Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan https://online-journal.unja.ac.id/mankeu <p style="text-align: justify;">Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu) merupakan jurnal yang dapat di akses secara terbuka. Mankeu terbit sebanyak 4 nomor per volume (tahun) dengan periode Maret, Juni, September dan Desember. Mankeu menerima naskah secara nasional dan lokal dari peneliti, akademisi, praktisi dan masyarakat yang terkait dengan hasil penelitian dalam bidang Bidang Manajemen Pemerintahan, Bidang Manajemen Operasional, Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Bidang Manajemen Pemasaran, Bidang Manajemen Keuangan, Bidang Perpajakan, Bidang Akuntansi, Bidang Kewirausahaan, Bidang Keuangan Daerah dan Bidang Pembangunan Daerah. Tujuan Mankeu adalah menjadi sarana komunikasi ilmiah bagi para peneliti, akademisi dan masyarakat untuk mempublikasikan hasil penelitian.</p> en-US mankeusrl@unja.ac.id (Dr. Drs. Syahmardi Yacob, MBA) cikdahmiri@gmail.com (Dr. Dahmiri, SE., MM.) Sun, 08 Sep 2024 12:58:02 +0700 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI TBS (STUDI PADA PETANI KELAPA SAWIT DESA SUKARAME BARU KABUPATEN LABUHANBATU UTARA) https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/36823 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi produksi Tandan Buah Segar (TBS) di Desa Sukarame Baru, Kabupaten Labuhanbatu Utara, dengan fokus pada pengaruh harga jual dan luas lahan. Permasalahan utama yang diidentifikasi adalah fluktuasi harga jual dan terbatasnya luas lahan, yang mempengaruhi pendapatan petani dan produksi TBS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling untuk menentukan sampel dari petani kelapa sawit di desa tersebut. Variabel independen pada penelitian ini adalah Harga Jual (X1) dan Luas Lahan (X2). Sedangkan yang menjadi variabel dependen adalah Produksi TBS (Y). Populasi dalam penelitian adalah 401.863 penduduk kabupaten Labuhan Batu Utara pada tahun 2023. Dengan sampel sebanyak 60. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga jual TBS dan luas lahan memiliki pengaruh signifikan terhadap produksi TBS. Uji regresi linear berganda mengungkapkan bahwa harga jual berkontribusi positif terhadap produksi, dengan koefisien regresi sebesar 0,481, dan luas lahan juga berpengaruh positif dengan koefisien 0,380. Kestabilan harga jual memotivasi petani untuk meningkatkan perawatan tanaman dan investasi, sementara harga yang fluktuatif dapat mengurangi motivasi dan kualitas perawatan. Luas lahan yang terbatas membatasi potensi produksi, karena petani tidak dapat menambah jumlah tanaman secara signifikan. Uji t menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut, harga jual dan luas lahan, berpengaruh signifikan secara parsial terhadap produksi TBS. Uji F mengonfirmasi bahwa kedua variabel independen secara simultan mempengaruhi produksi TBS dengan nilai signifikansi 0,000, menunjukkan hubungan yang kuat. Uji koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa 45,7% variasi produksi dapat dijelaskan oleh harga jual dan luas lahan. Dengan demikian, penelitian ini menggarisbawahi pentingnya kestabilan harga jual dan perluasan lahan dalam meningkatkan produksi kelapa sawit di Desa Sukarame Baru, serta menyarankan perlunya kebijakan yang mendukung kestabilan harga dan pengembangan lahan pertanian untuk kesejahteraan petani.</p> <p><strong>Kata Kunci :</strong> Harga Jual, Luas Lahan, Produksi, Kelapa Sawit, TBS</p> Widya Syaputri, Maidalena Maidalena, Muhammad Ikhsan Harahap Copyright (c) 2024 Widya Syaputri, Maidalena Maidalena, Muhammad Ikhsan Harahap https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/36823 Sun, 08 Sep 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH TUNJANGAN KINERJA DAN BUDAYA ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI DIMEDIASI KEPUASAN KERJA PADA KANTOR KEJAKSAAN TINGGI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/36861 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis </em>pengaruh tunjangan kinerja dan budaya organisasional terhadap kinerja pegawai dan kepuasan kerja mereka di lingkungan Kejaksaan Tinggi Yogyakarta. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pegawai yang bekerja di Kejaksaan Tinggi Yogyakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 175 orang dengan rumus Slovin. Metode pengumpulan data yang digunakan mencakup penyebaran kuesioner, dan observasi langsung. Uji instrument pada penelitian ini menggunakan uji validitas konstruk dan uji reliabilitas, sedangkan untuk uji hiposesis menggunakan <a name="_Toc173153474"></a>uji model fit, dan uji t-statistik melalui SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukan bahwa tunjangan kinerja berpengaruh langsung terhadap kinerja pegawai, budaya organisasi berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai, tunjangan kerja berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja, budaya organisasional berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja<strong>, </strong>kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai, kepuasan kerja tidak memediasi hubungan antara tunjangan kinerja dengan kinerja pegawai, dan budaya organisasional berpengaruh terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja</p> <p><strong><em>Kata kunci:</em></strong> <em>Tunjangan Kinerja</em><em>, </em><em>Budaya Organisasional, </em><em>Kinerja Pegawai, Kepuasan Kerja.</em></p> Hendrajati Hendrajati, Didik Subiyanto, Syamsul Hadi Copyright (c) 2024 Hendrajati Hendrajati, Didik Subiyanto, Syamsul Hadi https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/36861 Sun, 08 Sep 2024 00:00:00 +0700 OPTIMALISASI REGULASI PERBANKAN SYARIAH OLEH BANK INDONESIA DAN OTORITAS JASA KEUANGAN DALAM AKSELERASI TRANSFORMASI DIGITAL https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/36621 <p><strong><em>Abstrak</em></strong></p> <p><em>The acceleration of digital transformation in the financial sector landscape was in line with complex risks, but people’s preferences were increasingly favoring the efficiency of digitalization, especially in Islamic banking. As a result, Bank Indonesia (BI) and the Financial Services Authority (OJK) had to balance regulations that were relevant to the growing digital innovation while still prioritizing sharia principles. The purpose of the study is to examine the optimization of Islamic banking regulations by BI and OJK in accelerating digital transformation. Using descriptive qualitative methods through library research with digital literacy and research. Secondary data collection by archival research related to policies and regulations through BI, OJK, and JDIH OJK publications. Conclusions and results show that the regulations and policies implemented by BI and OJK are demonstrating significant steps in optimizing Islamic banking for accelerating digital transformation. This has a positive impact on strengthening IT infrastructure, literacy, and digital financial inclusion. In ensuring efficiency and effectiveness, OJK has succeeded in creating an adaptive and efficient regulatory framework for the digital acceleration of BUS, UUS, and BPRS.