STRATEGI PEMASARAN PRODUK PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT TERHADAP KINERJA SELAMA PANDEMI
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v12i01.17958Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis dampak Covid-19 pada pemasaran produk BPR di Kota Jambi dan mengetahui dan menganalisis strategi bisnis yang diterapkan BPR di Kota Jambi dalam menghadapi dampak pandemic COVID-19 dan mencapai tujuan bisnis. Alat Analisis yang digunkan adalah analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan dimasa pandemi ini banyak orang yang enggan keluar rumah dan banyak pula yang enggan berkomunikasi dengan orang luar sehingga ini menjadi salah satu kendala BPR dalam memasarkan produk. Kemudian akibat dari pandemi Covid-19, kemampuan membayar nasabah menurun drastis, hal ini menjadi dilema bagi pihak Bank BPR Kota Jambi yang juga mengutamakan kemampuan membayar. Kegiatan pemasaran produk juga tidak efektif karena banyak pedagang atau pelaku usaha tidak aktif selama masa pandemi. Terutama pada pedagang UMKM makanan yang hanya bisa berjualan pada jam tertentu saja pada masa PPKM, shingga untuk komunikasi langsung kepada pedagang cukup sulit. Dari perhitungan matriks SWOT, maka diperoleh nilai tertinggi adalah SO sebesar 2,891. Dengan demikian nilai yang tertinggi merupakan strategi yang cocok dalam pengembangan strategi bisnis Bank BPR Kota Jambi pada masa pandemi Covid-19. Dimana strategi SO yaitu dengan memasarkan produknya dengan menggunakan jejaring media sosial seperti facebook, isntagram dan whatsapp serta adanya event vaksinasi dan penyuluhan kepada masyarakat tentang menjaga protokol kesehatan dapat memanfaatkan keadaan tersebut untuk memasarkan produk kredit perbankan Bank BPR Kota Jambi
Downloads
References
Amir, T. (2012). Manajemen Strategik Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali.
Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran. Raja Grafindo.
Bastian, I. (2011). Sistem Akuntansi Sektor Publik. Salemba Empat.
Gitosudarmo, I. (2014). Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua, Cetakan Ketiga. BPFE.
Herli. (2013). Pengelolaan BPR dan Lembaga Keuangan. Pembiayaan Mikro. Andi Offset.
Husein, U. (2005). Riset pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kahle, T. dan. (2016). Marketing Management. Publishing Company.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Principles of Marketin, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran. Jakarta : Erlangga.
Laksana. (2015). Manajemen Pelayanan Publik. CV Pustaka Setia.
Mangkuprawira. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik (edisi kedua). Ghalia Indonesia.
Rangkuti, F. (2013). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. PT Gramedia Pustaka.
Ruky. (2013). Sistem Manajemen Kerja. PT Gramedia Pustaka.
Salsabila. (2020). Gangguan Hati Pada Coronavirus Disease 2019. Medical Scope Journal.
Setiadi, N. (2013). Perilaku Konsumen “Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta Timur: Prenada Media.
Sobandi. (2014). Manajemen Operasi. Mitra.
Solihin, I. (2012). Management Strategik. Erlangga.
Stanton, W. (2012). Prinsip Pemasaran. Erlangga.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.
Taufik, T., & Ayuningtyas, E. A. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Bisnis Dan Eksistensi Platform Online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(01), 21. https://doi.org/10.33370/jpw.v22i01.389
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa.Yogyakarta. C.V ANDI OFFSET Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ummi Kalsum Susanty, Tona Aurora Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.