Tindak Pidana Penganiayaan yang Dilakukan oleh Anak Jalanan: Penanggulangan dan Permasalahannya

Main Article Content

Silvy Amira Fadini
Sahuri Lasmadi
Dessy Rakhmawati

Abstract

The purpose of this study are to find out and analyze the role of police resort Jambi city to process and experience cases of street children who committed criminal molestation and to find out and analyze the obstacles that police, city officials, have experienced in handling the violent crimes committed by downtown city idles. The method of research used is empirical research. Research is that the role of police towards treating criminal abuse that results in serious and minor injuries done by street children in the jambi city can be done with a 2 (two) role: police role in preventive, preventive effort or prevention is far more efficient than educating. The police resort's Jambi city preventative measures on the police's resort to crime against street children in the city of the city are by conducting inquiries and investigations and examining perpetrators and victims and will then proceed to court if the abuse is done and the abuse is done lightly. In dealing with cases of criminal abuse by street children in the city of jambi, there is an obstacle encountered by police authorities, among other things: police have difficulty locating the perpetrator's real identity because not all street children have identification and family cards.


 


ABSTRAK


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis penanganan kasus anak jalanan yang melakukan Tindak Pidana Penganiayaan dan mengetahui dan menganalisis hambatan-hambatan dalam menangani kasus Tindak Pidana Penganiayaan yang dilakukan oleh anak jalanan. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian empiris. Hasil penelitian adalah penanganan tindak pidana penganiayaan yang mengakibatkan luka berat ataupun luka ringan yang dilakukan oleh Anak Jalanan di Kota Jambi dapat dilakukan dengan 2 (dua) peran yaitu: Upaya Preventif atau pencegahan  jauh lebih efisien. Upaya Represif pihak Polisi Resort Kota Jambi dalam menanggulangi tindak pidana penganiayaan yang dilakukan oleh anak jalanan di kota Jambi yaitu dengan melakukan penyidikan dan penyelidikan serta memeriksa pelaku dan korban dan selanjutnya akan diproses ke pengadilan jika penganiayaan yang dilakukan adalah penganiayaan berat dan jika penganiayaan yang dilakukan adalah penganiayaan ringan bisa diselesaikan secara diversi. Dalam menangani kasus tindak pidana penganiayaan yang dilakukan oleh anak jalanan di Kota Jambi terdapat hambatan yang ditemui yang dihadapi oleh pihak kepolisian, diantaranya: Pihak Kepolisian memiliki kesulitan mencari identitas asli si pelaku karena tidak semua anak jalanan memiliki KTP dan Kartu Keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fadini, S. A., Lasmadi, S., & Rakhmawati, D. (2022). Tindak Pidana Penganiayaan yang Dilakukan oleh Anak Jalanan: Penanggulangan dan Permasalahannya. PAMPAS: Journal of Criminal Law, 3(1), 42-50. https://doi.org/10.22437/pampas.v3i1.17764
Section
Articles

References

Buku

Marzuki, Peter Mahmud. Metode Penelitian Hukum, Kencana, Jakarta, 2006

Sudrajat, Tata. Anak Jalanan dan Masalah Sehari-Hari Sampai Kebijaksanaan, Yayasan Akatiga, Bandung, 1996.

Syani, Abdul. Sosiologi Kriminalitas, Bandung, Remadja Karya, 1989Barda Nawawi Arief, Masalah Penegakan Hukum dan Kebijakan Hukum Pidana dalam Penanggulangan Kejahatan, Jakarta, Kencana Preneda Group, 2014.

Jurnal

Sudarti, Elly dan Sahuri Lasmadi. Harmonisasi Sistem Pemidanaan Dan Tujuan Pemidanaan Pada Tindak Pidana Korupsi Suap, 16, 1, (2021). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/pandecta/article/download/27516/11951

Hafrida. Perlindungan Hukum Terhadap Anak Pelaku Tindak Pidana Pada Proses Penyidikan, Jurnal Ilmu Hukum, 5, 6, (2012). https://scholar google.com/citations?user=x T8MpbIAAAAJ&hl=en.

A, Muhammad Yogie. Penegakan Hukum Atas Tindak Pidana Kekerasan https://journal.uii.ac.id/Lex-Renaissance/article/download/17209/pdf

Astari, Prima. “Landasan Filosofis Tindakan Diskresi Kepolisian Terhadap Anak Yang Berhadapan Dengan Hukumâ€, Jurnal Arena Hukum, 8, 1, (2015). https://arenahukum.ub.ac.id/index.php/arena/article/view/91.

Adelina, Theresia dan AA Ngurah Yussa Darmadi. Perlindungan Hukum Terhadap Anak Sebagai Pelaku Tindak Pidana Penganiayaan (Di Wilayah Hukum Kepolisian Resort Kota Denpasar). https://ojs. unud.ac.id/index.php/kerthawicara/a rticle/download/43877/26682

Skripsi

Situmorang, Hisar. Peranan Visum Et Refertum Dalam Tindak Pidana Penganiayaan Yang Mengakibatkan Kematian. Skripsi. Universitas Sumatera Utara, Medan, 2007.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>