</em></p> <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Akselerasi transformasi digital dalam lanskap sektor keuangan searah dengan risiko yang kompleks, namun preferensi masyarakat semakin tinggi terhadap efisiensi digitalisasi terutama perbankan syariah. Sehingga Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) harus mampu menyeimbangkan regulasi yang relevan dengan inovasi digital yang terus meningkat, tetapi tetap mengedepankan prinsip syariah. Tujuan penelitian mengkaji terkait optimalisasi regulasi perbankan syariah oleh BI dan OJK dalam akselerasi transformasi digital. Menggunakan metode kualitatif dekriptif melalui <em>library research </em>dengan literasi dan riset digital. Pengumpulan data sekunder secara <em>archival research</em> terkait kebijakan dan regulasi melalui publikasi BI, OJK, dan JDIH OJK. Kesimpulan dan hasil menunjukkan regulasi dan kebijakan yang diterapkan BI dan OJK telah menunjukkan langkah signifikan dalam mengoptimalkan perbankan syariah dalam akselerasi transformasi digital yang berdampak positif pada penguatan infrastruktur TI, literasi, inklusi keuangan digital. Dalam memastikan efisiensi dan efektivitas OJK berhasil membentuk kerangka regulasi yang adaptif dan efisien dalam akselerasi digital BUS, UUS dan BPRS.</p> Nor Hasanah, M. Noor Sayuti, Lisnawati Lisnawati Copyright (c) 2024 Nor Hasanah, M. Noor Sayuti, Lisnawati Lisnawati https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/36621 Sun, 08 Sep 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH BUDAYA KERJA, KOMPENSASI, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP DISIPLIN KERJA PADA ROSALYNE CONTRACTOR, FURNITURE, WALLPAPER https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/33147 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya kerja, kompensasi, dan motivasi kerja terhadap disiplin kerja pada pegawai PT Rosalyne Contractor dan Furniture Yogyakarta.Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai PT Rosalyne Contractor dan Furniture Yogyakarta yang berjumlah 60 orang. Metode pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Uji hipotesis menggunakan uji T, uji F, dan uji R<sup>2 </sup>Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja. Kompensasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap disiplin kerja. Motivasi kerja berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap disiplin kerja. Secara bersamaan budaya kerja, kompensasi, dan motivasi kerja memiliki pengaruh positif dan simultan terhadap disiplin kerja.</p> <p>&nbsp;</p> Hasnah Yasmina Rukoh, Prayekti Prayekti, Kusuma Chandra Kirana Copyright (c) 2024 Hasnah Yasmina Rukoh, Prayekti Prayekti, Kusuma Chandra Kirana https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/33147 Sun, 08 Sep 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEBERHASILAN WIRAUSAHA MELALUI EFIKASI DIRI PADA ANGGOTA HIPMI DI PROVINSI JAMBI https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/32174 <p><em>Tsunami penduduk usia produktif akan mencapai 60% dari total masyarakat Indonesia, ini harus menjadi perhatian khusus mengingat dampak dari bonus demografi ini tidak selalu positif. Pengangguran bisa menjadi permasalahan serius jika sumber daya manusia tidak dipersiapkan dengan baik dan salah satu jalan keluar dari hal tersebut adalah kita harus dapat melahirkan wirausaha baru untuk dapat membuka lapangan kerja. HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) sebagai wadah yang menjadi perkumpulan anak muda berprofesi sebagai wirausaha memiliki peran strategis untuk membantu keberhasilan wirausaha anak muda. Dalam penelitian ini yang berjudul “Pengaruh Ekonomi Keluarga dan Lingkungan Sosial Terhadap Keberhasilan Wirausahaan melalui Efikasi Diri” merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif yang melibatkan 192 responden ditemukan variabel ekonomi keluarga tidak berpengaruh secara signifikan tapi berdasarkan perhitungan nilai VAF pada penelitian ini sebesar 25.8% yang artinya variabel efikasi diri memediasi secara sebagian hubungan antara ekonomi keluarga dengan keberhasilan berwirausaha. Sedangkan variabel lingkungan sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel keberhasilan wirausaha melalui efikasi diri. Berdasarkan perhitungan nilai VAF pada penelitian ini sebesar 0.27% yang artinya variabel efikasi diri hampir tidak memediasi hubungan antara lingkungan sosial dengan keberhasilan berwirausaha.</em></p> Nurul Nilamsari, Tona Aurora Lubis Copyright (c) 2024 Nurul Nilamsari, Tona Aurora Lubis https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/32174 Sun, 08 Sep 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH PERCEIVED INFLUENCE PADA INTENTION TO PURCHASE, BRAND ENGAGEMENT, BRAND EXPECTED VALUE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/32307 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh perceived impact terhadap niat beli, keterlibatan merek, dan nilai yang diharapkan dari merek sebagai variabel intervening di Yogyakarta. Kemajuan teknologi dalam berbelanja telah menunjukkan kemajuan signifikan di seluruh dunia. Di Indonesia, banyak aplikasi e-commerce yang tersedia, dengan Blibli.com menjadi salah satu platform terkemuka yang masih dalam tahap pengembangan. Studi ini menggunakan metode kuantitatif, menargetkan konsumen Blibli.com di Yogyakarta sebagai populasi. Pengambilan sampel nonprobability digunakan, dengan menyebarkan kuesioner kepada 277 responden, yang diukur menggunakan skala Likert. Teknik analisis data yang diterapkan adalah analisis regresi linier berganda. Temuan menunjukkan adanya korelasi yang signifikan dan positif antara Perceived Influence, Brand Engagement, Brand Expected Value, dan Intention To Buy di Blibli.com.</em></p> Yeni Dwi Anggrasari, Muinah Fadhilah, Nonik Kusumaningrum Copyright (c) 2024 Yeni Dwi Anggrasari, Muinah Fadhilah, Nonik Kusumaningrum https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/32307 Sun, 08 Sep 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH DIGITAL MARKERTING DAN SOCIAL MEDIA INFLUENCER TERHADAP NIAT BELI PRODUK SEPATU COMPASS MELALUI CUSTOMER ONLINE REVIEW SEBAGAI VARIABEL INTERVENING https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/32424 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel <em>digital marketing</em> dan <em>social media influencer</em> terhadap niat beli melalui <em>customer online review</em> sebagai variabel <em>intervening</em> terhadap konsumen yang memiliki dan mengenal produk sepatu Compass di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuntitatif. Populasi digunakan dalam penelitian ini adalah pemilik atau konsumen yang mengenal merek sepatu Compass. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah <em>nonprobability sampling</em> dengan menggunakan teknik <em>purposive sampling,</em> data dalam penelitian ini adalah primer dengan penyebaran melalui <em>googleform</em> secara <em>online</em> terhadap responden. sasaran penelitiannya adalah konsumen yang menggunakan atau mengenal merek sepatu Compass. Hasil dari penelitian yang di uji menggunakan IBM SPSS Statistics 25 pada uji hipotesis yaitu uji t, ditemukan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa <em>digital marketing</em> tidak berpengaruh terhadap niat beli, <em>social media influencer</em> berpengaruh terhadap niat beli, <em>digital marketing</em> berpengaruh terhadap <em>customer online review</em>, <em>social media influencer</em> tidak berpengaruh terhadap <em>customer online review</em>, <em>customer online review</em> berpengaruh terhadap niat beli dan pada uji sobel persamaan 2 <em>customer online review</em> tidak dapat berperan sebagai variabel mediasi antara<em> social media influencer</em> terhadap niat beli.