PENGARUH MOTIVASI, KOMPETENSI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEBERHASILAN UMKM SALE PISANG PURWOBAKTI KABUPATEN BUNGO

Authors

  • Puput Nuryatimah Universitas Jambi
  • Dahmiri Dahmiri Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v10i03.13176

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Motivasi, Kompetensi SDM dan Efikasi Diri terhadap Keberhasilan UMKM Sale Pisang Purwobakti Kabupaten Bungo. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel diambil adalah seluruh pelaku UMKM sale pisang sebanyak 68 orang pemilik dan karyawan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan data sekunder dari berbagi sumber dan literatur. Pengolahan data menggunakan metode regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun secara simultan variable motivasi, kompetensi SDM dan efikasi diri terhadap keberhasilan Usaha Sale Pisang Purwobakti Kabupaten Bungo. Tanggapan responden terhadap pernyataan variabel motivasi yang paling rendah adalah kurangnya kemampuan dalam menghadapi persaingan bisnis, oleh karena itu maka disarankan untuk selalu belajar, selalu mencoba dan tidak berputus asa. Tanggapan responden pada variable kompetensi SDM paling rendah adalah kurangnya kemempuan memahami aturan pekerjaan, oleh karena itu disarankan agar selalu belajar, banyak bertanya, mengundang mentor, meminta arahan pihak pemerintah dan tokoh masyarakat. Tanggapan responden pada variable efikasi diri paling rendah adalah kesulitan mengatasi masalah dalam bisnis, oleh karena itu disarankan pelaku UMKM untuk banyak bertanya, meminta pengarahan pihak pemerintah dan tokoh masyarakat serta pengusaha yang sudah berhasil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Anggreyni, A. (2019). Pengaruh Karakteristik Wirausaha Dan Kompetensi Wirausaha Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Sentra Industri Boneka Warung Muncang Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia)

Astamoen, P. Moko. (2005). Enterpreneurship. Penerbit Alfabeta. Jakarta

Bandura, A, 1997. Self-efficacy mechanism in human agency. APA, USA Handoko, Hani. 1998. Manajemen : BPFE, Yogyakarta.

Gregory J. Feist. (2011). Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika.

Hasibuan, H, Melayu SP, 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Ketujuh, Edisi Revisi, Bumi Aksara, Jakarta

Hasendi (2013). “Pengaruh Motivasi terhadap Keberhasilan Usaha pada PengusahaTanaman Hias Mawar Potong Desa Chideung Bandung Baratâ€.

Hutapea, Parulian dan Nurianna Thoha, 2008, Kompetensi Plus: Teori, Desain, Kasus dan Penerapan untuk HR dan Organisasi yang Dinamis, Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Ie, M., & Visantia, E. (2013). Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi terhadap Keberhasilan Usha pada Pemilik Toko Pakaian di Pusat Grosir Metro Tanah Abang, Jakarta. Jurnal Manajemen Maranatha, 13(1).

M. Ridho Ashary (2018). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Petani Jeruk Di Kabupaten Karo Kecamatan Berastagi. Departemen Manajemen FEB USU.

Noor, Henry Faizal, (2007). Ekonomi Manajerial. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Rina Wahyuni Daulay dan Frida Ramadhini, 2013. “Efikasi Diri dan Motivasi Pada Keberhasilan Usaha pada Usaha Fotocopy dan Alat Tulis Kantor di Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natalâ€.

Sri Rejeki (2016). Pengaruh Motivasi Dan Efikasi Diri Terhadap Keberhasilan Usaha Kuliner Di Lingkungan Pajak Usu Padang Bulan Medan. Departemen Manajemen FEB USU

Sardiman. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Sugiyono, (2007). Metode Penelitian Bisnis. CV Alfabeta, Bandung.

Downloads

Published

2021-12-26

How to Cite

Nuryatimah, P. ., & Dahmiri, D. (2021). PENGARUH MOTIVASI, KOMPETENSI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEBERHASILAN UMKM SALE PISANG PURWOBAKTI KABUPATEN BUNGO. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(03), 485-496. https://doi.org/10.22437/jmk.v10i03.13176