Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan https://online-journal.unja.ac.id/mankeu <p style="text-align: justify;">Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu) merupakan jurnal yang dapat di akses secara terbuka. Mankeu terbit sebanyak 4 nomor per volume (tahun) dengan periode Maret, Juni, September dan Desember. Mankeu menerima naskah secara nasional dan lokal dari peneliti, akademisi, praktisi dan masyarakat yang terkait dengan hasil penelitian dalam bidang Bidang Manajemen Pemerintahan, Bidang Manajemen Operasional, Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Bidang Manajemen Pemasaran, Bidang Manajemen Keuangan, Bidang Perpajakan, Bidang Akuntansi, Bidang Kewirausahaan, Bidang Keuangan Daerah dan Bidang Pembangunan Daerah. Tujuan Mankeu adalah menjadi sarana komunikasi ilmiah bagi para peneliti, akademisi dan masyarakat untuk mempublikasikan hasil penelitian.</p> en-US mankeusrl@unja.ac.id (Dr. Dahmiri, S.E.,M.M.) mankeusrl@unja.ac.id (Dr. Sigit Indrawijaya, S.E.,M.Si.) Tue, 31 Dec 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 GREEN HRM: MENINGKATKAN KINERJA MELALUI TIM HIJAU https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/37743 <p style="font-weight: 400;"><em>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak Green HRM terhadap Employee Performance DTW Ulun Danu Beratan, menggunakan Pro Environmental Behavior dan Organization Identification sebagai variabel mediasi. Semua pekerja Daya Tarik Wisata Ulun Danu Beratan, yang berjumlah 108 orang, termasuk dalam populasi penelitian ini. Untuk mengumpulkan data penelitian dengan membagikan kuesioner. Dalam penelitian ini, analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial digunakan. outer model convergent validity, discriminant validity, reliability dan inner model R-square F-square, Q-squaren dan pengujian hepotesis menggunakan analisis kausalitas SEM (Structural Equation Modeling) yang terkenal dengan PLS (Partial Least Square). hasil penelitian menunjukkan bahwa Green HRM berpengaruh positif signifikan terhadap Employee Performance melalui Pro Environmental Behavior dan Organization Identification.</em></p> Ni Putu Thrisna Wulan Sari, Nilna Muna Copyright (c) 2025 Ni Putu Thrisna Wulan Sari, Nilna Muna https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/37743 Wed, 01 Jan 2025 00:00:00 +0700 PENGARUH PREFERENSI DAN MINAT TERHADAP KEPUTUSAN MILENIAL DALAM KREDIT PEMILIKAN RUMAH DI BJB TAMANSARI BANDUNG https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/35659 <p>Nowadays, house prices are increasingly soaring, which impacts the Millennial generation's ability to buy a house. The millennial generation will find it difficult to own a home because the increasingly expensive house prices do not match the income earned. This study aims to understand the influence of preferences and intention on millennial purchasing decisions in home ownership loans at BJB Tamansari Bandung. The method used is descriptive quantitative. In this study, researchers gave questionnaires to 100 respondents of BJB Tamansari Bandung millennial customers and processed them using the Smart PLS-SEM 3.0 application. The results showed that preferences and intentions partially influenced millennial decisions in home ownership loans at BJB Tamansari Bandung. In comparison, intention does not directly affect millennial customer preferences in mortgage loans. The reason is the economic factors faced by millennial groups. Property market conditions, lifestyle, education level, and job mobility influence interest in buying a mortgage.</p> Tirahaifa Nurrunnajmi, Ima Amaliah Copyright (c) 2025 Tirahaifa Nurrunnajmi, Ima Amaliah https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/35659 Wed, 01 Jan 2025 00:00:00 +0700 PENGARUH KEPEMIMPINAN AGILITAS TERHADAP AGILITAS ORGANISASI BADAN PENGELOLA PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH (BPPRD) KOTA JAMBI MELALUI BUDAYA ORGANISASI https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/33426 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran kepemimpinan agilitas, budaya organisasi, dan agilitas organisasi, serta menganalisis pengaruh kepemimpinan agilitas terhadap agilitas organisasi BPPRD Kota Jambi melalui budaya organisasi. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 62 orang responden, yang diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Jenis data yang dikumpulkan meliputi data primer yang berupa hasil isian kuesioner kepemimpinan agilitas, budaya organisasi, dan agilitas organisasi, serta data sekunder berupa hasil publikasi lainnya seperti; buku, jurnal-jurnal dan dokumen lainnya yang ada hubungannya dengan topik penelitian ini. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan analisis verifikatif berupa Partial Least Square (PLS). Hasil analisis menunjukkan bahwa kepemimpinan agilitas dan budaya organisasi pada BPPRD Kota Jambi secara keseluruhan berada pada tingkat kualitas yang sangat baik. Sangat baiknya kepemimpinan agilitas dan budaya organisasi tersebut ternyata memberikan kontribusi yang positif terhadap agilitas organisasi, dimana hasil pengukuran menunjukkan bahwa secara keseluruhan kualitas agilitas organisasi BPPRD Kota Jambi berada pada kategori sangat tinggi. Hasil analisis direct effect membuktikan bahwa; (1) kepemimpinan agilitas secara langsung berpengaruh signifikan terhadap budaya organisasi, (2) budaya organisasi secara langsung berpengaruh signifikan terhadap agilitas organisasi, dan (3) kepemimpinan agilitas secara langsung berpengaruh tidak signifikan terhadap agilitas organisasi. Sementara hasil analisis indirect effect membuktikan bahwa kepemimpinan agilitas secara tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap agilitas organisasi melalui budaya organisasi. Hasil penelitian ini berimplikasi terhadap upaya peningkatan kemampuan pimpinan melihat peluang dalam teknologi terbaru yang dapat membawa inovasi dalam proses atau layanan organisasi, serta peningkatan budaya organisasi yang berorientasi pada efektivitas dan efisiensi kerja, agar agilitas organisasi BPPRD Kota Jambi dapat meningkat di waktu yang akan datang</em></p> Atika Meilina, Zulfina Adriani Copyright (c) 2025 Atika Meilina, Zulfina Adriani https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/33426 Wed, 01 Jan 2025 00:00:00 +0700 PENGARUH BRAND EXPERIENCE TERHADAP BRAND LOYALTY YANG DIMEDIASI OLEH BRAND AFFECTION, CUSTOMER SATISFACTION, DAN BRAND PASSION https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/37325 <p>Loyalitas merek merupakan komitmen yang dipahami oleh pelanggan untuk membeli produk atau layanan yang disukai secara berulang-ulang di masa depan. Literatur dalam meningkatkan loyalitas masih memiliki inkonsistensi seperti pengalaman merek pada beberapa artikel terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan namun penelitian lain tidak terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek. Penelitian ini dibutuhkan untuk eksploratif lebih lanjut variabel apa yang memiliki pengaruh terhadap peningkatan loyalitas merek dengan menambahkan afeksi merek, kepuasan pelanggan, dan gairah merek sebagai pemediasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman merek terhadap loyalitas merek dimediasi afeksi merek, kepuasan pelanggan, dan gairah merek secara parsial dan simultan. Penelitian ini melibatkan 194 responden pengguna IPhone dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non-propability dengan purposive sampling, sedangkan olah data menggunakan SmartPLS 4.0. Hasil menunjukkan bahwa pengalaman merek tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek; gairah merek tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek. Analisis pemediasi lainnya menunjukkan bahwa seluruh variabel dapat memediasi pengalaman merek terhadap loyalitas merek.