</p> <p>&nbsp;</p> Henny Welsa, Wayan Yarte Yase, Bernedetta Diansepti Maharani Copyright (c) 2024 Henny Welsa, Wayan Yarte Yase, Bernedetta Diansepti Maharani https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/32424 Sun, 08 Sep 2024 00:00:00 +0700 ANALISIS BEP DAN MOS SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA PADA UMKM DI TOKO BERLIAN PANCING https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/36682 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Break Even Point dan Margin Of Safety dapat digunakan sebagai alat perencanaan laba pada UMKM di Toko Berlian Pancing. Dalam analisis ini, penulis mengkaji Break Even Point dan Margin</em> <em>Of Safety</em><em> sebagai alat perencanaan laba pada UMKM tersebut. </em><em>Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Data diperoleh dari sumber data sekunder seperti laporan keuangan perusahaan, artikel, jurnal (penelitian-penelitian terdahulu). Hasil analisis menunjukkan bahwa Break Even Point dan </em>Margin <em>Of Safety</em><em> sangat penting dalam perencanaan laba pada UMKM. BEP menunjukkan dimana laba menjadi nol, sedangkan MOS menunjukkan selisih antara harga jual dan biaya produksi. Dengan menggunakan Break Even Point dan </em>Margin <em>Of Safety</em><em>, UMKM dapat menentukan berapa biaya yang harus ditanggung sebelum mencapai titik keuntungan.</em></p> <p>&nbsp;</p> Rifdah Nur Husna, Laylan Syafina, Yenni Samri Juliati Nasution Copyright (c) 2024 Rifdah Nur Husna, Laylan Syafina, Yenni Samri Juliati Nasution https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/36682 Sun, 08 Sep 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH KEPUASAN KERJA, INNOVATIVE WORK BEHAVIOR, DAN DUKUNGAN REKAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS PERHUBUNGAN BANTUL https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/32421 <p><em>Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul is a government organization that operates in the transportation sector, which has an important role in society. Optimizing individual performance is still a concern in employee work behavior within government organizations. Performance factors can be caused by job satisfaction, innovative work behavior, and coworker support. So this study aims to determine the effect of job satisfaction, innovative work behavior, and coworker support on employee performance at Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul. This research is a quantitative study that uses primary data collection with questionnaire instruments. This study involved 45 respondents whose data were taken using accidental sampling, and the number of respondents was determined by the Slovin formula. The results showed that job satisfaction has no effect on employee performance, innovative work behavior also has no effect on employee performance, and coworker support has a significant positive effect on employee performance. Strengthening and maintaining a work ecosystem that facilitates good relationships between fellow employees is a task for the organization if it takes policies to </em><em>improve</em><em> employee performance.</em></p> Machmud Zain Alwi Sanjaya, Ignatius Soni Kurniawan, Nala Tri Kusuma Copyright (c) 2024 Machmud Zain Alwi Sanjaya, Ignatius Soni Kurniawan, Nala Tri Kusuma https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/32421 Sun, 08 Sep 2024 00:00:00 +0700 PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM MENARIK MINAT BERKUNJUNG KE AGROWISATA NANAS DI DESA TANGKIT BARU, KECAMATAN SUNGAI GELAM DENGAN PRODUK KREATIF OLAHAN NANAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/33358 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah variabel Media Sosial dan Produk Kreatif mempunyai pengaruh atau tidak terhadap variabel Minat Berkunjung ke Agrowisata Nanas Tangkit Baru. Objek penelitian ini adalah masyarakat yang sudah berkunjung ke Agrowisata Nanas Tangkit Baru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 dengan menggunakan rumus <em>Slovin</em>. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang disebar secara acak kepada masyarakat yang pernah berkunjung ke Agrowisata Nanas Tangkit Baru dan alat analisis menggunakan Smart PLS (<em>Partial Least Square</em>). Hasil dari penelitian ini adalah bahwa variabel Media Sosial dan Produk Kreatif Olahan Nanas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Minat Berkunjung, sedangkan variabel Media Sosial dengan variabel Produk Kreatif Olahan Nanas sebagai variabel moderating tidak mempunyai pengaruh yang signifikan.</p> Erida Erida, Adi Ikhsan Syukri Amri, Maulidia Imastary Tan Copyright (c) 2024 Erida Erida, Adi Ikhsan Syukri Amri, Maulidia Imastary Tan https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/33358 Sun, 08 Sep 2024 00:00:00 +0700 ANALISIS PENERAPAN FINTECH PADA UMKM DI KOTA MEDAN DALAM PERSFEKTIF MAQASHID SYARIAH https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/36719 <p><em>Penelitian bertujuan untuk mengetahui Penerapan Fintech Pada UMKM di Kota Medan Dalam Persfektif Maqashid Syariah, serta kendala dan juga risiko dari Penerapan Fintech Pada UMKM di Kota Medan. Sumber data primer dan sekunder merupakan sumber data yang digunakan dalam pendekatan penelitian kualitatif. Untuk mengumpulkan data untuk penelitian ini, wawancara, dokumentasi, dan tinjauan pustaka digunakan. Kemudian dimungkinkan untuk membuat kesimpulan dari temuan analisis data. Berdasarkan temuan penelitian, 1. Sebagian besar pedagang UMKM ingin menggunakan layanan Fintech karena mereka menyadarinya. Fintech dipandang ramah pengguna oleh pelaku UMKM dan digunakan untuk layanan pembayaran digital. 2. Sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu kendala penerapan Fintech karena masih kurangnya pemahaman menyeluruh terhadap teknologi. Bagi banyak UMKM, buruknya kinerja fintech menyebabkan tertundanya transfer hasil penjualan. Biaya admin dinaikkan sebesar biaya MDR. Penerapan Fintech bagi UMKM membawa bahaya peningkatan kejahatan dunia maya, termasuk penipuan dan peretasan akun. 3. Penerapan Fintech dari sudut pandang maqashid syariah. Diantaranya maqashid syariah dari unsur at Tsabat (keutuhan) sejalan dengan UMKM yang diperhatikan oleh seluruh karyawan maupun pemilik usaha yang muslim, maqashid syariah dari unsur al Adl (kewajaran dalam bertransaksi), maqashid syariah dari unsur al wudhuh (transparansi) sejalan dengan unsur promosi digital, dan maqashid syariah dari unsur al hifdz (pemeliharaan harta) sejalan dengan unsur penjualan digital dan pembayaran digital. Status kehalalan transaksi dan barang telah dipastikan melalui kepatuhan fintech.</em></p> Alwi Akbar, Imsar Imsar, Purnama Ramadani Silalahi Copyright (c) 2024 Alwi Akbar, Imsar Imsar, Purnama Ramadani Silalahi https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/36719 Sun, 08 Sep 2024 00:00:00 +0700 KEPUASAN KERJA KOMPENSASI DAN PENGEMBANGAN KARIR YANG MEMPENGARUHI NIAT UNTUK BERTAHAN PADA KARYAWAN (STUDI PADA PT. LINGKAR ORGANIK INDONESIA) https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/33311 <p>Penelitian ini bertujuan untung mengetahui apakah kepuasan kerja, kompensasi, dan pengembangan karir mempengaruhi niat untuk bertahan pada karyawan PT. Lingkar Organik Indonesia. