HUBUNGAN ORIENTASI PERILAKU PEMIMPIN TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT DI KANTOR SUCOFINDO CABANG JAMBI DENGAN ‘TRUST’ SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR

Authors

  • Nurul Huda Branch Operation Support Officer 1 PT. Sucofindo Cabang Jambi
  • Sry Rosita Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v11i04.16168

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara orientasi perilaku pemimpin dan employee engagement pegawati PT.Sucofindo (Persero) Cabang Jambi melalui trust. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kuisioner sebagai teknik pengumpulan data dan software partial least square (PLS) sebagai alat analisis data. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara orientasi perilaku pemimpin dengan employee engagement, orientasi perilaku pemimpin dengan trust, trust dengan employee engagement, dan hubungan yang positif dan signifikan juga ditemukan pada hubungan orientasi perilaku pemimpin dan employee engagement melalui trust. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Sucofindo (Persero) Cabang Jambi harus dapat selalu meningkatkan gaya kepimimpinan yang memiliki orientasi dalam berperilaku serta dapat meningkatkan trust pegawai terhadap pemimpin itu sendiri maupun organisasi secara umum.

Kata Kunci: Orientasi perilaku pemimpin, employee engagement, trust, PT. Sucofindo (Persero) Cabang Jambi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anzalone, C. (2012). Differences between task-oriented leaders and relational-oriented leaders. Demand Media

Aurifeille, J. M., & Medlin, C. J. (2009). Dimensions of inter-firm trust: benevolence and credibility. Trust globalization and market expansion ISBN: 987-1-60741-812-2.

Erdem F (2014). Context-specific dimensions of trust in manager, subordinate and co-worker in organization. Journal of Arts and Humanities.

Gunarto, M. (2016). Pengaruh Orientasi Kepemimpinan, Motivasi dan Komunikasi Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Tengah. E-Journal Katologis 4(7) Hal 63-73.

Mattsson, L. G. (2003). Reorganisation of Distribution in Globalisation of Markets: The Dynamic Context of Supply Chain Management.Supply Chain Management: An International Journal, 8(5), 416-426

Northouse, P.G. (2015) Leadership: Theory and Practice. Sage Publications, Thousand Oaks.

Rüzgar, N. (2018). The Effect of Leaders’ Adoption of Task-Oriented or Relationship-Oriented Leadership Style on Leader-Member Exchange (LMX), In the Organizations That Are Active In Service Sector: A Research on Tourism Agencies. Journal of Business Administration Research. 7(1), 50-60. DOI:10.5430/jbar.v7n1p50

Sherwood, Concetta & Indiana. (2005). Task and Relationship- Oriented Trust in Leaders. Journal of Leadership and Organozatinal Studies 12(2).

Yoshino, M. Y., & Rangan, U. S. (1995).Strategic Alliances: An Entrepreneurial Approach to Globalization Boston, Massachusetts: Harvard Business School Press

Yukl, G. (2010). Leadership in Organizations. Upper Saddle River, NJ: Pearson.

Vorina, A., SimoniÄ, M., & Vlasova, M. (2017). An Analysis of the Relationship Between Job Satisfaction and Employee Engagement. Economic Themes. 55(2): 243-262. DOI:10.1515/ethemes-2017-0014

Downloads

Published

2022-12-10

How to Cite

Huda, N. ., & Rosita, S. . (2022). HUBUNGAN ORIENTASI PERILAKU PEMIMPIN TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT DI KANTOR SUCOFINDO CABANG JAMBI DENGAN ‘TRUST’ SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR . Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(04), 959-969. https://doi.org/10.22437/jmk.v11i04.16168

Most read articles by the same author(s)