</p> <p>&nbsp;</p> A. Regita Cahya, N. Kusuma Ningrum, L. Tria Hatmanti Hutami Copyright (c) 2025 A. Regita Cahya, N. Kusuma Ningrum, L. Tria Hatmanti Hutami https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/37325 Wed, 01 Jan 2025 00:00:00 +0700 PENGARUH ENTREPRENEURIAL LEADERSHIP DAN PENGELOLAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PRESTASI KINERJA MELALUI REWARD PADA KLUB FUTSAL ANGGOTA ASOSIASI FUTSAL PROVINSI JAMBI https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/33452 <p><em>Pembinaan dan pengembangan olahraga futsal dilaksanakan dan diarahkan demi tercapainya prestasi pada tingkat daerah, nasional maupun international. Prestasi merupakan puncak dari pencapaian dalam berolahrga, hal ini hanya dapat terwujud melalui proses pembinaan yang teratur, terencana dan berkesinamubungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung antara Entrepreneurial Leadership dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia terhadap Prestasi Kinerja melalui Reward. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian survey. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 66 orang anggota Klub Futsal Asosiasi Futsal Provinsi Jambi yang diambil melalui Teknik Purposive Sampling. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dengan format Skala Likert yang terdiri dari lima alternatif jawaban. Data hasil pengisian kuesioner akan dianalisis dengan menggunakan Teknik Partial Least Square (PLS). Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Entrepreneurial Leadership dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia memiliki pengaruh signifikan terhadap Reward dan Prestasi Kinerja, Reward memiliki pengaruh signifikan terhadap Prestasi Kinerja, variabel Reward tidak mampu memediasi variabel Entrepreneurial Leadership Terhadap Prestasi Kinerja namun variabel Reward mampu memediasi variabel Pengelolaan Sumber Daya Manusia Terhadap Prestasi Kinerja.</em></p> Egi Rama Alfian, Andang Fazri Copyright (c) 2025 Egi Rama Alfian, Andang Fazri https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/33452 Wed, 01 Jan 2025 00:00:00 +0700 PENGARUH WORK-LIFE BALANCE DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI YANG DIMODERASI KEPEMIMPINAN SPIRITUAL PADA DINAS LINGKUNGAN HIDUP PROVINSI JAMBI https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/33203 <p>Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis Pengaruh Work-life Balance dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai yang Dimoderasi Kepemimpinan Spiritual pada Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi. Pemerintahan merupakan salah satu pilar utama dalam menjaga stabilitas dan pembangunan negara, dan kinerja pegawai pemerintah memainkan peranan penting dalam menentukan seberapa baik pemerintah mampu memenuhi tugas dan tanggung jawabnya terhadap masyarakat. Penelitian ini memiliki populasi sebanyak 160 Pegawai dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 120 pegawai di Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi. Analisis yang digunakan yaitu SMART PLS. Penelitian ini memiliki kesimpulan sebagai berikut: Work-life balance berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai;Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai;Kepemimpinan Spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kineja Pegawai;Kepemimpinan Spiritual tidak mampu memoderasi Work-life Balance terhadap Kinerja Pegawai;Kepemimpinan Spiritual mampu memoderasi Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai.</p> Faris Mahadika Putra, Sigit Indrawijaya Copyright (c) 2025 Faris Mahadika Putra, Sigit Indrawijaya https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/33203 Wed, 01 Jan 2025 00:00:00 +0700 PENGARUH ELECTRONIC-WORD OF MOUTH DAN BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE DECISION DAN BUYING INTEREST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SEPATU ADIDAS DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/35804 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk membedah dan mengetahui pengaruh electronic word of mouth dan brand image terhadap keputusan pembelian dan minat beli sebagai variabel intervening sepatu Adidas di Daerah Istimewa Yogyakarta. Eksplorasi ini menggunakan sistem kuantitatif dan populasinya adalah konsumen yang sudah membeli sepatu Adidas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dan jenis pengambilan sampel adalah purposive dengan sampel sebanyak 105 responden. Hasil eksplorasi ini menunjukkan bahwa electronic word of mouth tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, Dan minat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji mediasi menunjukkan bahwa electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian dapat dimediasi oleh minat beli dan pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian dapat dimediasi oleh keputusan pembelian.</em></p> <p><strong><em>Kata kunci</em></strong><strong> :</strong> Electronic Word Of Mouth, Citra Merek, Minat Beli, Keputusan Pembelian</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Abstrak</em></strong></p> <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk membedah dan mengetahui pengaruh electronic word of mouth dan brand image terhadap keputusan pembelian dan minat beli sebagai variabel intervening sepatu Adidas di Daerah Istimewa Yogyakarta. Eksplorasi ini menggunakan sistem kuantitatif dan populasinya adalah konsumen yang sudah membeli sepatu Adidas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dan jenis pengambilan sampel adalah purposive dengan sampel sebanyak 105 responden. Hasil eksplorasi ini menunjukkan bahwa electronic word of mouth tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, Dan minat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji mediasi menunjukkan bahwa electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian dapat dimediasi oleh minat beli dan pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian dapat dimediasi oleh keputusan pembelian.