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Lingkar Organik Indonesia yang berjumlah 60 karyawan dengan menggunakan sampel jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan penyebaran kuisioner. Analisis uji regresi data menggunakan uji validitas dan uji rehabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikolonieritas, dan uji park. Uji hipotesis menggunakan uji T, uji F, dan uji R<sup>2</sup> melalui program SPSS 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepuasan kerja tidak berpengaruh terhadap niat untuk bertahan. Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat untuk bertahan. Pengembangan karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat untuk bertahan. Secara simultan kepuasan kerja, kompensasi dan pengembangan karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat untuk bertahan. Maka dapat disimpulkan bahwa kepuasan kerja, kompensasi, dan pengembangan karir berpengaruh positif terhadap niat untuk bertahan pada karyawan PT. Lingkar Organik Indonesia.</p> Nurul Arohmah, Prayekti Prayekti, Selamet Hartanto Copyright (c) 2024 Nurul Arohmah, Prayekti Prayekti, Selamet Hartanto https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/33311 Sun, 08 Sep 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KINERJA BISNIS LAUNDRY DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI INTERVENING https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/32175 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh hubungan Orientasi Kewirausahaan, Kualitas Pelayanan, Keunggulan Bersaing, dan Kinerja Bisnis, khususnya dalam lingkup industri laundry yang ada di Desa Sungai Duren, Desa Mendalo Indah dan Desa Mendalo Darat. Fokus penelitian ini adalah untuk mengkaji sejauh mana Orientasi Kewirausahaan dan Kualitas Pelayanan mempengaruhi Kinerja Bisnis melalui fungsi mediasi Keunggulan Bersaing di dalam konteks bisnis laundry. Metode penelitian bersifat kuantitatif dengan mengumpulkan data survei dari sejumlah sampel usaha laundry yang berjumlah</em><em> 41 responden berdasarkan jumlah laundry yang ada di objek penelitian. Pendekatan analisis yang digunakan melibatkan pemodelan persamaan struktural untuk mengevaluasi dampak secara langsung maupun tidak langsung antara variabel-variabel yang terlibat menggunakan SEM PLS 4.2. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari Orientasi Kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing yang mengindikasikan bahwa bisnis dengan tingkat Orientasi Kewirausahaan yang tinggi lebih mungkin mencapai keunggulan kompetitif. Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh positif terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Bisnis. Keunggulan Bersaing dapat memediasi Orientasi Kewirausahaan,dan Kualitas Pelayanan terhadap Kinerja Bisnis laundry, hal ini menegaskan mengembangkan pola pikir kewirausahaan dan memberikan layanan berkualitas tinggi merupakan langkah penting untuk meningkatkan keunggulan kompetitif, yang pada akhirnya akan mempengaruhi kinerja keseluruhan bisnis laundry di Desa Sungai Duren, Desa Mendalo Indah dan Desa Mendalo Darat.</em></p> Rahman Dwiyatma, Sigit Indrawijaya Copyright (c) 2024 Rahman Dwiyatma, Sigit Indrawijaya https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/32175 Sun, 08 Sep 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH PERCEIVED VALUE DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI PADA PRODUK SKINTIFIC DI YOGYAKARTA https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/33427 <p>Penelitiain ini bertujuain untuk mengetaihui pengaruh <em>perceived va</em><em>i</em><em>lue</em>, inovaisi produk terhaidaip keputusain pembeliain melailui minait beli paidai produk Skintific di Yogyaikairtai.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Populaisi dain saimpel yaing digunaikain dailaim penelitiain ini aidailaih konsumen yaing beraidai di Yogyaikairtai dengain kriteriai perempuain dain berusiai di aitais 18 taihun, berjumlaih 100 oraing, teknik pengaimbilain saimpel yaing dipaikaii aidailaih <em>non proba</em><em>ibility sa</em><em>impling</em>, dengain menggunaikain metode <em>purposive sa</em><em>impling</em>. Metode pengumpulain daitai menggunaikain penyebairain kuesioner. Ainailisis uji kuailitais menggunaikain uji vailiditais dain uji reliaibilitais, teknik ainailisis daitai menggunaikain uji aisumsi klaisik, uji ainailisis linier bergaindai, uji hipotesis, uji koefisien determinaisi dain uji sobel.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Haisil penelitiain menunjukkain baiwaih <em>perceived va</em><em>ilue</em> berpengairuh positif dain signifikain terhaidaip keputusain pembeliain, inovaisi produk tidaik berpengairuh terhaidaip keputusain pembeliain, minait beli berpengairuh positif dain signifikain terhaidaip keputusain pembeliain<em>, perceived va</em><em>ilue</em> berpengairuh positif dain signifikain terhaidaip minait beli, inovaisi produk berpengairuh positif dain signifikain terhaidaip minait beli, vairiaibel minait beli maimpu memediaisi <em>perceived va</em><em>ilue</em> terhaidaip keputusain pembeliain, dain vairiaibel minait beli maimpu memediaisi inovaisi produk terhaidaip keputusain pembeliain paidai produk Skintific.</p> <p>Kaitai Kunci: <em>Perceived Va</em><em>ilue</em>, Inovaisi Produk, Minait Beli, Keputusain Pembelian.</p> <p>&nbsp;</p> <p><em>This re</em><em>ise</em><em>iarch aims to de</em><em>ite</em><em>irmine</em><em>i the</em><em>i influ</em><em>ie</em><em>ince</em><em>i of pe</em><em>irce</em><em>iive</em><em>id valu</em><em>ie</em><em>i and produ</em><em>ict innovation on pu</em><em>irchasing de</em><em>icisions throu</em><em>igh pu</em><em>irchase</em><em>i inte</em><em>ire</em><em>ist in Skintific produ</em><em>icts in Yogyakarta.</em></p> <p><em>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; The</em><em>i popu</em><em>ilation and sample</em><em>i u</em><em>ise</em><em>id in this re</em><em>ise</em><em>iarch we</em><em>ire</em><em>i consu</em><em>ime</em><em>irs in Yogyakarta with the</em><em>i crite</em><em>iria of be</em><em>iing fe</em><em>imale</em><em>i and age</em><em>id ove</em><em>ir 18 ye</em><em>iars, totaling 100 pe</em><em>iople</em><em>i. The</em><em>i sampling te</em><em>ichniqu</em><em>ie</em><em>i u</em><em>ise</em><em>id was non-probability sampling, u</em><em>ising a pu</em><em>irposive</em><em>i sampling me</em><em>ithod. The</em><em>i data colle</em><em>iction me</em><em>ithod u</em><em>ise</em><em>is qu</em><em>ie</em><em>istionnaire</em><em>is. Qu</em><em>iality te</em><em>ist analysis u</em><em>ise</em><em>is validity and re</em><em>iliability te</em><em>ists, data analysis te</em><em>ichniqu</em><em>ie</em><em>is u</em><em>ise</em><em>i classical assu</em><em>imption te</em><em>ists, mu</em><em>iltiple</em><em>i line</em><em>iar analysis te</em><em>ists, hypothe</em><em>isis te</em><em>ists, coe</em><em>ifficie</em><em>int of de</em><em>ite</em><em>irmination te</em><em>ists and Sobe</em><em>il te</em><em>ists.