KOMPETENSI DAN KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI YANG DIMEDIASI OLEH MOTIVASI KERJA (STUDI PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PERIZINAN TERPADU SATU PINTU (DPM-PTSP) PROVINSI JAMBI)

Authors

  • Muhammad Arif PNS Pada DPM-PTSP Provinsi Jambi
  • Sigit Indrawijaya Prodi Magister Manajemen FEB Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v10i02.13174

Keywords:

Kompetensi, Komunikasi Organisasi, Motivasi Kerja, dan Kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi dan komunikasi organisasi terhadap motivasi kerja dan kinerja pegawai, serta untuk menganalisis motivasi kerja terhadap kinerja pegawai. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai pada DPM-PTSP Provinsi Jambi yang berjumlah 147 orang. Ukuran atau jumlah sampel dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan teori yang dikembangkan oleh Slovin dengan nilai e = 5% sehingga diperoleh sampel sebanyak 107 orang. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dan menggunakan analisis data Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi dan komunikasi organisasi memiliki pengaruh terhadap kinerja pegawai, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui motivasi kerja. Hal ini menjelaskan bahwasanya jika DPM-PTSP Provinsi Jambi memiliki pegawai dengan kompetensi yang baik, serta didukung dengan adanya komunikasi organisasi yang berlansung secara efektif, maka hal ini akan meningkatkan motivasi pegawai dalam bekerja. Jika pegawai telah memiliki motivasi yang tinggi dalam bekerja, maka hal ini secara tidak langsung akan memberikan dampak pada hasil hasil kerja pegawai yang optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alam, S. (2014). Pengaruh Komunikasi, Motivasi, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan. e-Jurnal Katalogis, Volume 2, Nomor 1.

Anshari, H., Masjaya, H., dan Amin, H.J. (2014). Pengaruh Komunikasi Organisasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Bagian Sosial Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Administrative Reform, Vol. 2, No. 3.

Ardiansyah, D.O. (2016). Pengaruh Komunikasi Terhadap Kineraj Karyawan Dengan Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 3, No. 1.

Arni, M. (2015). Komunikasi Organisasi. Edisi 3, Cet. 12. Jakarta: Bumi Aksara.

Ataunur, I., dan Ariyanto, E. (2015). Pengaruh Kompeten dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Adaro Energy Tbk. Telaah Bisnis, Volume 16, Nomor 2.

Azwina, D., dan Yusuf, S. (2020). Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Gapa Citramandiri, Radio Dalam – Jakarta Selatan. Jurnal Disrupsi Bisnis, Vol. 3, No. 1.

Basori, M.A.N., Prahiawan, W., dan Daenulhay. (2017). Pengaruh Kompetensi Karyawan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi pada PT. Krakatau Bandar Samudra). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa (JRBMT), Vol. 1 (2).

Dessler, G. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Dhermawan, A.A.N.B., Sudibya, I.G.A., dan Utama, I.W.M. (2012). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja, Kompetensi, dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja pegawai di Lingkungan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan, Vol. 6, No. 2.

Ghozali, I. (2015). Structural Equation Modeling: Teori, Konsep dan Aplikasi dengan Program Lisrel 9.10, Edisi 4. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Goldhaber, Gerald M. (2006). Organizational Communication. Wm. C. Brown Publisher, Dubuque.

Hair, J.F., Tomas, G.M.H., Ringle, Christian M., dan Marko Sarstedt. (2017). Primer Partial Least Squares Structural Equation Modeling. Los Angeles: SAGE Publication.Ltd.

Hasibuan, M. S. P. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hutapea, P., dan Thoha, N. (2011). Kompetensi Plus. Jakarta: PT Gramedia.

Kartika, L.N., dan Sugiarto, A. (2014). Pengaruh Tingkat Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Administrasi Perkantoran. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Volume XVII, No. 1.

Maizar, J. (2017). Pengaruh Motivasi, Kompetensi Kerja dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Perkebunan Nusantara VI (Persero) Pasaman Barat. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi, Vol. 6, No. 2.

Mangkunegara, A. P. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Cetakan ke-2. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Mathis, R. L. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jilid 3, Jakarta: Salemba Empat.

Pace R. Wayne dan Faules Don F. (2013). Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Prakoso, T., dan Putri, Y.R. (2017). Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat. e-Proceeding of Management, Vol. 4, No. 2.

Purwanto, B.H., dan Soliha, E. (2017). Pengaruh Karakteristik Pekerjaan dan Kompetensi Terhadap Kinerja Melalui Komitmen Organisasional. Jurnal Manajemen, Volume XXI, No. 02.

Purwanto, S.B. (2013). Pengaruh Komunikasi, Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Proyek Pondasi Tower di Timor Leste PT Cahaya Inspirasi Indonesia). Jurnal Aplikasi Manajemen, Volume 11, Nomor 1.

Rande, D. (2016). Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Infomatika Kabupaten Mamuju Utara. e Jurnal Katalogis, Volume 4, Nomor 2.

Rivai, V. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Robbins, S.P & Judge, T.A. (2015). Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Salemba Empat.

Ruky, A. S. (2011). Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Sari, I., dan Nurdin. (2016). Pengaruh Komunikasi Internal Terhadap Motivasi Kerja Pegawai. Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. XXIII, No. 1.

Septiyani dan Sanny, L. (2013). Analisis Pengaruh Kompetensi Individu dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. PT. Beta Setia Mega. BINUS BUSINESS REVIEW, Vol. 4, No. 1.

Simamora, H. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi keempat, cetakan pertama. Yogyakarta: YKPN.

Sutrisno, E. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada Media Group.

Vesmagita, S. (2015). Pengaruh Komunikasi Organsasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Tetap pada PT. Mah Sing Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, Volume 1, Nomor 1.

Wibowo. (2014) Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Yuliana. (2017). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja karyawan Perusahaan pada PT Haluan Star Logistic. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, Vol. 17, No. 2

Downloads

Published

2022-06-15

How to Cite

Arif, M. ., & Indrawijaya, S. . (2022). KOMPETENSI DAN KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI YANG DIMEDIASI OLEH MOTIVASI KERJA (STUDI PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PERIZINAN TERPADU SATU PINTU (DPM-PTSP) PROVINSI JAMBI). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(02), 315-328. https://doi.org/10.22437/jmk.v10i02.13174

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>