</em></p> <p><strong><em>Kata kunci:</em></strong> <em>Word Of Mouth Elektronik, Brand Image, Minat Beli, Keputusan Pembelian</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> Muhammat Fajar Sodik, Henny Welsa, Putri Dwi Cahyani Copyright (c) 2025 Muhammat Fajar Sodik, Henny Welsa, Putri Dwi Cahyani https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/35804 Wed, 01 Jan 2025 00:00:00 +0700 PENGARUH IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PEMERINTAH DAERAH TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH PEMERINTAH PROVINSI JAMBI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH YANG DIMODERASI OLEH TEKNOLOGI INFORMASI https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/32328 <p><em>Penelitian ini bertujuan </em><em>u</em><em>ntuk </em><em>menjelaskan pengaruh implementasi SIPD terhadap kualitas LKPD yang dimediasi oleh pengelolaan keuangan daerah dan kemampuan teknologi informasi dalam memoderasi pengaruh implementasi SIPD terhadap </em><em>pengelolaan keuangan daerah dan kualitas LKPD </em><em>Pemerintah Provinsi Jambi. Populasi dari penelitian ini adalah </em><em>pejabat yang terlibat dalam proses pengelolaan keuangan daerah</em><em> pada 22 Dinas dan 8 Badan, 9 Biro, 1 Sekretariat DPRD, 1 Inspektorat, 2 Rumah Sakit Daerah, yang menjadi Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Jambi.</em> <em>Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik judgement sampling, yaitu pemilihan sampel berdasarkan pertimbangan, yaitu tipe pemilihan sampel secara tidak acak yang informasinya diperoleh umumnya disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian.</em> <em>Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan </em><em>metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan pendekatan </em><em>Partial Least Square </em><em>(PLS)</em><em>. </em><em>Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi SIPD memiliki pengaruh langsung terhadap pengelolaan keuangan daerah dan kualitas LKPD. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa implementasi SIPD memiliki pengaruh tidak langsung terhadap kualitas LKPD yang dimediasi oleh pengelolaan keuangan daerah. Sementara itu, teknologi informasi mampu memoderasi pengaruh implementasi SIPD terhadap pengelolaan keuangan daerah dan kualitas LKPD.</em></p> Lidya Fitriani, Agus Solikhin Copyright (c) 2025 Lidya Fitriani, Agus Solikhin https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/32328 Wed, 01 Jan 2025 00:00:00 +0700 MODEL LOYALITAS KONSUMEN BRILINK : SUATU PERSPEKTIF DARI BRAND IMAGE DAN KUALITAS PELAYANAN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN DI PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. KANTOR CABANG JAMBI https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/33395 <p><em>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh Brand Image dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen Brilink pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Jambi. Alat Analisis yang digunakan adalah analisis PLS. Hasil penelitian menunjukkan Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan konsumen, Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan dan positif terhadap Kepuasan konsumen, Brand Image tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen, Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen, Kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen, Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan dan positif terhadap Loyalitas Konsumen pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Jambi. </em></p> Azkar Diandri, Syahmardi Yacob Copyright (c) 2025 Azkar Diandri, Syahmardi Yacob https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/33395 Wed, 01 Jan 2025 00:00:00 +0700 PENGARUH ENTREPRENEURIAL LEADERSHIP DAN ENTREPRENEUR ORIENTATION TERHADAP KINERJA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN TEBO DI MEDIASI OLEH KREATIVITAS PEGAWAI https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/32176 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kepemimpinan kewirausahaan (Entrepreneurial Leadership) dan orientasi kewirausahaan (Entrepreneur Orientation) terhadap kinerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo, dengan kreativitas pegawai sebagai variabel mediasi. Kepemimpinan kewirausahaan mencakup aspek-aspek proaktif, inovatif, dan berorientasi pada risiko dalam konteks kepemimpinan organisasi, sementara orientasi kewirausahaan merujuk pada sikap dan perilaku yang mendukung orientasi kewirausahaan dalam lingkungan kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan survei dan analisis statistik untuk mengumpulkan dan menganalisis data, dengan data primer berupa kuesioner yang dibagikan kepada pegawai dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten tebo sebanyak 71 orang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM PLS. Hasil penelitian ini menemukan bahwa entrepreneur leadership dan kreatifitas pegawai berpengaruh terhadap kinerja dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo, kreativitas pegawai dapat memediasi hubungan entrepreneur leadership dan Orientasi kewirausahaan terhadap kinerja dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo.</em></p> Irwan Okta Dwi Kurnia Copyright (c) 2025 Irwan Okta Dwi Kurnia https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/32176 Wed, 01 Jan 2025 00:00:00 +0700 PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK, LINGKUNGAN KERJA, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN AFEKTIF KARYAWAN DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN BANTUL https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/35599 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh motivasi intrinsik,&nbsp; pengaruh lingkungan kerja, dan pengaruh budaya organisasi terhadap komitmen afektif karyawan Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pegawai Dinas Komunikasi dan informatika&nbsp; Kabupaten Bantul yang berjumlah 80 orang. Metode pengambilan sampel yaitu dengan metode sampel jenuh. Analisis uji kualitas data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas.Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis menggunakan R², uji T dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) motivasi intrinsik berpengaruh positif secara signifikan terhadap komitmen afektif. 2) lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen afektif. 3) budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen afektif.</em></p> Briyan Desta Nugraha Jati, Prayekti Prayekti, Eko Yulianto Copyright (c) 2025 Briyan Desta Nugraha Jati, Prayekti Prayekti, Eko Yulianto https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/35599 Wed, 01 Jan 2025 00:00:00 +0700 EVALUASI PELAKSANAAN PILKADA SERENTAK PROVINSI JAMBI TAHUN 2020 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/33842 <p>Pilkada serentak menjadi fenomena yang semakin umum dalam sistem demokrasi di berbagai negara. Evaluasi terhadap pelaksanaan pilkada serentak menjadi krusial dalam memperkuat integritas pemilihan umum. Dalam jurnal ini, kami mengeksplorasi berbagai metode evaluasi yang digunakan dalam memeriksa pelaksanaan pilkada serentak dan dampaknya terhadap integritas proses pemilihan umum. Kami menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi integritas pemilihan umum, termasuk transparansi, akuntabilitas, partisipasi masyarakat, dan peran media. Selain itu, kami mengeksplorasi implikasi hukum dan regulasi terhadap integritas pemilihan umum, serta peran teknologi informasi dan media sosial dalam memengaruhi integritas. Dengan fokus pada peningkatan integritas pemilihan umum, jurnal ini menyajikan analisis mendalam tentang bagaimana evaluasi terhadap pelaksanaan pilkada serentak dapat memberikan masukan yang berharga untuk perbaikan di masa mendatang.