</em></p> <p><em>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; The</em><em>i re</em><em>ise</em><em>iarch re</em><em>isu</em><em>ilts show that pe</em><em>irce</em><em>iive</em><em>id valu</em><em>ie</em><em>i has a positive</em><em>i and significant e</em><em>iffe</em><em>ict on pu</em><em>irchasing de</em><em>icisions, produ</em><em>ict innovation has no e</em><em>iffe</em><em>ict on pu</em><em>irchasing de</em><em>icisions, pu</em><em>irchase</em><em>i inte</em><em>ire</em><em>ist has a positive</em><em>i and significant e</em><em>iffe</em><em>ict on pu</em><em>irchase</em><em>i de</em><em>icisions, pe</em><em>irce</em><em>iive</em><em>id valu</em><em>ie</em><em>i has a positive</em><em>i and significant e</em><em>iffe</em><em>ict on pu</em><em>irchase</em><em>i inte</em><em>ire</em><em>ist, produ</em><em>ict innovation has a positive</em><em>i and significant e</em><em>iffe</em><em>ict on inte</em><em>ire</em><em>ist. Pu</em><em>irchase</em><em>i, the</em><em>i pu</em><em>irchase</em><em>i inte</em><em>ire</em><em>ist variable</em><em>i is able</em><em>i to me</em><em>idiate</em><em>i pe</em><em>irce</em><em>iive</em><em>id valu</em><em>ie</em><em>i on pu</em><em>irchasing de</em><em>icisions, and the</em><em>i pu</em><em>irchase</em><em>i inte</em><em>ire</em><em>ist variable</em><em>i is able</em><em>i to me</em><em>idiate</em><em>i produ</em><em>ict innovation on pu</em><em>irchasing de</em><em>icisions for Skintific produ</em><em>icts.</em></p> <p><em>Ke</em><em>iywords: Pe</em><em>irce</em><em>iive</em><em>id Valu</em><em>ie</em><em>i, Produ</em><em>ict Innovation, Pu</em><em>irchase</em><em>i Inte</em><em>intion, Pu</em><em>irchase</em><em>i De</em><em>icision.</em></p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> Sri Widiya Astuti, Ambar Lukitaningsih, Agus Dwi Cahya Copyright (c) 2024 Sri Widiya Astuti, Ambar Lukitaningsih, Agus Dwi Cahya https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/33427 Thu, 05 Sep 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAERAH PEMERINTAH KOTA JAMBI DENGAN KOMPETENSI PEGAWAI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/32381 <p><em>Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah Terhadap Kinerja Pemerintah Kota Jambi dengan Kompetensi Pegawai sebagai Variabel Mediasi. </em><em>Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Badan Keuangan Daerah yang ada di Kota Jambi</em><em>. Sementara itu, sampel dari penelitian ini adalah 180 responden pegawai Badan Keuangan Daerah Provinsi Jambi. Analisis yang digunakan dalam </em><em>penelitian ini berupa analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan analisis kausalitas SEM (Structural Equation Modeling) berbasis component atau variance yang terkenal dengan Partial Least Square (PLS). Penelitian ini memberikan hasil sebagai berikut: </em><em>Akuntabilitas berpengaruh positif terhadap Kinerja Keuangan Daerah pemerintah Kota Jambi, </em><em>Akuntabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi pegawai, Transparansi tidak berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan Daerah pemerintah Kota Jambi, Transparansi berpengaruh positif dan signifikan kompetensi pegawai, Kompetensi pegawai memiliki berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan Daerah pemerintah Kota Jambi, Akuntabilitas berpengaruh positif terhadap Kinerja Keuangan Daerah pemerintah Kota Jambi yang dimediasi oleh kompetensi pegawai, serta Transparansi berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Keuangan Daerah pemerintah Kota Jambi yang dimediasi oleh kompetensi pegawai.</em></p> Auliza Oktari, Agus Solikhin, Dahmiri Dahmiri Copyright (c) 2024 Auliza Oktari, Agus Solikhin, Dahmiri Dahmiri https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/32381 Sun, 08 Sep 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH DISIPLIN KERJA, PEMBINAAN ROHANI DAN TUNJANGAN KINERJA TERHADAP KINERJA PETUGAS LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS I TANGERANG https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/34094 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja, pembinaan rohani, dan tunjangan kinerja terhadap kinerja petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian survey. Sampel penelitian ini terdiri dari 115 petugas dari populasi sebanyak 161 petugas yang dipilih melalui teknik random sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi dan kuesioner serta dianalisis menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin kerja, pembinaan rohani, dan tunjangan kinerja secara signifikan berpengaruh terhadap kinerja petugas. Disiplin kerja memberikan kontribusi paling besar, diikuti oleh tunjangan kinerja dan pembinaan rohani. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan pada aspek disiplin kerja dan tunjangan kinerja dapat langsung meningkatkan kinerja petugas, sedangkan pembinaan rohani juga penting sebagai penunjang dalam membentuk sikap dan motivasi kerja yang baik. Studi ini memberikan implikasi bahwa untuk meningkatkan kinerja petugas, manajemen Lembaga Pemasyarakatan harus memperhatikan dan meningkatkan kualitas disiplin kerja, menyediakan tunjangan kinerja yang memadai, serta rutin melakukan kegiatan pembinaan rohani. Penelitian ini juga merekomendasikan perlunya evaluasi dan penyesuaian berkala terhadap kebijakan yang berlaku guna memastikan efektivitas dari ketiga faktor tersebut dalam meningkatkan kinerja petugas</p> Nasrul Hidayah, Dudung Hadiwijaya, Aris Gumilar Copyright (c) 2024 Nasrul Hidayah, Dudung Hadiwijaya, Aris Gumilar https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/34094 Sun, 08 Sep 2024 00:00:00 +0700 E-WOM, SERVICE FEATURES, DAN FREE DELIVERY: SEBERAPA KUATKAH DALAM MEMPENGARUHI BUYING DECISION https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/32392 <p><em>The study assessed the impact of electronic word-of-mouth (E-WOM), service characteristics, and free delivery on consumer purchasing decisions. The focus group consisted of Shopee users living in Yogyakarta Special District, with a total of 112 people selected through intentional sampling. The data was collected using a digital survey completed by participants through Google Forms and then analyzed using the Statistical Program for Social Science (SPSS) version 25. Analytical evaluation is carried out through double linear regression. This study uses a quantitative method that examines a particular population or sample in the analysis of statistical data with the aim of testing a given hypothesis. In this study there are results that imply that electronic word-of-mouth (E-WOM), Service Features, and Free Delivery are some of the marketing techniques that are quite important in influencing consumers to make purchasing decisions.&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; </em></p> Devi Nurchasanah, Ambar Lukitaningsih, Putri Dwi Cahyani Copyright (c) 2024 Devi Nurchasanah, Ambar Lukitaningsih, Putri Dwi Cahyani https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/32392 Sun, 08 Sep 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH AJARAN TAMANSISWA TRI NGA DAN MACHIAVELLIAN TERHADAP KEINGINAN MAHASISWA MELAKUKAN PENGGELAPAN PAJAK https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/34989 <p><em>This research aims to determine the influence of tamansiswa tri nga and machiavellian teachings on students' desire to commit tax evasion. The population taken was all students in Indonesia with a sample of 287 respondents. The data collection technique in this research was carried out by distributing questionnaires. The data analysis method used is multiple linear regression with the help of SPSS 25 software. Based on the research results, it shows that understanding tamansiswa tri nga teachings has a negative effect, while machiavellian has a positive effect on students' desire to commit tax evasion.