PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BRAND EQUITY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v12i04.30482Abstract
Dalam era globalisasi, persaingan bisnis semakin ketat, mendorong perusahaan untuk merancang strategi bersaing yang efektif. Manajemen perusahaan perlu merancang dan mengimplementasikan strategi pemasaran yang dapat menciptakan, mempertahankan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Fenomena bisnis jasa transportasi, terutama layanan sepeda motor berbasis aplikasi seperti Grab, berkembang pesat di kota-kota besar Indonesia. Penelitian ini berfokus pada Kota Jambi, di mana Grab bersaing dengan Gojek dan Maxim. Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh kualitas pelayanan dan brand equity Grab terhadap kepuasan pelanggan di Kota Jambi. Hasil survey awal menunjukkan Grab telah populer, namun persaingan tetap hadir. Kualitas pelayanan dan ekuitas merek menjadi pertimbangan utama bagi pelanggan dalam memilih penyedia layanan ojek online. Penelitian ini merinci temuan terkait pengaruh kualitas pelayanan dan brand equity terhadap kepuasan pelanggan. Temuan ini sejalan dengan penelitian-penelitian sebelumnya. Kualitas pelayanan yang optimal dan brand equity yang kuat berkontribusi pada tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi. Fokus perusahaan seharusnya tertuju pada peningkatan kualitas pelayanan, karena hal ini menciptakan kepuasan yang lebih tinggi. Implikasi dari temuan ini adalah pentingnya pemahaman mendalam terhadap faktor-faktor tersebut untuk meningkatkan strategi pemasaran dan daya saing perusahaan di pasar yang kompetitif. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memperkuat pemahaman bahwa brand equity dan kualitas pelayanan memainkan peran krusial dalam membentuk kepuasan pelanggan
Downloads
References
Aaker, D. (2014). Aaker On Branding. 20 Prinsip Esensial Mengelola dan Mengembangkan Brand. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Arikunto (2006). Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.
Budiarti, Anindhyta, Surachman, Hawidjojo D., dan Djumahir. 2013. Brand Equity and Customer Satisfaction as the Mediation of Advertisement influence and the Service Quality to Loyalty the Passengers of International Flight at Garuda Indonesia Airlines. IOSR-JBM e-ISSN: 2278-487X.Vol 9, Issue 2 PP 01-15.
Buttle (2007). Customer Relationship Management (Manajemen Hubungan Pelanggan). Bayu Media, Jakarta: Desrina.
Devia A. N., dan Puspaningru S.A.A. (2018). The Influence Of Brand Experience And Service Quality To Customer Loyalty Mediated By Customer Satisfaction In Starbucks Coffee Malang. MECJ E-ISSN: 2598-9537 P-ISSN: 2599-3402 Volume 2, Issue 2.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Kotler, P. and Keller K. L. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Kumar G. A. (2014). Brand Equity And Customer Satisfaction – A Study Of Lg Television In Mysore District. ISSN: 2249-7196 IJMRR/ May 2014/ Volume 4/Issue 5/Article No-7/610-615.
Mar’ati, N C & Sudarwanto, T. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Ojek Online (Studi PadaKonsumen Grab di Surabaya). Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.
Mourad, M. And Y. S. E. Ahmed (2012). Perception of Green Brand in an Emerging Innovative Market. European Jurnal of Innovation Management, 15 (4), pp: 514-537.
Pham T. H., Huang Y. Y. (2015). The Impact Of Experiential Marketing On Customer’s Experiential Value And Satisfaction: An Empirical Study In Vietnam Hotel Sector. JBM&SSR. ISSN No: 2319-5614 Volume 4, No.1.
Semeijn, J., van Riel, A. C., van Birgelen, M. J., & Streukens, S. (2013). E-services and Offline Fulfilment: How E-loyalty is Created. Managing Service Quality: An International Journal, 15(2)
Setiawan I. 2018. The Impact Of Experiential Marketing And Service Quality On Repurchase Intention Through Customer Satisfaction In Warunk Upnormal Surabaya. Thesis Faculty Of Business Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Setiobowo R. (2017). The Influence of Experiential Marketing, Service Quality on Customer Loyalty and Satisfaction at the Pizza Hut Restaurant in the Tunjungan Plaza Surabaya. AEBMR volume 35. MICEB 2017.
Sugiyono (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Supranto (2002). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.
Tanveer Z., Lodhi R. N. (2016). The Effect of Brand Equity on Customer Satisfaction: An Empirical Study Based on David Aaker's Brand Equity Model. IUP Journal of Brand Management . Sep2016, Vol. 13 Issue 3, p43-54. 12p.
Wahyuno (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan pelanggan Pengguna Jasa Hotel Anugerah Glagah Indah temon Kulon Progo Yogyakarta. Skripsi Tidak Diterbitkan, Yogyakarta: FEUNY.
Zeithaml, V. A., Bitner M. J., Gremler D. D. (2013). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across. the Firm 6 thed. Mc.Graw-Hill. Boston.
Zena P. A., and Hadisumarto A. D. (2012). The Study of Relationship among Experiential Marketing, Service Quality, Customer Satisfaction, and Customer Loyalty. Asean Marketing Journal, Vol.IV - No. 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dahmiri Dahmiri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.