</p> Diah Anggraini, Aditya Perdana Copyright (c) 2025 Diah Anggraini, Aditya Perdana https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/33842 Wed, 01 Jan 2025 00:00:00 +0700 ANALISIS FLYPAPER EFFECT, FISCAL STRESS DAN KARAKTERISTIK PEMERINTAH DAERAH TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAERAH DENGAN TAX EFFORT SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PROVINSI-PROVINSI DI PULAU SUMATERA https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/33629 <p>Penelitian ini bertujuan menganalisis Pengaruh <em>Flypaper Effect, Fiscal Stress </em>Karakteristik Pemerintah Daerah terhadap Kinerja Keuangan Daerah dengan <em>Tax Effort </em>sebagai Variable Moderasi pada Provinsi-Provinsi di Sumatera. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Provinsi yang ada di Pulau Sumatera. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Moderated Regression Analysis (MRA) dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) <em>Flypaper effect </em>berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja keuangan daerah pada Provinsi-provinsi di Sumatera, 2) <em>Fiscal stress </em>tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan daerah pada Provinsi-provinsi di Sumatera, 3) Karakteristik pemerintah daerah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja keuangan daerah pada Provinsi-provinsi di Sumatera, 4) <em>Flypaper effect </em>berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja keuangan daerah yang dimoderasi oleh <em>tax effort </em>pada Provinsi-provinsi di Sumatera,</p> <p>5) <em>Fiscal stress </em>berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja keuangan daerah yang dimoderasi oleh <em>tax effort </em>pada Provinsi-provinsi di Sumatera, 6) Karakteristik pemerintah daerah tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan daerah yang dimoderasi oleh <em>tax effort </em>pada Provinsi-provinsi di Sumatera.</p> Iis Sholihat, Tona Aurora Lubis Copyright (c) 2025 Iis Sholihat, Tona Aurora Lubis https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/33629 Wed, 01 Jan 2025 00:00:00 +0700 PENGARUH PERPUTARAN KAS, PERPUTARAN PIUTANG, DAN PERPUTARAN PERSEDIAAN TERHADAP PROFITABILITAS (STUDI KASUS: PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2018-2022) https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/35663 <p><em>This research aims to determine the effect of cash turnover, receivables turnover and inventory turnover on profitability (ROA) in food and beverage companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2018-2022 period. The independent variables in this research are cash turnover, accounts receivable turnover, and inventory turnover. The dependent variable in this research is profitability. The research population is food and beverage companies listed on the Indonesia Stock Exchange during the 2018-2022 period. The sampling technique used was purposive sampling technique. Based on predetermined criteria, a sample of 15 companies was obtained. The type of data used is secondary data taken using the documentation method by accessing the website </em><a href="http://www.idx.co.id"><em>www.idx.co.id</em></a><em> and the websites of each company. The data analysis technique uses the classic assumption test, multiple linear regression analysis, and hypothesis testing using the SPSS 26 program. The results of the research show that cash turnover has a significant positive effect on profitability, receivables turnover has a significant positive effect on profitability, inventory turnover has a significant positive effect on profitability, and simultaneously the variables cash turnover, accounts receivable turnover and inventory turnover have a significant positive effect on profitability.</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: Cash Turnover, Receivables Turnover, Inventory Turnover, Profitability</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perputaran kas, perputaran piutang, dan perputaran persediaan terhadap profitabilitas (ROA) pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Variabel independen dalam penelitian ini adalah perputaran kas, perputaran piutang, dan perputaran persediaan. Untuk variabel dependen dalam penelitian ini adalah profitabilitas. Populasi penelitian adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2018-2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan diperoleh sampel sejumlah 15 perusahaan. jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diambil dengan metode dokumentasi dengan cara mengakses situs <a href="http://www.idx.co.id">www.idx.co.id</a> dan situs masing-masing perusahaan. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis melalui program SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perputaran kas berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas, perputaran piutang berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas, perputaran persediaan berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas, dan secara simultan variabel perputaran kas, perputaran piutang, dan perputaran persediaan berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan, Profitabilitas</p> Sindi Rahmawati, Sri Hermuningsih, Johannes Maysan Damanik Copyright (c) 2025 Sindi Rahmawati, Sri Hermuningsih, Johannes Maysan Damanik https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/35663 Wed, 01 Jan 2025 00:00:00 +0700 PENGARUH CREDIBILITY ENDORSER DAN BRAND AWARENESS TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PRODUK KOPI JANJI JIWA https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/35689 <p><strong><em>Abstrak</em></strong></p> <p>Penelitiain ini bertujuain untuk mengetahui pengaruh <em>credibility endorser dan brand awareness </em>terhadap <em>purchase intention</em> dengan <em>brand image</em> sebagai variabel mediasi pada produk Kopi Janji Jiwa di Yogyakarta. Populasi dan sampel yaing digunakan dalam penelitiain ini adalah konsumen yang berada di Yogyaiarta dengan kriteria perempuan dan berusia di atas 18 taihun, berjumlah 140 oraing, teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah <em>non probability sampling</em>, dengan menggunaikain metode <em>purposive sampling</em>. Metode pengumpulain data menggunaikan penyebaran kuesioner. Ainalisis uji kuailitas menggunakan uji vailiditas dan uji reliabilitas, teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji analisis linier berganda, uji hipotesis, uji koefisien determinasi dain uji sobel. Hasil penelitiain menunjukkain baihwa <em>credibility endorser </em>tidak berpengaruh positif dain signifikain terhadap <em>brand image</em>, <em>brand awareness</em> berpengairuh positif dan signifikan terhaidaip <em>brand image</em>, <em>credibility endorser</em> berpengairuh positif dain signifikain terhaidaip <em>purchase intention</em>, <em>brand awareness</em> berpengaruh positif dain signifikain terhaidaip <em>purchase intention</em>, <em>brand image</em> berpengaruh positif dan signifikain terhaidaip <em>purchase intention</em>, vairiaibel <em>brand image</em> tidak dapat memediasi <em>credibility endorser </em>terhadap <em>purchase intention</em>, dan variabel <em>brand image</em> mampu memediasi <em>brand awareness </em>terhadap <em>purchase intention</em> pada produk Kopi Janji Jiwa.