PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KINERJA BISNIS LAUNDRY DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI INTERVENING
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v13i03.32175Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh hubungan Orientasi Kewirausahaan, Kualitas Pelayanan, Keunggulan Bersaing, dan Kinerja Bisnis, khususnya dalam lingkup industri laundry yang ada di Desa Sungai Duren, Desa Mendalo Indah dan Desa Mendalo Darat. Fokus penelitian ini adalah untuk mengkaji sejauh mana Orientasi Kewirausahaan dan Kualitas Pelayanan mempengaruhi Kinerja Bisnis melalui fungsi mediasi Keunggulan Bersaing di dalam konteks bisnis laundry. Metode penelitian bersifat kuantitatif dengan mengumpulkan data survei dari sejumlah sampel usaha laundry yang berjumlah 41 responden berdasarkan jumlah laundry yang ada di objek penelitian. Pendekatan analisis yang digunakan melibatkan pemodelan persamaan struktural untuk mengevaluasi dampak secara langsung maupun tidak langsung antara variabel-variabel yang terlibat menggunakan SEM PLS 4.2. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari Orientasi Kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing yang mengindikasikan bahwa bisnis dengan tingkat Orientasi Kewirausahaan yang tinggi lebih mungkin mencapai keunggulan kompetitif. Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh positif terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Bisnis. Keunggulan Bersaing dapat memediasi Orientasi Kewirausahaan,dan Kualitas Pelayanan terhadap Kinerja Bisnis laundry, hal ini menegaskan mengembangkan pola pikir kewirausahaan dan memberikan layanan berkualitas tinggi merupakan langkah penting untuk meningkatkan keunggulan kompetitif, yang pada akhirnya akan mempengaruhi kinerja keseluruhan bisnis laundry di Desa Sungai Duren, Desa Mendalo Indah dan Desa Mendalo Darat.
Downloads
References
Aulia, R., Astuti, M., & Ridwan, H. 2019. Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. Vol. 20 No.1. 20 November 2020. http://doi.org/10.30596/jimb.v20i1.2397
Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.
Renika Cipta. Jakarta.
Apriliani O. DR. A. 2018. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Empiris UMKM Batako Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo). Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNISIQ, 5(1), pp. 61-71. https://doi.org/10.32699/ppkm.v5i1.450. Diakses pada 5 Februari 2021.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Lampung Timur. Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Lampung Timur Menurut Lapangan Usaha 2015-2019. Lampung Timur: Badan Pusat Statistik Kabupaten Lampung Timur, 2020
Dahmiri, D., Junaidi, J., Johannes, J., Yacob, S., & Indrawijaya, S. (2024). The impact of market orientation on marketing performance: exploring the moderating role of competitive advantage. Business: Theory and Practice, 25(1), 164-174.
Darmanto., Wardaya, F.X.S., & Sulistyani, L. 2018. Strategi Orientasi Pemasaran dan Kinerja Organisasi UMKM. Deepublish. Hal.94.
Dewi, Ni M. P & Ekawati. Ni W. 2017. Peran Keunggulan Bersaing Dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran. E- Journal Manajemen Unud. Vol. 6. No. 9. 8 Maret 2021. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/31676.
Digdowiseiso, K. 2017. Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Lembaga Penerbitan Universitas Nasional. Jakarta.
Hidayat., C. 2015. Pengukuran Orientasi Pasar Pada Jenis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Binus Business Review. Vol 6 No 2.
Hanfan., A. & Gunistiyo. 2019. Manajemen Pemasaran Membangun Kinerja Pemasaran UMKM. Indonesian Research Society (IRS). Semarang.
Hartanty, I. T, Ratnawati. A. 2013. Peningkatan Kinerja Pemasaran Melalui Optimalisasi Keunggulan Bersaing. EKOBIS. Vol. 14, No.2.
Haryanto. A. T., Dewi. S. N., & Triono. BRM. S. 2019. Pemasaran dan keunggulan Bersaing (Studi Perusahaan Finance di Wonogiri). Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis. Vol. 7 No. 2.
Jayaningrum. E. & Sanawiri. B. 2018. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran (Studi Pada Kuliner Kafe Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 54 No.1.
Manambing. A., Mandey. S., & Tielung. M. V.J. 2018. Analisis Orientasi Pasar dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus UMKM Kuliner Tinutuan di Manado). Jurnal EMBA. Vol. 6 No. 4.
Meryana, E. (28 Maret 2012). Tiga Hal Yang Membuat UMKM Tahan Krisis.https://amp.kompas.com/ekonomi/read/2012/03/28/1109374/Tiga.H a l.Yang.Buat.UMKM.Tahan.Krisis. Diakses 7 Maret 2020.
Merakati, I., Rusdarti., & Wahyono. 2017. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Orientasi Kewirausahaan Melalui Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Of Economic Education. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jeec/article/view/19297.
Mustika, D.A., Wahyuni. S., & Widodo. J. 2018. Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Pada Sentra Industri Kerajinan kayu Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar). Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol 13 No. 2. E-ISSN 25487175.
Narastika, A.A.,R., & Yasa, N.,N.,K. 2017. Peran Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 7 No. 1. 8 maret 2021. http://jurnal.unmas.ac.id/index.php/JUIMA/article/view/639.
Nuvriasari., A., Wicaksono. G., & Sumiyarsih. 2012. Peran Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan dan Strategi Bersaing Terhadap Peningkatan Kinerja UKM. Jurnal Ekonomi dan Keuangan. Vol. 19 No. 2.
Oktavinus, Zaid. S., & Yusuf., H. 2019. Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran Pengolahan Rumput Laut di Wakotabi. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako. Vol.5 No. 2. ISSN : 2443-1850.
Pattipeolohy, V. R. 2018. Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing : Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Usaha Nasi Kuning di Kelurahan Batu Meja Kota Ambon). Jurnal Maneksi. Vol.7 No.1. https://doi.org/10.31959/jm.v7i1.78. Diakses pada 16 September 2020.
Pertiwi.,Y.,D & Siswoyo.,B.,B. 2016. Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Kripik Buah Di Kota Batu.
Prambaudy. K. & Astuti. M. 2019. Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Kuliner. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol. 4 No.1.
Ranto, D.W.P. 2016. Pengaruh Orinetasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UMKM Bidang Kuliner Di Yogyakarta. JMBA.Vol 3 No.2 . http:// jurnal.amaypk.ac.id/index.php/jbma/article/view/45. Diakses pada 15 Desember 2020.
Samsul. H., Arifin. R., & ABS. khoirul. M. 2017. Vol. 06 No.02 http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/438. Diakses pada 24 Februari 2021.
Sarwono, J. 2006. Metode Penelitian Kauantitatif & Kualitatif. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Setiawan, H. 2012. Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Teknologi dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Songket Skala Kecil di Kota Palembang. Jurnal Orasi Bisnis. Edisi-II, h: 12-19.
Shinta, A. 2011. Manajemen Pemasaran. UB Press. Malang.
Siregar, S. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Kencana Prenadamedia Group. Jakarta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kauntitatif. Alfabeta. Bandung.
Wirawan, Y.R. 2017. Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Batik di Kabupaten Jombang. Equilibrium. Vol. 5 No.1. Hal 56-69. 22 November 2020. http://doi.org/10.25273/equilibrium.v5i1.1006
Zulkarnain, M. & Mukarramah. 2019. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja UMKM Sektor Makanan dan Minuman. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis. Vol. 7 No.2. 16 September 2020. https://doi.org/10.30871/jaemb.v7i2.1675
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahman Dwiyatma, Sigit Indrawijaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.