</em></p> Dewi Kusuma Wardani, Haya Nur Baity Copyright (c) 2024 Dewi Kusuma Wardani, Haya Nur Baity https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/34989 Sun, 08 Sep 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN FINANCIAL DISTRESS TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN DENGAN KUALITAS AUDIT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR FOOD & BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2020-2022) https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/35008 <p class="s18"><span class="s7">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh ukuran perusahaan dan <em>financial distress</em> terhadap penerimaan opini audit </span><em><span class="s8">going concern</span></em><span class="s7"> dengan kualitas audit sebagai variabel intervening pada perusahaan sektor </span><em><span class="s8">food and beverage</span></em><span class="s7"> yang terdaftar di BEI tahun 2020-2022. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor <em>food and beverage</em> yang berjumlah 84 perusahaan. Dari 84 populasi tersebut </span><span class="s7">diambil sampel dengan </span><span class="s7">menggunakan metode </span><em><span class="s8">purposive sampling</span></em><span class="s7">. Hasilnya adalah </span><span class="s7">terdapat 29 oobservasi yang memenuhi kriteria sampel. Data yang digunakan </span><span class="s7">yakni </span><span class="s7">data sekunder</span><span class="s7"> yang diperoleh </span><span class="s7">dengan mengakses laporan keuangan perusahan melalui website Bursa Efek Indonesia (BEI). </span><span class="s7">Data dikumpulkan melalui s</span><span class="s7">tudi </span><span class="s7">literatur</span><span class="s7"> dan studi dokumenter. </span><span class="s7">Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SmartPLS.</span></p> <p class="s20"><span class="s19">Kata</span> <span class="s19">Kunci</span> <span class="s19">:</span> <span class="s7">Ukuran Perusahaan, </span><span class="s8"><em>Financial Distress</em>,</span><span class="s7">Kualitas Audit, dan Opini Audit </span><em><span class="s8">Going Concern</span></em></p> Vinni Rizki Lestari, Wirmie Eka Putra, Salman Jumaili Copyright (c) 2024 Vinni Rizki Lestari, Wirmie Eka Putra, Salman Jumaili https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/35008 Sun, 08 Sep 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, LEVERAGE, DAN MANAJEMEN LABA TERHADAP KINERJA KEUANGAN PRIODE 2017-2021 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/32498 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana hubungan dan pengaruhnya good corporate governance, leverage dan manajemen laba terhadap Kinerja keuangan priode 2017-2021 baik secara parsial maupun Bersama-sama. Dalam penelitian ini, good corporate governance yang terdiri dari: kepemilikan institusional (KI). Leverage diukur dengan menggunakan total hutang dibagi dengan total aset (DAR). Manajemen laba diukur dengan menggunakan <em>Track Access Charge</em> (TAC), sedangkan kinerja keuangan diukur dengan <em>Return on Equity</em> ROE) pada penelitian ini adalah 216 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021. Berdasarkan metode purposive sampling, sampel yang diperoleh sebanyak 46 perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif terhadap annual report dan laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel good corporate governance leverage dan manajemne laba berdampak negatif terhadap kinerja keuanga, secara simultan (bersama-sama) good corporate givernance, leverage dan manajemen laba menunjukkan bahwa tidak ada berpengaruh signifikat terhadap kinerja keuangan.</p> <p>&nbsp;</p> Nyoman Pendi Agung, Risal Rinofah, Johannes Maysan Damanik Copyright (c) 2024 Nyoman Pendi Agung, Risal Rinofah, Johannes Maysan Damanik https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/32498 Sun, 08 Sep 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH MANAJEMEN LIKUIDITAS DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROFITABILITAS PERBANKAN DI ERA DIGITAL https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/36421 <p>Penelitian ini untuk menguji pengaruh manajemen likuiditas dan faktor yang mempengaruhi profitabilitas perbankan dengan layanan digital. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi PLS. Sampel penelitian ini adalah perbankan yang terdaftar di OJK periode 2019-2023. Manajemen likuditas seperti risiko likuiditas, giro wajib minimum, kredit, dana nasabah, dan kecukupan modal berpengaruh terhadap profitabilitas perbankan. Faktor lainnya yang juga berpengaruh adalah pertumbuhan, efisiensi operasional dan ukuran. Diversifikasi, rasio kredit bermasalah, PDB dan inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas perbankan.&nbsp; Pengujian faktor yang mempengaruhi profitabilitas perbankan dengan layanan digital&nbsp; dalam penelitian ini menekankan faktor penting yang perlu dikelola dengan baik. Hal ini dapat menciptakan keunggulan kompetitif bagi perbankan di era digitalisasi. Penelitian ini memiliki kebaruan berupa penggunaan variabel manajemen likuiditas lainnya seperti giro wajib minimum, kredit, dan dana nasabah.</p> <p><em>Kata kunci: </em>layanan digital perbankan, profitabilitas perbankan, manajemen likuiditas, faktor internal perbankan, faktor eksternal perbankan</p> Ida Susanti, Nadira Reskika, Thomas Budiman, Henny Setyo Lestari, Farah Margaretha Leon Copyright (c) 2024 Ida Susanti, Nadira Reskika, Thomas Budiman, Henny Setyo Lestari, Farah Margaretha Leon https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/36421 Sun, 08 Sep 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH SPPT, PENYULUHAN PAJAK DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN PEMBAYARAN PBB PADA KABUPATEN SERDANG BEDAGAI https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/36795 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh surat pemberitahuan pajak terutang, penyuluhan pajak, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak bumi dan bangunan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Serdang Bedagai sampai dengan tahun 2023 dengan populasi penelitian adalah seluruh wajib pajak di Kecamatan Kotarih kabupaten Serdang bedagai. Yang berjumklah 7.998 wajib pajak dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 98 orang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui teknik kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil uji yang terlah dilakukan dapat disimpulkan bahwa surat pemberitahuan pajak terhutang, penyuluhan pajak dan sanksi pajak secara simultan berpengaruh terhadap kepatuhan pembayaran PBB. Sedangkan secara parsial variabel penyuluhan pajak dan sanksi pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan pembayaran PBB, akan tetapi variabel SPPT menunjukkan hasil berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepatuhan pembayaran PBB.