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kaitai Kunci</strong>: <em>Credibility endorser, Brand awareness, Brand image, Purchase intention</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Abstrack</em></strong></p> <p>&nbsp;</p> <p><em>This research aims to determine the influence of endorser credibility and brand awareness on purchase intention with brand image as a mediating variable for payment for Kopi Janji Jiwa products in Yogyakarta.. The population of sample data used in this research is based on consumers in Yogyakarta with the criteria of female samples aged 18 years, numbering 140 people, the sample collection technique used is non-probability sampling, using the purposive sampling method. The data collection method uses questionnaires. Qualitative test analysis uses validity tests and reliability tests, data analysis techniques use classical assumption tests, linear analysis tests, hypothesis tests, coefficient of determination tests and Sobel tests. The results of the research show that endorser credibility does not have a positive and significant influence on brand image, brand awareness has a positive and significant influence on brand image, endorser credibility has a positive and significant influence on purchase intention, brand awareness has a positive and significant influence on purchase intention, brand image has a positive and significant influence on significant regarding purchase intention, brand image variables cannot mediate endorser credibility regarding purchase intention, and brand image variables can mediate brand awareness regarding purchase intention paid for Kopi Janji Jiwa products.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: Endorser credibility, Brand awareness, Brand image, Purchase intention</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p>&nbsp;</p> Elsa Safira Zulqa'dah, Nonik Kusumaningrum, Bernadetta Diansepti Maharani Copyright (c) 2024 Elsa Safira Zulqa'dah, Nonik Kusumaningrum, Bernadetta Diansepti Maharani https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/35689 Wed, 01 Jan 2025 00:00:00 +0700 PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN USAHA TERHADAP KINERJA USAHA DENGAN INOVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA USAHA KULINER KABUPATEN BUNGO https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/32703 <p>Tujuan dari penelitian ini ialah: (1) Mengetahui peran motivasi dan lingkungan usaha terhadap kinerja usaha dengan inovasi variable intervening pada usaha kuliner Kawasan Bungo. (2) Temukan bagaimana inovasi mengintervening untuk menghubungkan motivasi dan lingkungan usaha terhadap kinerja usaha. Berbelanja di toko kuliner rezim Bungo. Eksplorasi semacam ini adalah pemeriksaan kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 946 pelaku usaha yang menjalankan organisasi kuliner. Rumus Slovin digunakan sebagai strategi pengujian. Kuantitas tes dalam ulasan ini adalah 90 responden. Strategi pengumpulan informasi menggunakan survei dan diperkirakan menggunakan skala Likert. Teknik pemeriksaan informasi yang digunakan dalam eksplorasi ini menggunakan SEM PLS 3.0. Berdasarkan hasil eksperimen, telah ditunjukkan bahwa motivasi mempengaruhi kinerja usaha, bahwa lingkungan usaha sangat mempengaruhi kinerja usaha, bahwa motivasi sangat mempengaruhi inovasi, bahwa lingkungan usaha sangat mempengaruhi inovasi, dan bahwa inovasi sangat mempengaruhi kinerja usaha. Kemudian inovasi mengintervening dampak positif motivasi dan lingkungan usaha terhadap inovasi di organisasi kuliner Bungo.</p> Rizky Saputra, Idham Khalik Copyright (c) 2025 Rizky Saputra, Idham Khalik https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/32703 Wed, 01 Jan 2025 00:00:00 +0700 MODEL KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE APPLE MELALUI AKTIVITAS PEMASARAN MEDIA SOSIAL, INOVASI PRODUK, DAN BRAND IMAGE https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/33465 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aktivitas pemasaran media sosial dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian <em>smartphone</em> iPhone, melalui <em>brand image</em>. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 384 orang responden, yang diambil dengan menggunakan teknik <em>purposive sampling</em>. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan format skala Likert. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan analisis verifikatif berupa <em>Partial Least Square</em> (PLS). Hasil analisis <em>direct effect</em> membuktikan bahwa; (1) aktivitas pemasaran media sosial secara langsung berpengaruh signifikan terhadap <em>brand image</em> dan keputusan pembelian, (2) inovasi produk secara langsung berpengaruh signifikan terhadap <em>brand image</em> dan keputusan pembelian, dan (3) <em>brand image</em> secara langsung berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sementara hasil analisis <em>indirect</em> <em>effect</em> membuktikan bahwa; (1) aktivitas pemasaran media sosial secara tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, melalui <em>brand image</em>, dan (2) inovasi produk secara tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, melalui <em>brand image</em>. Hasil penelitian ini berimplikasi terhadap upaya peningkatan <em>brand image</em> dan keputusan pembelian <em>smartphone</em> iPhone melalui pengambangan ide-ide yang lebih inovatif dan kreatif untuk seri iPhone berikutnya.