PENGARUH SIKAP, MOTIVASI, EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA GENERASI Z KOTA MEDAN DALAM PANDANGAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v13i02.36608Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak sikap, motivasi, dan keyakinan diri terhadap minat berwirausaha di kalangan Generasi Z di Kota Medan dengan mempertimbangkan perspektif Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan survei untuk mengumpulkan data dari individu Generasi Z di Kota Medan. Data yang sudah di kumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik statistik seperti analisis regresi guna mengevaluasi hubungan antara sikap, motivasi, keyakinan diri, dan minat berwirausaha. Selain itu, akan diperoleh wawasan kualitatif melalui wawancara atau diskusi kelompok fokus untuk mendalami pengaruh prinsip-prinsip Islam terhadap aspirasi berwirausaha di kalangan Generasi Z. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam diskusi akademis dan implikasi praktis. Memahami peran sikap, motivasi, dan keyakinan diri dalam membentuk minat berwirausaha di kalangan Generasi Z dapat membantu pembuat kebijakan, pendidik, dan pengusaha dalam merancang strategi yang efektif untuk mempromosikan budaya berwirausaha dalam masyarakat. Selain itu, dengan mengintegrasikan perspektif Islam, penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang bagaimana nilai-nilai dan keyakinan agama mempengaruhi perilaku dan aspirasi berwirausaha, yang dapat memperkaya diskusi tentang kewirausahaan di masyarakat mayoritas Muslim seperti Indonesia.
Downloads
References
Darojah, Z., Didanul Quro’, M., Sunan, U., Surabaya, A., & Dewi, D. K. (2018). Peran Kewirausahaan Dalam Pertumbuhan Ekonomi Islam Di Indonesia. Jurnal Hukum Bisnis Islam, 8(2).
https://jurnal.pauddikmasjabar.my.id/index.php/damar/article/view/11.
Fiqih Hidayat Hasibuan, T., Fanny Meutia, Wirausaha Berbasis Pengetahuan, D., Berwirausaha. Universitas Medan Area.
Hasan, M., Shofa, N., Thaief, I., Ihsan, M., Ahmad, S., & Tahir, T. (2021). Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Bagaimana Pengetahuan Kewirausahaan Mempengaruhi Minat Berwirausaha Generasi Z melalui Efikasi Diri? 9(2), 300–313. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/EKU
Mega, N., & Virdianasari, A. (n.d.). Analisis Pengaruh Kreatif Dan Inovatif Di Dunia Bisnis Kewirausahaan Dalam Perspektif Ekonomi Islam. In Niqosiya: Journal of Economics and Business Research (Vol. 1, Issue 1).
Purnomo, A., Asitah, N., Rosyidah, E., Septianto, A., Daryanti, M. D., Firdaus, M., & Generasi, A. (n.d.). Generasi Z Sebagai Generasi Wirausaha. https://www.mckinsey.com/industries/consumer-
Syariful Anam, M., Yulianti, W., Afisa, I., & Ayu Safitri, N. (n.d.). FAKTOR Demografi Terhadap Minat Berwirausaha. In Jurnal Ilmu Manajemen (Vol. 9).
Utami, C. T. (2017). Self-Efficacy dan Resiliensi: Sebuah Tinjauan Meta-Analisis. Buletin Psikologi, 25(1), 54–65. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.18419
Widiati, A. (2021). Analisis Motivasi Berwirausaha Pada Generasi Milenial Di Kota Pontianak. 2(1), 71–81. http://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/jiseb
Zulianti, D., & M. Nawawi, Z. (2022). Pengaruh motivasi dan mental kewirausahaan terhadap minat mahasiswa manajemen untuk berwirausaha. Equivalent Jurnal Ilmiah Sosial Teknologi, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.46799/jequi.v4i1.69
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nia Safitri Br Tarigan, Muhammad Arif, Muhammad Lathief Ilhamy Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.