ANALISIS FAKTOR PERILAKU KONSUMSI TERHADAP KEPUTUSAN BOIKOT PRODUK ISRAEL : STUDI KASUS PADA GENERASI Z UNIMED

Authors

  • Rohaya Rohaya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Lathief Ilhamy Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Budi Dharma Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v13i03.36882

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumsi terhadap keputusan boikot produk Israel pada mahasiswa generasi Z di Universitas Negeri Medan (UNIMED). Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 5.360 mahasiswa, dan sampel sebanyak 98 mahasiswa dipilih menggunakan rumus Slovin dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang mencakup faktor-faktor seperti nilai religiusitas, demonstrasi (aksi massa), seruan agama (fatwa), aktivitas di media sosial, dan pengetahuan produk. Analisis data dilakukan menggunakan metode regresi linier dengan bantuan software SPSS versi 26.0 untuk melihat pengaruh variabel-variabel tersebut terhadap keputusan boikot produk Israel. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai dampak gerakan boikot terhadap perilaku konsumsi, serta mendorong kesadaran yang lebih besar tentang isu-isu kemanusiaan dan produk-produk yang masih berafiliasi dengan Israel

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aceh, D. S. (2017, Januari 14). Persatuan Umat Inti Ajaran Islam. p. 1.

Ahmad Bi Rahmani, N. (2016). Metode Penelitian Ekonomi. Febi UINSU Press,.

Assael. (n.d.). Consumer Behavio. Edisi Bahasa Indonesia . New Jersey : Prentice Hall Inc.

Aziz, R. (2019). The Influence of Religiosity on Consumer Behavior: A Study of Islamic Consumers. . Journal of Islamic Marketing, 300-3017.

Baker, A. (2010). On Islamic Branding: Brands as Good Deeds. On Journal of Islamic Marketing., 1, 101-106.

Barhate, B. &. (2022). Aspirasi Karier Generasi Z : Tinjauan Pustaka Sistematis. Jurnal Pelatihan dan Pengembangan Eropa, 139-147.

BDSmovement. (2015, July). Palestinian Civil Society Call for BDS. BDSmovement.

Beekun, R. I. (2005). Balancing Ethical Responsibility Among Multiple Organizational Stakeholders: The Islamic Perspective. Journal of Business Ethics, 60, 131-145.

Boyd, D. M. ( (2007) ). Social Network Sites: Definition, History, and Scholarship. Journal of Computer-Mediated Communication, 210-230.

Dekhil, F. H. (2017). Effect of Religiousity on the decision to participate in a boycott: the moderating effect of brand loyalty – the case of Cola-Cola. Journal of Islamic Marketing:, 8(2).

Dhamesta, B. S. (2000). Manajemen Pemasaran : Analisa Perilaku Konsumen. 9.

Dr. Nugroho J. Setiadi, S. M. (2019). Perilaku Konsumen Prespektif Konteporer Pada Motif Tujuan, dan Keinginan Konsumen. 23-63.

Eppinger, K. T. (2016). Product Design and Development. pp. 12-14.

Essoo, N. &. (2004). Religious influences on shopping behaviour: an exploratory study. Journal of Marketing Management, , 20, 683-712.

Essoo, N. &. (2004). Religious influences on shopping behaviour: An exploratory study. . Journal of Marketing Management, 683-712.

Fakriza, R. R. (2019, Februari ). Pengaruh Religiusitas Terhadap Boikot Dengan Loyalitas Merk Sebagai Variabel Moderasi Pada KFC Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 4, 206-216.

Fam, W. d. (2004). The Influence of Religion On Attitudes Toward The Advertising of Controversial Products . European Journal Of Marketing, 537-555.

Gbrielova, K. &. (2021). Generasi Z telah hadir : Generasi milenial sebagai Manager. Business Horizons, 489.

Hassan, M. H., & Noor, A. A. (2020). Mass Mobilization and Its Impact on Consumer Boycotts. Journal of Social and Political Studies, 45-60.

Jasper, J. ((1998)). The Emotion of Protest : Effective and REactive Emotion in And Around Social Moments. Kluwer Academic Publisher.

Kaplan, A. M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media. Business Horizons, 59-68.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons.

keller, K. (2008). Manajemen Pemasaran. CV Media SAINS INDONESIA.

Kotler, P. &. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.

Lim, W. M. (2015). Factors Influencing Online Shopping Behavior: The Mediating Role of Purchase Intention. Procedia Economics and Finance, 401-410.

Mahmud, S. (2018). The Role of Religious Edicts in Shaping Consumer Behavior. Journal of Islamic Studies, 123-139.

Marliyah, M. D. (2024). Distributing Zakatu Kasbil ’Amal as an Alternative to Student Funding. Evidence in Indonesia’s Universities. F1000Research, 185. doi:https://doi.org/10.12688/f1000research.144610.1

Marliyah, Y. M. (2022). Islamic Integrative Approach as Survey Model. Indonesian Journal of Islamic Literature and Muslim Society, 17–32. doi:https://doi.org/10.22515/islimus.v7i1.5406

McCrindle, M. &. (2019). Memahami Generasi Z: Merekrut, melatih, dan memimpin generasi berikutnya. McCrindle Research Pty Ltd.

MUI. (2023, November 10). FATWA TERBARU MUI NOMOR 83 2023 : MENDUKUNG AGRASI ISRAEL KE PALESTINA HUKUMNYA HARAM. p. 1.

Raihan Sultani Matondang, Annio Indah Lestari Nasution. (2024, April 24). DAMPAK BOIKOT TERHADAP ANJLOKNYA HARGA SAHAM PT. UNILEVER. AL-Mashrafiyah, 8, 44.

Saputri, M. E. (2016, Agustus). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Online Produk Fashion Pada Zalora Indonesia. Fakultas dan Komunikasi Bisnis, 15.

Smith, N. C. (2013). Millennial Marketing: How to Sell, Engage, and Connect with Generation Y. .

Snow, D. A. (2007). The Blackwell Companion to Social Movements. . Blackwell Publishing.

Sugiyono, D. P. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sumarwan, U. (2003). Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran.

Surya, B. (2022). Consumer Knowledge and Its Influence on Product Boycotts. . Journal of Business Research, 200-215.

Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Cetakan ketiga. 48-49.

Umi Kalsum, Z. Z. (2024, 01 14). Strategi Ketua Jurusan PAI Kampus Universitas Ahmad Dahlan dalam Mengembangkan Kampus Merdeka untuk Mutu Lulusan. Journal of Education Research, 5(1), 76-83. doi:https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.764

Vristiyana, D. (2019). Pengaruh Pengetahuan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Ilmiah Manajemen, 123-130.

Wijaya, T. (2021). The Impact of Social Media on Boycott Movements: A Review. International Journal of Communication, 120-135

Downloads

Published

2024-09-11

How to Cite

Rohaya, R., Nasution, M. L. I. ., & Dharma, B. . (2024). ANALISIS FAKTOR PERILAKU KONSUMSI TERHADAP KEPUTUSAN BOIKOT PRODUK ISRAEL : STUDI KASUS PADA GENERASI Z UNIMED. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 13(03), 1036-1050. https://doi.org/10.22437/jmk.v13i03.36882