</p> Wifiani Sukma Dewi, Fitriaty Fitriaty, Musnaini Musnaini Copyright (c) 2025 Wifiani Sukma Dewi, Fitriaty Fitriaty, Musnaini Musnaini https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/33465 Wed, 01 Jan 2025 00:00:00 +0700 PENGUSAHA DAN POLITIK: STUDI ATAS PENCALONAN BUPATI RADIAPOH HASIHOLAN SINAGA PADA PILKADA KABUPATEN SIMALUNGUN TAHUN 2020 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/39054 <p>Pemilihan kepala daerah menjadi momen penting dalam proses demokratisasi di Indonesia, termasuk Pilkada serentak tahun 2020 yang melibatkan 270 wilayah. Menurut KPK, sekitar 45% dari total calon bupati berasal dari latar belakang bisnis. Radiapoh Hasiholan Sinaga, seorang pengusaha sukses, berhasil memenangkan Pilkada Kabupaten Simalungun tahun 2020 dengan dukungan koalisi partai politik. Penelitian ini ingin menyelidiki hubungan klientelistik dari partisipasi pebisnis sukses dalam politik, khususnya dalam kasus Radiapoh Hasiholan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dinamika yang muncul ketika pebisnis memasuki politik, mengeksplorasi pertimbangan moral atau utang budi, serta mengidentifikasi dan menganalisis hubungan klientelistik yang terjadi dalam pencalonan Radiapoh Hasiholan sebagai Bupati Kabupaten Simalungun pada Pilkada 2020. Penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam untuk memahami perspektif narasumber dan menganalisis hubungan klientelistik dengan menggunakan empat dimensi yang ditetapkan oleh Aspinall dan Berenschot (2019), yang terdiri dari sifat jejaring, pola kontrol sumber daya, sifat sumber daya yang dipertukarkan, serta tingkat intensitas hubungan klientelistik yang terjadi di Kabupaten Simalungun saat pencalonan Radiapoh Hasiholan Sinaga menjadi Bupati Kabupaten Simalungun. Radiapoh Hasiholan Sinaga berhasil menghimpun pendukung dari kelompok partai politik dan non-partai politik; Radiapoh Hasiholan Sinaga kebanyakan menggunakan dana pribadi untuk kampanye; Radiapoh Hasiholan Sinaga menjanjikan beberapa hal untuk kelompok pendukung seperti keterlibatan dalam pemerintahan, kemudahan perizinan, serta dampak tidak langsung seperti coattail effect dan peningkatan pengaruh organisasi di Kabupaten Simalungun; dan drajat intensitas klientelistik pada kontrol diskresi partai yang terjadi di masa kampanye sampai kepemimpinan Radiapoh Hasiholan Sinaga tergolong rendah karena Radiapoh bukan merupakan anggota partai politik sehingga tidak terpusat di satu atau dua partai dan penggunaan sumber daya cenderung ke sumber daya publik mengingat adanya utusan politik dalam pemerintahan Radiapoh Hasiholan Sinaga serta memudahkan perizinan acara organisasi masyarakat yang mendukungnya.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Pilkada, Klientelisme, Kabupaten Simalungun</p> Jhon Mejer Purba, Aditya Perdana Copyright (c) 2025 Jhon Mejer Purba, Aditya Perdana https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/39054 Wed, 01 Jan 2025 00:00:00 +0700 PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, MOTIVASI KERJA, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PDAM SLEMAN https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/35732 <p><em>Penelitian ini bertujuan </em><em>untuk menguji pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja pada karyawan PDAM Sleman Yogyakarta. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PDAM Sleman Yogyakarta yang berjumlah 65 karyawan dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan penyebaran kuisioner. Analisis uji regresi data menggunakan uji validitas dan uji rehabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis menggunakan uji T, uji F, dan uji R<sup>2</sup> melalui program SPSS 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi kerja dan disiplin kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Sedangkan Kepemimpinan Transformasional tidak berpengaruh positif terhadap Kinerja Karyawan. Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja berpengaruh secara simultan terhadap Kinerja Karyawan. Maka dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, dan disiplin kerja berpengaruh secara simultan terhadap kinerja karyawan.</em></p> Fahmy Purnamandiri Kurniawan, Syamsul Hadi, Tri Ratna Purnamarini Copyright (c) 2025 Fahmy Purnamandiri Kurniawan, Syamsul Hadi, Tri Ratna Purnamarini https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/35732 Wed, 01 Jan 2025 00:00:00 +0700 ANALISIS PENGARUH KOMPETENSI, LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI KEJATI DIY MELALUI KOMITMEN ORGANISASIONAL https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/36503 <p>Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi, lingkungan kerja, dan motivasi terhadap kinerja pegawai dengan mediasi komitmen organisasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta yang berjumlah 305 pegawai dan untuk menentukan ukuran sampel menggunakan teknik slovin sebanyak 75. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan <em>stratified sampling</em>. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi, motivasi dan komitmen organisaional berpengaruh terhadap kinerja, sedangkan lingkungan kerja tidak terbukti berpengaruh terhadap kinerja. Selain itu hasil penelitian juga menunjakkan bahwa komitmen organisasional dapat memediasi pengaruh kompetensi dan motivasi terhadap kinerja tetapi komitmen organisasional tidak dapat memediasi pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja.</p> <p>&nbsp;</p> <p><em>Kata kunci: kompetensi, lingkungan kerja, motivasi, komitmen organisasional, kinerja </em></p> Edi Nurgiyantoro, Didik Subiyanto, Syamsul Hadi Copyright (c) 2025 Edi Nurgiyantoro, Didik Subiyanto, Syamsul Hadi https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/36503 Wed, 01 Jan 2025 00:00:00 +0700 PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (STUDI PADA BADAN PENGLOLAAN KEUANGAN DAN PENDAPATAN DAERAH (BPKPD) PROVINSI JAMBI) https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/36484 <p><em>Penelitian ini menganalisis pengaruh Sistem Informasi Akuntansi dan Sistem Pengendalian Internal terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah menggunakan metode kuantitatif. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner berskala interval dari 82 responden di Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Provinsi Jambi yang terlibat dalam proses keuangan. Analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda menggunakan program IBM Statical Package for Social Sciences versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Informasi Akuntansi tidak berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Laporan Keuangan, sementara Sistem Pengendalian Internal memiliki pengaruh signifikan. Secara simultan, Sistem Informasi Akuntansi dan Sistem Pengendalian Internal bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Penelitian ini memberikan wawasan penting mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas laporan keuangan pemerintah daerah dan dapat menjadi acuan untuk meningkatkan kualitas pelaporan keuangan di sektor publik.