi 1. Setiap penulisan teori ditulis sumber utamanya. Pengembangan hipotesis dijelaskan pada bagian ini terkait logika penelitian, teori pendukung, dan referensi penelitian sebelumnya.
    • Metode Penelitian: menjelaskan data, populasi dan penentuan sampel, alat analisis yang digunakan, dan jika ada bisa menyertakan Fishbone Diagram penelitian.
    • Hasil dan Pembahasan: mengungkapkan temuan hasil penelitian berdasarkan data lapangan yang diperoleh dengan angket, survei, dokumen, interview, observasi dan teknik pengumpulan data lainnya. Hasil penelitian dianalisis dengan melakukan interpretasi dengan teknik tertentu dan sintesis dengan teori tertentu (bisa juga berasal dari pemikiran penulis). Hasil penelitian harus ringkas dan jelas. Pembahasan harus menganalisis signifikansi hasil penelitian, hindari pengulangan. Hindari membahas sitasi dan literatur yang terlalu luas pada bagian ini.
    • Simpulan dan Saran: berisi ringkasan jawaban tujuan penulisan, kemungkinan penerapan atau pengembangan penelitian dan saran atau rekomendasi untuk penelitian selanjutnya.
  1. Gambar dan tabel harus menggunakan warna hitam dan putih, jika dibuat dalam warna lain, harus dapat dipastikan bahwa gambar dan tabel dapat terbaca jelas ketika dicetak dalam warna hitam putih. Gambar dan tabel harus jelas terbaca dan dibuat dalam ukuran yang proporsional terhadap keseluruhan halaman. Judul gambar dan judul tabel harus menggunakan nomor, dengan font TNR ukuran 12 berspasi 1. Untuk memudahkan pengaturan tampilan artikel/layout, harap menyertakan gambar atau tabel dengan format  .tif/.jpg/.jpeg dalam folder terpisah.
  2. Persamaan Matematis ditulis dengan jelas, menggunakan urutan penomoran, dan dilengkapi dengan informasi yang diperlukan.
  3. Naskah artikel tidak menggunakan nomor halaman termasuk header dan footer .
  4. Sitasi dan referensi ditulis menggunakan model Mendeley.
  5. Referensi disusun secara alfabetis berdasarkan nama belakang penulis yang disitasi. Tulisan daftar pustaka huruf TNR 12, 1 spasi, spasi bawah 6pt. Format penulisan referensi mengikuti APA Style 6th Edition seperti di bawah ini.

Format Buku

Kotler, Philip. (2012). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Edisi 2. New York: Mc Graw Hill.

Rivai, V., dkk. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Rajawali Press.

Format Artikel jurnal

Izvercian, M., Radu, A., Ivascu, L., & Ardelean, B.-O. (2014). The Impact of Human Resources and Total Quality Management on the Enterprise. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 124, 27–33. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.02.456

Format Prosiding Konferensi

Rachmi, A, (2014). Hubungan Industrial di Perusahaan Menengah Indonesia, (hal. 28-31). Malang: Politeknik Negeri Malang.

Format Skripsi, Tesis atau Disertasi

Lucky Radi Rinandiyana. (2010). Pengaruh Store Image Terhadap Cutomer Loyalty Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening pada Pelanggan Asia Plaza di kota Tasikmalaya. Tesis, Program Studi Magister Sains Manajemen. Universitas Jenderal Soedirman.

Format Sumber Elektronik

Ivan Mulyadi. (2011).  Melakukan Segmentasi dengan Demografi, diakses 30 Januari 2016, dari http://www.marketing.co.id/demografi-segmen-menengah-atas/.

  1. Wikipedia, personal blog/ blog pribadi seperti blogspot, atau website tidak ilmiah tidak diperkenankan digunakan sebagai rujukan artikel.
  2. Referensi utama harus sekurang-kurangnya 80% dari sekurang-kurangnya 10 referensi.
  3. Referensi harus menggunakan sumber terbaru sekurang-kurangnya 10 tahun terakhir. 
  4. Secara detail, tata cara penulisan naskah artikel dapat diunduh pada template yang telah disediakan.

Dewan redaksi berwenang untuk menolak naskah artikel berdasarkan alasan yang dinyatakan peer reviewer dan membuat perubahan-perubahan yang dibutuhkan ataupun penyesuaian terkait penggunaan bahasa tanpa merubah substansi naskah artikel.  Penyuntingan isi naskah akan terlebih dahulu dikonsultasikan dengan penulis.

  1. Penyiapan Naskah dan Gaya Selingkung

Penulis harus mengisi persetujuan-persetujuan pada saat akan mengirimkan artikelnya ke jurnal, seperti:

  1. Ethics Statement yang berisi penyataan bahwa artikel yang dikirim belum pernah diterbitkan atau sedang dalam proses review di jurnal lain,
  2. Copyright Transfer Agreement (link CTA) yang berisi pernyataan bahwa penulis menyerahkan hak ciptanya ke jurnal dan artikel telah mengikuti format penulisan jurnal, dan informasi lainnya
  3. Authorship Agreement yang berisi pernyataan bahwa para penulis setuju dengan urutan nama penulis dalam naskah yang dipublikasikan.

Persetujuan ini akan muncul pada saat awal penulis akan mengirimkan artikelnya. Penulis akan diminta untuk mengunggah ketiga persetujuan tersebut pada bagian supplementary file dan mencentang semua informasi yang disyaratkan sebagai bentuk persetujuan penulis dengan aturan yang diterapkan oleh pengelola jurnal.

Submission Preparation Checklist 

Sebagai bagian dari proses pengiriman, penulis diwajibkan untuk memeriksa kepatuhan pengajuan mereka dengan semua item berikut, dan pengiriman dapat dikembalikan kepada penulis yang tidak mematuhi pedoman ini.

  1. Naskah yang dikirimkan belum pernah dipublikasikan di jurnal manapun
  2. File naskah tersedia dalam format dokumen Microsot Word
  3. Jika tersedia, harap URL referensi dicantumkan.
  4. Tulisan spasi 1, huruf TNR 12, semua gambar, tabel ditempatkan di dalam teks sesuai dengan penjelasannya.
  5. Cara penulisan sumber referensi harap mengikuti Author Guidelines, yang bisa dilihat di bagian About Jurnal.
  6. Jurnal ini menggunakan Double Blind Review, silahkan anda bisa membaca petunjuknya di bagian Ensuring a Blind Review

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam jurnal ini hanya akan digunakan untuk kepentingan jurnal dan tidak akan digunakan oleh pihak lain dengan tujuan apapun.