PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEBERHASILAN WIRAUSAHA MELALUI EFIKASI DIRI PADA ANGGOTA HIPMI DI PROVINSI JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v13i03.32174Abstract
Tsunami penduduk usia produktif akan mencapai 60% dari total masyarakat Indonesia, ini harus menjadi perhatian khusus mengingat dampak dari bonus demografi ini tidak selalu positif. Pengangguran bisa menjadi permasalahan serius jika sumber daya manusia tidak dipersiapkan dengan baik dan salah satu jalan keluar dari hal tersebut adalah kita harus dapat melahirkan wirausaha baru untuk dapat membuka lapangan kerja. HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) sebagai wadah yang menjadi perkumpulan anak muda berprofesi sebagai wirausaha memiliki peran strategis untuk membantu keberhasilan wirausaha anak muda. Dalam penelitian ini yang berjudul “Pengaruh Ekonomi Keluarga dan Lingkungan Sosial Terhadap Keberhasilan Wirausahaan melalui Efikasi Diri” merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif yang melibatkan 192 responden ditemukan variabel ekonomi keluarga tidak berpengaruh secara signifikan tapi berdasarkan perhitungan nilai VAF pada penelitian ini sebesar 25.8% yang artinya variabel efikasi diri memediasi secara sebagian hubungan antara ekonomi keluarga dengan keberhasilan berwirausaha. Sedangkan variabel lingkungan sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel keberhasilan wirausaha melalui efikasi diri. Berdasarkan perhitungan nilai VAF pada penelitian ini sebesar 0.27% yang artinya variabel efikasi diri hampir tidak memediasi hubungan antara lingkungan sosial dengan keberhasilan berwirausaha.
Downloads
References
Abdullah, S. M. (2019). Similiarity artikel: Social cognitive theory: A Bandura thought review published in 1982-2012. Journal Psikodimensia, 18(1), 85-10
Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS): alternatif structural equation modeling (SEM) dalam penelitian bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi
Abdulsyani.(2012). Sosiologi: Sistematika teori dan terapan. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Ahmadi, R., & Hefni., Wildani.(2019). Solidaritas Sosial di Era Post- Modern: Sakralitas Komunitas Salawatan Jaljalut Indonesia. Jurnal Lektur Keagamaan, 17 (1), 59-76. Sage, 20(5), 570-581
Andari. R,. (2011). Pengaruh kompetensi pengusaha, skala usaha dan saluran pemasaran terhadap keberhasilan usaha (survey pada industri bawang goreng di kabupaten kuningan). Skripsi UPI Bandung.Tersedia di: repository.upi.edu3.
Barnett, E., dan Casper, M. (2001). A Definition of “Social Environment. American Journal of Public Health, 91, 465. Gregory J. Feist. 2011. Teori Kepribadian, Jakarta : Salemba Humanika
Barron, Reuben M dan Kenny, David A. (1986). The Moderator-Mediator Variable Distinction in Social Psychological Research: Conceptual, Strategic, and Statistical Considerations. Journal of Personality and Social Psychology. 51 (6): 1173-1182
Creswell, J.W. (2014). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Dahmiri., Khalik, I., (2023). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Karakteristik Wirausaha dan Inovasi Produk Terhadap Keberhasilan Usaha. Ekonomis:ournal of Economics and Business Volume 7, 1 (2023): 598-605. DOI: 10.33087/ekonomis.v7i1.758
Farida.S,. Nurkhin.A,. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Studi Pada Siswa Smk Program Keahlian Akuntansi. Economic Education Analysis Journal, Vol.5, No.1
Given, LM. (2008). The Sage Encyclopedia of Qualitative Research Methods. Thousand Oaks: Sage
Ghozali, Imam (2011). Aplikasi Analisis Multivatiate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ibrahim, Najafi Auwalu, Abdulsalam Mas’ud. 2016. Moderating role of entrepreneurial orientation on the relationship between entrepreneurial skills, environmental factors and entrepreneurial intention: A PLS approach. Management Science Letters 6 (2016) 225–236
Istijanto. (2005). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Koranti.K,. (2013). Analisis Pengaruh Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Minat Berwirausaha. Bandung: Procceding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur, & Teknik Sipil). Vol 5 Oktober 2013. ISS: 1858-2559.
Linn Pettersdotter, Esther Niehoff, Philipp Alexander Freund. International experience makes a difference: effect of studying abroad on students’ selfefficacy. Personality and Individual Differences 107 : 174-178 Elsevier Journal
MacKinnon, D. P., Fairchild, A. J., & Fritz, M. S. (2007). Mediation analysis. Annu. Rev. Psychol., 58, 593-614.
Noor, H.F,. (2013). Ekonomi Manajerial. Jakarta: PT Rajawali Pers Nurochim,. (2016). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Gramata Publishing.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soekanto, S,. (2014). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : PT Raya Grafindo Persada
Sugidarma, I Putu. (2004). “Analisis Tipe Strategi Industri Kecil Dan Menengah Di Kawasan Sarbagita Bali”. Thesis. Malang: Universitas Brawijaya.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurul Nilamsari, Tona Aurora Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.