&nbsp;</em></p> Muhammad Fiqih Julian Rizki, Ilham Wahyudi, Fredy Olimsar Copyright (c) 2025 Muhammad Fiqih Julian Rizki, Ilham Wahyudi, Fredy Olimsar https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/36484 Wed, 01 Jan 2025 00:00:00 +0700 PENGARUH BRAND INNOVATIVENESS DAN PERCEIVED QUALITY PADA PERCEIVED VALUE DI MEDIASI OLEH BRAND EXPERIENCE PADA E-COMMERCE LAZADA DI KOTA YOGYAKARTA https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/37171 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand innovativeness dan perceived quality pada perceived value di mediasi oleh brand experience pada e-commerce Lazada di kota Yogyakarta. Populasi dan sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang berada di Yogyakarta dengan kriteria konsumen yang pernah menggunakan e-commerce Lazada berjumalh 120 orang, Teknik pengmbilan sampel yang dipakai menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan penyeberan kuesioner. Analisis uji kualitas menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, Teknik analisis data menggunakan karakteristik responden, analisis regresi, analisis deskriptif,analisis asumsi klasik, analisis regresi, uji hipotesis, uji koefiesien determinasi, dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand innovatieveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand experience, perceived quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand experience, perceived quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived value, brand innovativeness berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived value, brand experience berpengaruh postif dan signifikan terhadap perceived value.</em></p> Anisa Yuli Andayani, Ida bagus Nyoman Udayana, Nonik Kusuma Ningrum Copyright (c) 2025 Anisa Yuli Andayani, Ida bagus Nyoman Udayana, Nonik Kusuma Ningrum https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/37171 Wed, 01 Jan 2025 00:00:00 +0700 PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN BIAYA LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2018-2023 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/37533 <p>Saat ini untuk melihat kinerja keuangan perusahaan tidak dapat dilihat hanya dari rasio profitabilitas saja, karena banyak perusahaan yang melanggar normalitas demi memaksimalkan laba perusahaan seperti penggunaan teknologi dan bahan kimia berbahaya kemudian tidak bertanggung jawab dalam kegiatan perusahaan yang akan berdampak pada masalah alam sekitar dan dapat berdampak pada masyarakat sekitar perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif, dengan sampel sebanyak 7 perusahaan pertambangan dan jumlah populasi sebanyak 42. Metode pengumpulan data menggunakan purpose sampling. Teknik pengelolaan data menggunakan Excel dan SPSS serta teknik analisis data Path Analysis dan Sobel Test. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kinerja lingkungan terhadap kinerja keuangan perusahaan pertambangan dengan biaya lingkungan sebagai variabel mediasi 1). Hasil uji t untuk nilai sig 0.603 &gt; 0.05 H1 ditolak. 2). Hasil uji t untuk nilai sig 0,024 &lt; 0,05 H2 diterima. 3). Hasil uji t untuk nilai sig 0,069 &gt; 0,05 H3 ditolak. 4). Hasil uji Sobel H4 Thitung sebesar 2,081 lebih besar dari nilai Ttabel sebesar 2,021 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kinerja lingkungan tidak dapat berpengaruh terhadap kinerja keuangan jika tidak dimediasi oleh biaya lingkungan.</p> Dea Putri Anggraini; Fitrini Mansur, Riski Hernando Copyright (c) 2025 Dea Putri Anggraini; Fitrini Mansur, Riski Hernando https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/37533 Wed, 01 Jan 2025 00:00:00 +0700 PENGARUH FOREST STEWARDSHIP COUNCIL (FSC) DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI MODERASI https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/37658 <p>This research aims to empirically test the Forest Stewardship Council certification and leverage on firm value moderated by firm size. FSC serves as a legitimacy and also a signal for the market regarding the responsibility of forest- raw material usage in its business. Leverage also acts as a signal for investors in managing its capital structure. This quantitative research uses a sample of 45 companies spread across the Consumer Non-Cyclicals, Basic Materials, Consumer Cyclicals, and Industrial sectors, analyzed through moderation regression analysis. The research findings indicate that FSC does not affect the company's value, leverage has a significantly positive impact on the company's value, company size does not moderate the relationship between FSC and the company's value, and does not fully moderate the relationship between leverage and the company's value.</p> Wilda Sebrina Copyright (c) 2025 Wilda Sebrina https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/37658 Wed, 01 Jan 2025 00:00:00 +0700 PENGARUH IKLAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PRODUK KECANTIKAN WARDAH DI YOGYAKARTA https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/37756 <p>Perkembangan ekonomi semakin mengarah pada persaingan ketat, khususnya untuk perusahaan dalam memasarkan produknya, menghadapi persaingan yang ketat perusahaan berlomba-lomba untuk memasarkan produk yang dihasilkan dengan cara terus berusaha mengembangkan kreativitas dan inovasi terbaru dari produk yang dihasilkan agar lebih unggul dari pesaing. Perkembangan ekonomi di Indonesia ikut berperan terhadap semakin maraknya industry khususnya industry kosmetik, kini produk kecantikan dan kosmetik telah mengalami banyak perubahan dengan dikeluarkannya inovasi-inovasi mutakhir yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, salah satunya adalah produk kecantikan Wardah yang ditunjang dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan melalui minat beli sebagai variabel mediasi pada produk kecantikan Wardah di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan purposive sampling, sampel didalam penelitian ini berjumlah 110 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan alat analisis dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, minat beli berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan.</p> <p> </p> Erika Hestiana Octaviawati, Ambar Lukitaningsih, Lusia Tria Hatmanti Hutami Copyright (c) 2025 Erika Hestiana Octaviawati, Ambar Lukitaningsih, Lusia Tria Hatmanti Hutami https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/37756 Wed, 01 Jan 2025 00:00:00 +0700 PERAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DALAM MENINGKATKAN PENGARUH KUALITAS KEHIDUPAN KERJA DAN KESEIMBANGAN KERJA-HIDUP TERHADAP KEPUASAN KERJA PADA RUMAH SAKIT UMUM https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/37783 <p><em>This study aims to develop the concept of quality of work life and work-life balance on job satisfaction and use work motivation as a mediating variable. Data collected were 162 respondents consisting of lower, middle, and upper level employees at the Rizky Amalia General Hospital, Sragen, Central Java, Indonesia. Quantitative approach with questionnaire survey as data collection and statistical analysis with Smart PLs to prove the hypothesis built. The findings show that quality of work life and work-life balance have a significant positive effect on job satisfaction and work motivation both directly and indirectly with work motivation mediation. This study focuses on all employees at the Rizky amalia Hospital consisting of doctors, directors, managers, management staff, field staff (security, office boy, cleaning service, laundry, etc.), and medical personnel (pharmacy, nutrition, nurses, midwives, laboratory analysis, etc.). The contribution of this study is the development of the concept of a motivation model as a mediating variable that has not been developed by previous studies so that it becomes a model that has conceptual novelty.