PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SAROLANGUN (Studi Pada Mahasiswa Universitas Jambi)

Authors

  • DAHMIRI DAHMIRI Staff Pengajar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v5i3.3605

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sarolangun, serta tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan administrasi kependudukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sarolangun.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data primer berupa kuisioner, kemudian dilengkapi dengan data sekunder dari studi pustaka yang berupa literature, perundang-undangan, penelitian ilmiah  dan  dokumen pendukung yang  berhubungan dengan penelitian. Penyebaran kuisioner di berikan kepada 100 sampel, data kuisioner kemudian diolah dan dilakukan analisa berupa karakteristik responden, tanggapan terhadap pernyataan,uji validitas, uji  reliabilitas, dan uji  regresi linier sederhana. 

Hasil  penelitian menunjukkan seluruh instrument valid dan reliabel. Pada uji korelasi terdapat korelasi kuat antara kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan masyarakat (Y), artinya terdapat hubungan antara kualitas pelayanan (X) teradap kepuasan masyarakat (Y). Koefisien determinasi rsquare 99,8% perubahan variable pada kepuasan masyarakat (Y) dapat diterangkan oleh kualitas pelayanan (X). Terdapat hubungan positif antara kualitas pelayanan teradap kepuasan masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sarolangun. Kepuasan masyarakat dipengarui oleh kualitas pelayanan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-12-20 — Updated on 2016-12-20

How to Cite

DAHMIRI, D. (2016). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SAROLANGUN (Studi Pada Mahasiswa Universitas Jambi). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 5(3), 176-185. https://doi.org/10.22437/jmk.v5i3.3605

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>