PENGARUH BAURAN PEMASARAN, PEMASARAN INTERNAL DAN ORIENTASI KONSUMEN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH H. ABDUL MANAP KOTA JAMBI

Authors

  • Dahmiri Dahmiri Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v11i01.17269

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh variable bauran pemasaran, pemasaran internal dan orientasi konsumen terhadap variable kepuasan pasien pada Rumah Sakit Umum Daerah H. Abdul Manap Kota Jambi, baik secara silmultan maupun secara parsial. Populasi penelitian adalah seluruh pasien yang pernah mendapatkan pelayanan sedangkan sampelnya diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data diambil dengan perangkat berupa kuesioner tertutup. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan alat analisis data yang dipakai adalahanalisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa variable bauran pemasaran, pemasaran internal dan orientasi konsumen secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Adapun variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pasien adalah variable bauran pemasaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmed, S., & Rahman, M. (2015). The effects of marketing mix on consumer satisfaction: A literature review from Islamic perspective. Turkish Journal of Islamic Economics, 2(1), 17-30.

Best, Roger j., (2009). Market Based Managemen: Straegies Growing Customer Value and Profitability. Prentice Hall, Upper Saddle River, New Jersey.

Conduit, J., Matanda, M. J., & Mavondo, F. T. (2014). Balancing the act: the implications of jointly pursuing internal customer orientation and external customer orientation. Journal of Marketing Management, 30(13-14), 1320-1352.

Dahmiri, Octavia, A., & Fatricia, R. S. (2017). The Influence Of Service Marketing Mix And Service Quality On Students’ Satisfaction In Jambi University, Indonesia. International Journal of Economics, Commerce and Management United Kingdom, (6), 398-414.

Effed Darta. (2010). Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran.

Gronroos, C. (2007). Service Management and Marketing: Customer Management in Service Competition.3rd Edition. ISBN: 978-0-470-72748-5.

Grönroos, C. (2011). Value co-creation in service logic: A critical analysis. Marketing theory, 11(3), 279-301.

Gupta, S., & Bansal, E. (2016). Consumer Orientation Towards Online Buying Via Social Media Platforms. International Journal of Scientific Research and Education, 4(1), 4862-4875.

Hastuti, A. S. O. (2009). Pengaruh penerapan program orientasi pasien baru terhapa kepuasan pasien tentang pelayanan keperawatan di ruang rawat inap Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta.

https://www.jambiupdate.co/read/2019/09/15/75631/mau-tau-jumlah-pasien-yang-berobat-di-rsud-abdul-manap-dalam-setahun-baca-di-sini

Huang, Y. T., & Rundle-Thiele, S. (2014). The moderating effect of cultural congruence on the internal marketing practice and employee satisfaction relationship: An empirical examination of Australian and Taiwanese born tourism employees. Tourism Management, 42, 196-206.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2013). Fundamentos de Marketing . Naucalpan de Juárez.

Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2018). Marketing management: an Asian perspective. Pearson.

Lee, W. I., Chen, C. W., Chen, T. H., & Chen, C. Y. (2010). The relationship between consumer orientation, service value, medical care service quality and patient satisfaction: The case of a medical center in Southern Taiwan. African Journal of Business Management, 4(4), 448.

Liang, R. D., & Zhang, J. S. (2011). The effect of service interaction orientation on customer satisfaction and behavioral intention: The moderating effect of dining frequency. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 24, 1026-1035.

Parasuraman A., Zeithaml, V. A. dan Berry, L. L. (1985). “A Conceptual Model of Service Quality and Its Implication for Future Researchâ€. Journal of Marketing, No.49.

Program MIK (2009). Kekhususan Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan FIK UI.

Putra, A. L., & Sulistyawati, E. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah PT. Pegadaian (PERSERO) Cabang Mengwi, Badung, Bali. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 2(8), 938-955.

Rangkuti, F. (2018). Measuring Customer Satisfaction Teknik Mengukur Strat. Meningk. Kep. Plg. Gramedia Pustaka Utama.

Ribhan, R. (2011). Internal Marketing: Dampak Job Satisfaction, Organizational. Fokus Ekonomi, 10(2), 24457.

Rismayanti, R., Kartasurya, M. I., & Kana, N. L. (2016). Pengaruh Internal Marketing dan Kualitas Pelayanan BPJS Kesehatan Terhadap Kinerja Melalui Kepuasan Dokter di RSUD Ulin Banjarmasin. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 4(1), 58-64.

Sari, Y. K. (2014). Pengaruh Orientasi Pasien Baru terhadap Tingkat Kepuasan Pasien. Jurnal Ners dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 1(1), 024-029.

Shah, A. (2014). Internal marketing's effects on employee satisfaction, productivity, product quality, consumer satisfaction and firm performance. American Journal of Management, 14(4), 33.

Slater, S. F., & Narver, J. C. (2000). The positive effect of a market orientation on business profitability: A balanced replication. Journal of business research, 48(1), 69-73.

Suroto, B., & Hadiyati, H. (2018). Bauran Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan Serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Umum Pemerintah di Indonesia (Survey pada Klinik Rawat Jalan Propinsi Riau). In Prosiding Seminar Nasional Teknopreneur Universitas Pasir Pengaraian (Vol. 1, No. 1, pp. 18-25).

Tjiptono, F. (2018). Strategi pemasaran. Andi.

Wahab, N. A., Hassan, L. F. A., Shahid, S. A. M., & Maon, S. N. (2016). The relationship between marketing mix and customer loyalty in hijab industry: The mediating effect of customer satisfaction. Procedia Economics and Finance, 37(16), 366-371.

Zeithaml, V. A. dan Bitner, M. J. (2009). Service Marketing. New York: Mc. Graw-Hill.

Downloads

Published

2022-03-23

How to Cite

Dahmiri, D. (2022). PENGARUH BAURAN PEMASARAN, PEMASARAN INTERNAL DAN ORIENTASI KONSUMEN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH H. ABDUL MANAP KOTA JAMBI. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(01), 225-233. https://doi.org/10.22437/jmk.v11i01.17269

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>