</em></p> Achyarnis Achyarnis, Imronudin Imronudin, Burhannudin Ichsan Copyright (c) 2025 Achyarnis Achyarnis, Imronudin Imronudin, Burhannudin Ichsan https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/37783 Wed, 01 Jan 2025 00:00:00 +0700 PENGARUH KESADARAN MEREK, CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK DENGAN KEPERCAYAAN MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/38106 <p>Penelitian ini berfokus pada pengguna Nike. Tujuan dari penelitian ini untuk memahami bagaimana kesadaran merek dan citra merek memengaruhi loyalitas merek, yang dimediasi oleh kepercayaan merek. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 104 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner melalui Google form dan diolah menggunakan aplikasi SPSS. Uji data meliputi uji kualitas data, Uji asumsi klasik, Analisis regresi linear berganda , Uji hipotesis dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas merek (2) Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas merek (3) Kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepercayan merek (4) Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepercayaan merek (5) Kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas merek</p> Fendy Aji Pramana, Muinah Fadhilah, Bernadetta Dian Maharani Copyright (c) 2025 Fendy Aji Pramana, Muinah Fadhilah, Bernadetta Dian Maharani https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/38106 Wed, 01 Jan 2025 00:00:00 +0700 PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN SOLVABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/38241 <p>Industri teknologi di Indonesia terus mengalami penurunan dalam waktu 2 tahun terakhir, hal ini dapat dilihat dari nilai PBV sektor industry teknologi yang mengalami penurunan sebesar 50%. Penelitian ini bertujuan untuk menganilisa pengaruh likuditas, profitabilitas, Solvabilitas terhadap nilai perusahaan. Selain itu pada penelitian ini di tambahkan struktur modal sebagai variable pemoderasi ubungan antara likuiditas, profitabilitas dan solvabilitas terhadap nilai perusahaan. Pada penelitian ini teknik pengambilan sample pada penelitian ini adalah <em>non-probability sampling</em> dengan jumlah sampling 40 perusahaan. Analisa pengujian pada penilitian ini menggunakan Analisa deskriptif dan beberapa pengujian dengan <em>software smart PLS4</em> Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di dapatkan bahwa likuiditas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabiltias berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Solvabilitas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Struktur modal memperlemah pengaruh likuiditas pada nilai perusahaan. Struktur modal memperkuat pengaruh profitabilitas pada nilai perusahaan. Struktur modal memperlemah solvabiltias pada nilai perusahaan.</p> <p> </p> Bagus Faisal, Sri Hermuningsih, Riskin Hidayat Copyright (c) 2025 Bagus Faisal, Sri Hermuningsih, Riskin Hidayat https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/38241 Wed, 01 Jan 2025 00:00:00 +0700 PENGARUH TINGKAT KESEHATAN BANK SYARIAH INDONESIA TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DENGAN METODE RGEC TAHUN 2021-2023 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/37757 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat kesehatan Bank Syariah Indonesia terhadap <em>Corporate Social Responsibility</em> dengan menggunakan metode RGEC tahun 2021-2023. RGEC (<em>Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, and Capital</em>) merupakan metode penilaian kesehatan bank yang mencakup berbagai aspek keuangan, seperti risiko kredit, tata kelola perusahaan, profitabilitas, dan kecukupan modal, yang diyakini memiliki pengaruh terhadap pelaksanaan CSR (<em>Corporate Social Responsibility)</em>. Variabel independen dalam penelitian ini meliputi rasio keuangan <em>Non-Performing Financing</em> (NPF) untuk <em>Risk Profile</em>, <em>Good Corporate Governance</em> (GCG), <em>Return on Assets</em> (ROA) untuk <em>Earning</em> dan <em>Capital Adequacy Ratio</em> (CAR) untuk <em>Capital</em>. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan data sekunder yang diambil dari laporan rasio keuangan triwulan Bank Syariah Indonesia selama periode 2021-2023. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, regresi berganda dan analisis hipotesis untuk mengukur pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen, yaitu pelaksanaan CSR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel NPF dan ROA memiliki pengaruh signifikan terhadap pelaksanaan CSR, sedangkan GCG dan CAR tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa kesehatan keuangan bank, terutama dari aspek risiko kredit bermasalah dan profitabilitas berperan penting dalam menentukan efektivitas dan skala program CSR yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia tahun 2021 sampai dengan tahun 2023.</p> <p> </p> Harpeni Harpeni, Nurida Isnaeni, Yusuf Zaini Aprizal Copyright (c) 2025 Harpeni Harpeni, Nurida Isnaeni, Yusuf Zaini Aprizal https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/37757 Wed, 01 Jan 2025 00:00:00 +0700 ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CUSTOMER SATISFACTION TERHADAP BRAND LOYALTY DARI PRODUK FASHION BRAND LOKAL INDONESIA https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/37104 <p>Perkembangan fashion di Indonesia kini menjadi bagian integral dari gaya hidup masyarakat, memengaruhi pilihan gaya dan kepuasan personal. Tren fashion lokal yang berkualitas semakin diminati, bersaing dengan merek internasional seperti Zara dan Uniqlo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk menganalisis pengaruh brand image, brand loyalty, brand trust, impulsive buying, perceived enjoyment, dan perceived usefulness terhadap kepuasan pelanggan produk fashion lokal. Data dikumpulkan melalui kuesioner dari pembeli produk fashion lokal dan dianalisis dengan teknik statistik, termasuk uji validitas, reliabilitas, dan model struktural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image dan brand loyalty memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan brand trust, perceived enjoyment, dan perceived usefulness tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Uji pengaruh tidak langsung mengonfirmasi bahwa brand loyalty memediasi hubungan antara brand image, impulsive buying, dan kepuasan pelanggan. Dengan nilai R-Square masing-masing 0.986 untuk brand loyalty dan 0.982 untuk kepuasan pelanggan, serta SRMR yang memenuhi syarat, penelitian ini mengindikasikan bahwa model yang digunakan valid dan layak. Temuan ini menegaskan pentingnya brand image dan loyalty dalam meningkatkan kepuasan pelanggan pada fashion lokal.</p> Lady Lady, Alcung Tasya Copyright (c) 2024 Lady Lady, Alcung Tasya https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/37104 Tue, 31 Dec 2024 00:00:00 +0700