• Desember 2018
    Vol 2 No 02 (2018)

    Titan: Jurnal Ilmu Humaniora merupakan jurnal ilmiah akademik dalam bidang kajian ilmu Humaniora (budaya) yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jambi, Volume 02, Nomor 02, Desember 2018 ini menyajikan sepuluh tulisan yang terdiri dari bidang kesusastraan, budaya, dan arkeologi. Tulisan-tulisan tersebut adalah bidang sastra ditulis oleh Hadiyanto dan Sovia Wulandari dengan judul Ungkapan Tradisional Masyarakat Kerinci: Kajian  Bentuk dan Telaah Makna.

    Di bidang bahasa ditampilkan tulisan Ade Kusmana dan Rengki Afria berjudul Analisis Ungkapan Makian dalam Bahasa Kerinci:  Studi Sosiolinguistik; Ernanda berjudul Pemilihan Bahasa dan Sikap Bahasa pada Masyarakat Pondok Tinggi Kerinci; dan Ade Kusmana, Murfi Saputra, dan Julisah Izar yang berjudul Pemetaan Bahasa Daerah di Provinsi Jambi.

    Selanjutnya, pada bidang Budaya terdapat tulisan  Supian, Fatonah, dan Denny Defrianti yang berjudul Eksistensi dan Penerapan Hukum Adat Melayu di Kota Jambi

    Pada bidang Seni, Drama, Tari, dan Musik ditulis oleh Hadiyanto dan Masvil Tomi dengan judul Eksistensi Musik Ansambel Suling Bambu Masyarakat Siulak Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi; Mahdi Bahar, Pamela Mikaresti dan Indra Gunawan yang berjudul Tari Skin Sebagai Identitas Kehidupan Masyarakat Kabupaten Merangin; dan Mahdi Bahar, Indra Gunawan, dan Defni Aulia dengan judul Tradisi Gandai: dari Permainan Anak Sampai Modal  Kultural Masyarakat Kota Jambi. Serta Mhike Suryawati yang menulis Estetika Tari Sekapur Sirih sebagai Tari Penyambutan Tamu di Kota  Jambi.

    Terakhir, pada bidang arkeologi ditulis oleh Yusdi Anra dan Asyhadi Mufsi Sadzali yang berjudul Ragam Arsitektur Rumah Tradisional Melayu Jambi: Suatu Kajian Arkeologi Arsitektur dalam Upaya Pelestarian Warisan Budaya dan Pemajuan Kebudayaan Melayu Jambi dan Yundi Fitrah dan Asyhadi Mufsi Sadzali berjudul Kajian Seni Islam Arsitektur dan Ragam Hias Mesjid Kuno di Dataran Tinggi Jambi: Suatu Kajian Arkeologi Islam dalam Upaya Melestarikan dan Mengembangkan Islam Melayu Jambi.

    Terimakasih kami sampaikan kepada semua pihak yang berpartisipasi dalam penerbitan Titian: Jurnal Ilmu Humaniora ini. Diharapkan para pembaca dapat mengambil manfaat serta ilmu pengetahuan dari tulisan-tulisan tersebut.

     

    TIM REDAKSI TITIAN: JURNAL ILMU BUMANIORA

  • Juni 2018
    Vol 2 No 1 (2018)
  • Desember
    Vol 1 No 2 (2017)
  • September 2017
    Vol 1 No 1 (2017)