KAJIAN SENI ISLAM ARSITEKTUR DAN RAGAM HIAS MESJID KUNO DI DATARAN TINGGI JAMBI: SUATU KAJIAN ARKEOLOGI ISLAM DALAM UPAYA MELESTARIKAN DAN MENGEMBANGKAN ISLAM MELAYU JAMBI.

Authors

  • Asyhadi Mufsi Sadzali Universitas Jambi
  • Yundi Fitrah

DOI:

https://doi.org/10.22437/titian.v2i02.5813

Abstract

Islam adalah agama yang sangat tegas dalam akidah, kesesuaian Tuhan (Tauhid) serta ibadat. Tetapi dalam masalah-masalah kemasyarakatan (mu’amalat), Islam bersikap akomodatif. Demikiannlah terhadap hukum adat, misalnya Islam dapat menerima sepanjang tidak bertentangan dengan kaidah-kaidah dasar. Dalam sejarah Islam, hal di atas bisa dilihat misalnya dalam perkembangan komunitas Muslim di wilayah Indonesia yang mulai tumbuh dari kantung-kantung pemukiman berskala kecil. Pada masa-masa awal perkembangannya, proses Islamisasi ditandai dengan konversi keislaman para penguasa di wilayah pesisir atau kota pelabuhan, yang kemudian disusul peran mereka sebagai pelindung dan pengembangan pusat-pusat penyiaran agama Islam di wilayah masing-masing. Indonesia sebagai suatu negara dengan beragam suku bangsa, tentulah mempunyai beraneka ragam bentuk arsitektur mesjid kuno yang apabila dijumlahkan secara keseluruhan kurang lebih sama banyak dengan jumlah kabupaten/kota yang ada di Indonesia. Satu sama lain memiliki ragam bentuk, ornament yang berbeda-beda, namun diantaraya terkadang terdapat juga kesamaan. Ciri khas yang menjadi persamaan ini bisa kita lihat pada bagian umpak, lantai yang ditinggikan, atap berkemucak dengan bubungan pada atap yang dipanjangkan. Melalui penelitian ini, keberagaman arsitektur masjid kuno di wilayah dataran tinggi Jambi akan diungkap dengan metode arkeologi, ang lebih sepsifik arsitektur arkeologi. Adapun permasalahan yang dicoba diungkap meliputi, bagiamana ragam bentuk arsitketur, bagaiamana ragam hias dan ornament, bagaimana pola tata ruang,dan pemaknaan dibalik motif dan tataruang masjid. Hasil akumulasi analysis data, akan mampu menjawab nilai-nilai penting dan kearifan lokal masyarakat dataran tinggi kerinci dalam hal seni arsitektur islam.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-31 — Updated on 2018-12-31

Versions

How to Cite

Sadzali, A. M., & Fitrah, Y. (2018). KAJIAN SENI ISLAM ARSITEKTUR DAN RAGAM HIAS MESJID KUNO DI DATARAN TINGGI JAMBI: SUATU KAJIAN ARKEOLOGI ISLAM DALAM UPAYA MELESTARIKAN DAN MENGEMBANGKAN ISLAM MELAYU JAMBI. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 2(02), 323 -. https://doi.org/10.22437/titian.v2i02.5813

Most read articles by the same author(s)