STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH SEKTOR KOMODITAS BUAH PINANG DI PROVINSI JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v12i03.22630Abstract
UMKM di Indonesia saat ini telah menyumbang banyak untuk pertumbuhan ekonomi. Salah satunya UMKM di sektor Komoditas, terutama Komoditas Buah Pinang di Provinsi Jambi. Komoditas Buah Pinang merupakan salah satu UMKM yang sedang banyak di geluti oleh masyarakat. Akan tetapi, perkembangan usaha komoditas ini hanya meningkat di pasar ekspor dimana komoditas ini dikelola hanya sebatas bahan baku saja di Indonesia. Kerap masih banyak permasalahan yang terjadi pada komoditi buah pinang ini serta masih banyak yang butuh di kembangkan dalam segi produksi. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengupas apa saja permasalahan yang terjadi pada UMKM komoditas buah pinang di Provinsi Jambi, dan apa saja strategi yang dapat dilakukan guna mengembangkan UMKM sektor komoditas buah pinang. Penelitian ini menggunakan mixed method dengan pendekatan Business Model Canvas dikombinasikan dengan Analisis SWOT dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix), sehingga akan menghasilkan strategi yang mapan dan mumpuni. Hasil dari identifikasi BMC pada pelaku saat ini menunjukkan pada tahap Grow & Build, dan hasil dari Analisa SWOT pada penelitian menghasilkan 9 strategi alternative yang diantaranya adalah memperluas Pangsa Pasar, meningkatkan kualitas produksi dengan memanfaatkan teknologi, inovasi produk harus lebih dikembangkan, perbaikan pada manajemen keuangan, mengembangkan skill dalam bernegosiasi dengan pembeli, mempertahankan hubungan baik dengan mitra, kolaborasi dengan pesaing, mempunyai sarana promosi khusus dan membangun koneksi dengan pemerintah serta dinas terkait untuk pembinaan pasar ekspor. Berdasarkan hasil dari 9 strategi tersebut, dihasilkan strategi yang menjadi prioritas utama yaitu membangun koneksi dengan pemerintah serta dinas terkait untuk pembinaan pasar ekspor dengan nilai TAS (Total Attractive Score) sebesar 5,762 menurut perhitungan dari QSPM.
Downloads
References
Ambarwati, T., & Fitriasari, F. (2021). Nilai-Nilai Kewirausahaan Dan Komitmen Berwirausaha Terhadap Kinerja UMKM dengan Strategi Bisnis Sebagai Moderasi. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 44–56. https://doi.org/10.26905/jbm.v8i1.5198
Armiani, A., Basuki, B., & Suwarno, N. (2021). Teknologi Digital Memediasi Dampak Strategi Bisnis Terhadap Kinerja Umkm Di Nusa Tenggara Barat. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 5(3), 300–320. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2021.v5.i3.4892
Astutik, E. D., Silalahi, C. F., Azizah, A. I., Nur, E., Gista, S. Al, & Alfarizi, R. (2021). Strategi Bisnis “Cejedw Frozen Food†Pada Masa Pandemi Covid-19. Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 5(1), 14–29.
BPS. (2019). Volume dan ekspor pinang menurut negara tujuan. https://jambi.bps.go.id/dynamictable/2019/08/20/1129/nilai-ekspor-pinang-menurut-negara-tujuan-utama-2005-2015.html
Candraningrat, Yurisma, D. Y., & Mujanah, S. (2021). Pengembangan Strategi Bisnis Melalui BMC (Business Model Canvas) dan Strategi Pemasaran Bagi UMKM Sari Delight Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 17–24.
David, F. R. (2011). Strategic Management: Concepts and Cases (13th ed.). Pearson Education.
David, F. R., & David, F. R. (2017). Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts and Cases (16th Editi). Pearson Education.
Elvitriadi, Z. A. R. (2020). Strategi Pengembangan Agribisnis Pt. Mitra Kerinci. Jurnal Mirai Managemnt, 6(1), 2597–4084.
Figueiredo, J. M. de, Lenox, M., Oberholzer-Gee, F., & Bergh, R. G. Vanden. (2016). Advances in Strategic Management: Strategy Beyond Markets (34th ed.). Emerald Publishing Limited.
Herawati, N., Lindriati, T., & Suryaningrat, I. B. (2019). Penerapan Bisnis Model Kanvas dalam Penentuan Rencana MANAJEMEN USAHA KEDELAI EDAMAME GORENG. Jurnal Agroteknologi, 13(01).
Irmayani, Purnama, D., Arman, & Ilmi, N. (2019). Strategi Pengembangan Komoditi Lokal Buah Naga berbasis Agribisnis di Kabupaten Soppeng ( Local Commodity Development Strategy Dragon Fruit-based Agribusiness in Soppeng District ). Jurnal Agribisnis Perikanan, 12(1), 126–135. https://doi.org/10.29239/j.agrikan.
Khair, O. I., Widiatmoko, C., & Simarmata, R. P. (2022). ANALISIS UU CIPTA KERJA DAN KEMUDAHAN BERUSAHA BAGI UMKM. Jurnal Ilmiah Indonsia, 7(8.5.2017), 2003–2005.
Mahfud, T., & Mulyani, Y. (2017). Aplikasi Metode QSPM ( Quantitative Strategic Planning Matrix ) ( Studi Kasus : Strategi Peningkatan Mutu Lulusan Program Studi Tata Boga ) agar mampu bersaing dengan Negara lain . Berdasarkan dari Human Development ( HDI ) yang dilakukan oleh UNDP pada t. Jurusan Perhotelan Politeknik Negeri Balikpapan, 1(1).
Osterwalder, A., Pigneur, Y., & Smith, A. (2010). Business model generation: A handbook for visionaries, game changers, and challengers (1st Editio). John Wiley & Sons, Inc.
Prayudi, D., & Yulistria, R. (2020). Penggunaan Matriks SWOT dan Metode QSPM pada Strategi Pemasaran Jasa Wedding Organizer : Studi Kasus pada UMKM Gosimplywedding Sukabumi. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 224–240.
Rangkuti, F. (2015). Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rosmadi, M. L. N. (2021). Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(1), 122–127.
Sarwono, H. A. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm). Bank Indonesia Dan LPPI, 1–135.
Sugiyono, P. D. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Penelitian Tindakan, Penelitian Evaluasi. Bandung: Alfabeta.
Utami, E. S., Aprilia, M. R., & Putra, I. C. A. (2021). Financial Literacy of Micro, Small, and Medium Enterprises of Consumption Sector in Probolinggo City. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 23(1), 10–17. https://doi.org/10.9744/jmk.23.1.10-17
Wilantara, R. F., & Susilawati. (2016). Strategi & Kebijakan Pengembangan UMKM. Bandung: Refika Aditama
.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Anjastanara Pasae, Sigit Indrawijaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.