</p> Audi Fazhillah, Yenni Samri Juliati Nasution, Laylan Syafina Copyright (c) 2024 Audi Fazhillah, Yenni Samri Juliati Nasution, Laylan Syafina https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/36795 Sun, 08 Sep 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH EKONOMI DIGITAL DAN SELF-CONTROL TERHADAP KETAHANAN FINANSIAL MAHASISWA AKUNTANSI https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/34043 <p>Tujuan penelitian ini guna menguji pengaruh ekonomi digital dan self-control terhadap ketahanan finansial mahasiswa Akuntansi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dimana data penelitian dihimpun melalui kuesioner dengan sekala likert, teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode yamane pada tingkat toleransi sebesar 10%, dengan jumlah responden sebanyak 86 mahasiswa dari populasi sebanyak 602 mahasiswa. Data penelitian dianalisis dengan memanfaatkan perangkat lunak SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian mengungkapkan bahwa pertama, ekonomi digital tidak signifikan dalam mempengaruhi ketahanan finansial mahasiswa. Kedua, self-control memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ketahanan finansial mahasiswa. Ketiga, terbukti secara simultan, ekonomi digital dan self-control memberikan pengaruh yang signifikan terhadap ketahanan finansial mahasiswa Akuntansi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.</p> Mukhamad Sholikudin, Baity Nur Fadila, Devi Alita Solehsi, Maria Yovita R. Pandin Copyright (c) 2024 Mukhamad Sholikudin, Baity Nur Fadila, Devi Alita Solehsi, Maria Yovita R. Pandin https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/34043 Sun, 08 Sep 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL, DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/32876 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi profitabilitas, ukuran perusahaan, struktur modal, dan likuiditas dalam mempengaruhi nilai perusahaan pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019-2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode purposive sampling. Data yang dianalisa diperoleh dari laporan keuangan sebanyak 83 entitas perusahaan makanan dan minuman, kemudian akan diolah menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Berdasarkan Analisa yang dilakukan ditemukan bahwa Profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan,, Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, Struktur Modal berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, Likuiditas berpengaruh tidak signifikan terhadap nilai perusahaan.</em></p> Ratna Aprilianingsih, Pristin Prima Sari, Alfiatul Maulida Copyright (c) 2024 Ratna Aprilianingsih, Pristin Prima Sari, Alfiatul Maulida https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/32876 Sun, 08 Sep 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DAN RISK BASED CAPITAL (RBC) TERHADAP KESEHATAN KEUANGAN PERUSAHAAN PT. CHUBB LIFE INSURANCE MEDAN https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/36840 <p><em>This research aims to determine the influence of Intellectual Capital and Risk Based Capital on Financial Health at PT. Chubb Life Insurance Medan branch. The type of research used is quantitative research. The data used in this research is secondary data obtained from financial reports in the 2020-2022 period. The data analysis techniques used in this research are classical assumption test analysis (including normality test and multicollinearity test), coefficient of determination, multiple linear regression test, T test and F test. The results of the research show that Intellectual Capital which consists of Value Added Capital Employed ( VACA), Value Added Human Capital (VAHU), Structural Capital Value Added (STVA) have a positive influence on the company's financial health with respective values of 0.023, 0.042, and 0.012 which are smaller than the significant value of 0.05. Partially, RBC also has a positive effect on financial health with a value of 0.022 &lt; 0.05. The results of this research also show that Intellectual Capital and Risk Based Capital simultaneously influence Financial Health which can be seen with a significance value of 0.000 &lt; 0.05. </em></p> Nurul Hafizah Nst, Kusmilawaty Kusmilawaty, Nur Ahmadi Bi Rahmani Copyright (c) 2024 Nurul Hafizah Nst, Kusmilawaty Kusmilawaty, Nur Ahmadi Bi Rahmani https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/36840 Sun, 08 Sep 2024 00:00:00 +0700 PENGUJIAN KOMPETENSI SDM PADA SISTEM PEMBAYARAN DIGITAL, SPI, DAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN UMKM https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/32947 <p><em>This research aims to determine the influence of digital payment systems and internal control systems on the quality of financial reports of micro, small, and medium enterprises, with human resource competence as a moderating variable. The research design used is quantitative research, utilizing primary data in the form of questionnaires distributed through Google Forms. Respondents in this study are owners or employees of MSME located in the Special Region of Yogyakarta, totaling 131 respondents. The sampling technique employed is the purposeful sampling method. Data analysis was conducted using SPSS version 23. The research results indicate that (1) digital payment systems have a negative effect on the quality of MSME financial reports; (2) internal control systems have a positive effect on the quality of MSME financial reports; (3) human resource competence strengthens the positive effect of digital payment systems on the quality of MSME financial reports; and (4) human resource competence strengthens the positive effect of internal control systems on the financial reporting quality of MSME.</em> <em>The results of this study identify that the use of digital payment systems negatively impacts the financial reporting quality of MSME. However, internal control systems influence the financial reporting quality of MSME positively. This research also indicates that human resource competency moderates the relationship between these two variables, suggesting that the financial reporting quality of MSME can be enhanced when human resources possess high competency in managing digital payment systems and internal control systems.</em></p> Sri Ayem, Wati Riadani Copyright (c) 2024 Sri Ayem, Wati Riadani https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/32947 Sun, 08 Sep 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH KOMPENSASI DAN KETIDAKPASTIAN PEKERJAAN TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN DENGAN JOB SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/36933 <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Kompensasi Dan Ketidakpastian Pekerjaan Terhadap Loyalitas Karyawan Dengan itervening Job Satisfaction Di PT. Perkebunan Nusantara IV Regional 1 KSG Baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis statistik yakni partial least square – structural equestion model (PLSSEM) yang bertujuan untuk melakukan analisis jalur (path) dengan variabel laten. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompensasi (X1) secara parsial tidak berpengaruh sifgnifikan terhadap kepuasan kerja (Z). Ketidakpastian pekerjaan (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja (Z). Kompensasi (X1), ketidakpastian pekerjaan (X2) dan kepuasan kerja (Z) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas karyawan (Y). Kepuasan kerja (Z) tidak meintervening pengaruh kompensasi (X1) terhadap loyalitas karyawan (Y). Kepuasan kerja (Z) meintervening pengaruh ketidakpastian pekerjaan (X2) terhadap loyalitas karyawan (Y).