LEARNING ORGANIZATION TEORY, MOTIVASI KERJA, KOMITMEN ORGANISASI, DIMODERASI KAPASITAS INOVASI DAN KEPUASAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KEJARI BATANG HARI

Authors

  • Muhammad Fadly Hasibuan Universitas Jambi
  • Sigit Indrawijaya Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v12i01.18370

Abstract

Penelitian ini menganalisa Learning Organization Teory, Motivasi Kerja, Komitmen  Organisasi, Di Moderasi Kapasitas Inovasi dan Kepuasan Terhadap Kinerja Pegawai di Kejari Batanghari sebagaimana salah satu tugas dari kejaksaan sebagai pelayan publik harus terus berinovasi dan belajar untuk lebih baik sehingga terjamin kepastian hukum untuk masyarakat dan kondisi saat ini masyarakat masih menganggap institusi hukum dalam hal ini kejaksaan masih belum mampu berdampingan dengan baik dengan masyarkat dan masih terdapat anggapan bahwa kejaksaan institusi yang dekat dengan kekuatan elit saja dan pelayanan yang  berkatian dengan pendampingan hukum, konsultasi hukum hanya untuk sekmen tertentu tentunya hal ini menuntuk pegawai dikejasaan untuk terus berbenah dan mereformasi diri untuk menjadi lebih baik dalam penelitian ini penulis mencoba mendesain model pengembangan organsisasi dengan mengunakan pendekatan learning organization yang mana memberikan gambaran bahwa organisasi baik itu swasta dan pemerintah harus mampu belajar dan menyesuaikan diri dengan kondisi dan mampu berinovasi untuk memajukan dan meningkatkan kinerja organisasi.   Penelitian ini mengadopsi desain penelitian inferensial. Penelitian ini merupakan penelitian cross-sectional survei karena data dalam penelitian ini dikumpulkan pada satu titik waktu dari  Sampel pada penelitian ini adalah seluruh Pegawai yang ada di Kejasaan Negeri Batang hari dengan  sample sebanyak 89 orang . dan penelitian ini mengunakan structural equation modeling (PLS-SEM) untuk menganailisis data

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anoraga, P. (2009). Psikologi kerja.

Arshadi, N., & Hayavi, G. (2013). The effect of perceived organizational support on affective commitment and job performance: mediating role of OBSE. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 84, 739-743.

Baker, W. E., & Sinkula, J. M. (1999). The synergistic effect of market orientation and learning orientation on organizational performance. Journal of the academy of marketing science, 27(4), 411-427.

Bakker, A. B., Demerouti, E., & Lieke, L. T. (2012). Work engagement, performance, and active learning: The role of conscientiousness. Journal of vocational behavior, 80(2), 555-564.

de Weerdâ€Nederhof, P. C., Pacitti, B. J., da Silva Gomes, J. F., & Pearson, A. W. (2002). Tools for the improvement of organizational learning processes in innovation. Journal of workplace learning.

Fiol, C. M., & Lyles, M. A. (1985). Organizational learning. Academy of management review, 10(4), 803-813.

Gozhali, I. (2006). Multivariate Analysis Using SPSS.

Hair J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2017). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). Sage Publications.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010), Multivariate data analysis: a global perception. Pearson, Upper Saddle River, NJ

Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2-24.

Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A new criterion for assessing discriminant validity in variance-based structural equation modeling. Journal of the academy of marketing science, 43(1), 115-135.

Huber, G. P. (1991). Organizational learning: The contributing processes and the literatures. Organization science, 2(1), 88-115.

Kim, S. (2009). IT Employee Job Satisfaction in the Public Sector. International Journal of Research in Economics dan Social Sciences, 1(2), 11-24.

Madjid, M. (2016). Pengaruh Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) dan Kemampuan Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Morowali. Katalogis, 4(8).

Porter, L. W., Bigley, G. A., dan Steers, R. M. (2003). Motivation and Work Behaviour (7th ed.). New York: McGraw-Hill, Inc.

Ringle, C. M., Sarstedt, M., Mitchell, R., & Gudergan, S. P. (2018). Partial least squares structural equation modeling in HRM research. The International Journal of Human Resource Management, 1-27.

Sarstedt, M., Ringle, C. M., Cheah, J. H., Ting, H., Moisescu, O. I., & Radomir, L. (2019). Structural model robustness checks in PLS-SEM. Tourism Economics, 1354816618823921.

Senge, P. M. (1990). The Fifth Discipline (London, Century Business).

Slater, S. F., & Narver, J. C. (1995). Market orientation and the learning organization. Journal of marketing, 59(3), 63-74.

Sinkula, J. M. (1994). Market information processing and organizational learning. Journal of marketing, 58(1), 35-45.

Taghipour, A., & Dejban, R. (2013). Job performance: Mediate mechanism of work motivation. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 84, 1601-1605.

Volberda, H. W. (1996). Toward the flexible form: How to remain vital in hypercompetitive environments. Organization science, 7(4), 359-374.

Worrell T. G. (2004). School Psychologists’ Job Satisfaction: Ten Years Later. Virginia Polytechnic Institute and State University .

Downloads

Published

2023-03-28

How to Cite

Hasibuan, M. F. ., & Indrawijaya, S. . (2023). LEARNING ORGANIZATION TEORY, MOTIVASI KERJA, KOMITMEN ORGANISASI, DIMODERASI KAPASITAS INOVASI DAN KEPUASAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KEJARI BATANG HARI. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 12(01), 194-208. https://doi.org/10.22437/jmk.v12i01.18370

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>