MODEL KINERJA PERAWAT MELALUI KOMUNIKASI INTERPERSONAL YANG DIMEDIASI OLEH KETERLIBATAN KERJA (STUDI PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH HAJI ABDOEL MADJID BATOE KABUPATEN BATANG HARI)

Authors

  • Eka Renny Yustisia Hasby Mahbara Universitas Jambi
  • Zulfina Adriani Universitas Jambi
  • dahmiri dahmiri Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v13i02.32178

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh komunikasi interpersonal melalui keterlibatan kerja terhadap kinerja perawat pada Rumah Sakit Umum Daerah Haji Abdoel Madjid Batoe Kabupaten Batang Hari. Populasi pada penelitian ini adalah perawat pada RSUD Haji Abdoel Madjid Batoe Kabupaten Batang Hari yang berjumlah 71 orang perawat. Ukuran atau jumlah sampel dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan teori yang dikembangkan oleh Slovin dengan margin error 5% sehingga diperoleh sampel sebanyak 60. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari penyebaran kueseioner, sedangkan data sekunder diperoleh dari studi pustaka, jurnal dan literature lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dan menggunakan analisis data Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal secara langsung berpengaruh terhadap keterlibatan kerja dan kinerja perawat. Sedangkan keterlibatan kerja terhadap kinerja secara langsung tidak memiliki pengaruh. Begitu pula untuk pengaruh tidak langsung komunikasi interpersonal melalui keterlibatan kerja terhadap kinerja juga tidak memiliki pengaruh.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Mahbara, E. R. Y. H. ., Adriani, Z. ., & dahmiri, dahmiri. (2024). MODEL KINERJA PERAWAT MELALUI KOMUNIKASI INTERPERSONAL YANG DIMEDIASI OLEH KETERLIBATAN KERJA (STUDI PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH HAJI ABDOEL MADJID BATOE KABUPATEN BATANG HARI). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 13(02), 666-679. https://doi.org/10.22437/jmk.v13i02.32178

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>