</p> Nabila Prahaski, Kusmilawaty Kusmilawaty, Budi Dharma Copyright (c) 2024 Nabila Prahaski, Kusmilawaty Kusmilawaty, Budi Dharma https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/36933 Sun, 08 Sep 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH FINANCIAL LITERACY DAN E-COMMERCE TERHADAP BUSINESS SUSTAINABILITY MELALUI KINERJA USAHA (STUDI KASUS PADA UMKM MAKANAN DAN MINUMAN DI KOTA JAMBI) https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/36092 <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh <em>financial literacy </em>dan <em>e-commerce </em>terhadap <em>business sustainability </em>melalui kinerja usaha pada UMKM makanan dan minuman di Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian data kuantitatif. Teknik Pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sensus dengan menggunakan sampel sebanyak 100 UMKM yang diambil dengan metode kuesioner menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah <em>Partial Least Square </em>(PLS) 4.0. Hasil penelitian ini <em>Financial literacy</em> berpengaruh positif secara langsung dan signifikan terhadap <em>business sustainability</em> melalui kinerja usaha diterima. <em>E-commerce</em> berpengaruh tidak signifikan terhadap <em>business sustainability</em> melalui kinerja usaha ditolak</p> Octa Diva Violeta, Yuliusman Yuliusman, Misni Erwati Copyright (c) 2024 Octa Diva Violeta, Yuliusman Yuliusman, Misni Erwati https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/36092 Sun, 08 Sep 2024 00:00:00 +0700 ANALISIS FAKTOR PERILAKU KONSUMSI TERHADAP KEPUTUSAN BOIKOT PRODUK ISRAEL : STUDI KASUS PADA GENERASI Z UNIMED https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/36882 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumsi terhadap keputusan boikot produk Israel pada mahasiswa generasi Z di Universitas Negeri Medan (UNIMED). Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 5.360 mahasiswa, dan sampel sebanyak 98 mahasiswa dipilih menggunakan rumus Slovin dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang mencakup faktor-faktor seperti nilai religiusitas, demonstrasi (aksi massa), seruan agama (fatwa), aktivitas di media sosial, dan pengetahuan produk. Analisis data dilakukan menggunakan metode regresi linier dengan bantuan software SPSS versi 26.0 untuk melihat pengaruh variabel-variabel tersebut terhadap keputusan boikot produk Israel. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai dampak gerakan boikot terhadap perilaku konsumsi, serta mendorong kesadaran yang lebih besar tentang isu-isu kemanusiaan dan produk-produk yang masih berafiliasi dengan Israel</em></p> Rohaya Rohaya, Muhammad Lathief Ilhamy Nasution, Budi Dharma Copyright (c) 2024 Rohaya Rohaya, Muhammad Lathief Ilhamy Nasution, Budi Dharma https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/36882 Wed, 11 Sep 2024 00:00:00 +0700 ANTECEDENT KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA DI PROVINSI JAMBI https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/32040 <p><em>Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, masih terdapat angka pengangguran yang tinggi, pertumbuhan ekonomi yang melambat, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) berfluktuasi rendah, dan dominanitas usia produktif. Membuka akses lapangan pekerjaan dengan menghadirkan wirausaha muda baru dan bertahan merupakan salah satu langkah strategis, hanya saja saat ini wirausaha muda baru serta bertahan masih jauh dari target seharusnya. Menghadirkan dan perlu memperluas kerjasama lintas sektor antara pendidikan tinggi,</em><em> kurikulum, pemerintah, stakeholder, serta unsur terkait lainnya</em><em> untuk menciptakan program-program yang dapat menstimulasi faktor internal dan eksternal diri individu sehingga menimbulkan sikap positif serta niat untuk berwirausaha. Pada penelitian ini menggunakan metode </em><em>kuantitatif</em><em> deskriptif</em><em> dengan desain penelitian korelasional</em><em>. Pengumpulan data dengan survei menggunaakan angket. Sampel pada penelitian ini sebanyak 310 mahasiswa negeri di Provinsi Jambi dengan kriteria populasi secara purposive sampling. Penelitian ini menunjukan bahwa direct effect variabel berpangaruh positif signifikan dengan koefisien </em><em>nilai p-value l</em><em>ebih kecil</em><em> dari 0.05, Hanya variabel media sosial t</em><em>erhadap keputusan berwirausaha yang tidak</em><em> signifikan dengan koefisien </em><em>nilai p-value l</em><em>ebih besar dari 0.05. Secara inderect effect Keseluruhan Niat Berwisusahaa dapat memediasi hubungan Media sosial dan Modal Psikologi terhadap Keputussan Berwirausaha berdasakan koefisien </em><em>nilai p-value </em><em>dibawah 0.05. Modal psikologi dan media sosial yang dimediasi niat berwirausaha memberikan pengaruh terhadap sikap serta keputusan untuk berwirausaha sehingga perlunya menghadirkan kolaborasi lintas sektor serta kerjasama strategis untuk menciptakan program tepat sasaran terkait wirausaha untuk mahasiswa.</em></p> <p><em>Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, masih terdapat angka pengangguran yang tinggi, pertumbuhan ekonomi yang melambat, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) berfluktuasi rendah, dan dominanitas usia produktif. Membuka akses lapangan pekerjaan dengan menghadirkan wirausaha muda baru dan bertahan merupakan salah satu langkah strategis, hanya saja saat ini wirausaha muda baru serta bertahan masih jauh dari target seharusnya. Menghadirkan dan perlu memperluas kerjasama lintas sektor antara pendidikan tinggi,</em><em> kurikulum, pemerintah, stakeholder, serta unsur terkait lainnya</em><em> untuk menciptakan program-program yang dapat menstimulasi faktor internal dan eksternal diri individu sehingga menimbulkan sikap positif serta niat untuk berwirausaha. Pada penelitian ini menggunakan metode </em><em>kuantitatif</em><em> deskriptif</em><em> dengan desain penelitian korelasional</em><em>. Pengumpulan data dengan survei menggunaakan angket. Sampel pada penelitian ini sebanyak 310 mahasiswa negeri di Provinsi Jambi dengan kriteria populasi secara purposive sampling. Penelitian ini menunjukan bahwa direct effect variabel berpangaruh positif signifikan dengan koefisien </em><em>nilai p-value l</em><em>ebih kecil</em><em> dari 0.05, Hanya variabel media sosial t</em><em>erhadap keputusan berwirausaha yang tidak</em><em> signifikan dengan koefisien </em><em>nilai p-value l</em><em>ebih besar dari 0.05. Secara inderect effect Keseluruhan Niat Berwisusahaa dapat memediasi hubungan Media sosial dan Modal Psikologi terhadap Keputussan Berwirausaha berdasakan koefisien </em><em>nilai p-value </em><em>dibawah 0.05. Modal psikologi dan media sosial yang dimediasi niat berwirausaha memberikan pengaruh terhadap sikap serta keputusan untuk berwirausaha sehingga perlunya menghadirkan kolaborasi lintas sektor serta kerjasama strategis untuk menciptakan program tepat sasaran terkait wirausaha untuk mahasiswa.</em></p> Ridho Akbar HZ, Fitriaty Fitriaty Copyright (c) 2024 Ridho Akbar HZ, Fitriaty Fitriaty https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/32040 Mon, 30 Sep 2024 00:00:00 +0700