Konstruksi model kooperatif tipe student teams achievement division pada pembelajaran apresiasi cerpen siswa kelas X SMA

Main Article Content

Sonya Trikandi
Teguh Supriyanto
Haryadi Haryadi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengkonstruksi model kooperatif tipe student team achievement division (STAD) sesuai identidifikasi masalah dan kondisi pembelajaran. Penelitian mengggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskripstif. Peneliti sebagai instrumen penelitian, data diperoleh dari proses pembelajaran dan dokumen pembelajaran, sedangkan sumber data yang peneliti gunakan yaitu sumber data sekunder dari berbagai jurnal, buku, dan media elektronik lainnya, uji validas yang digunakan yaitu triangulasi teori. Hasil penelitian mendeskripsikan kondisi dan permasalahan pembelajaran bawa apresiasi cerpen dilaksanakan hanya menganalisis unsur instrinsik dan ekstrinsik cerpen sehingga tidak sesuai dengan capaian pembelajaran. Dengan adanya konstruksi model kooperatif tipe STAD peserta didik melaksanakan kegiatan secara berkelompok dan diberikan lembar tugas atau kerja berupa tahapan apresiasi yang meliputi aspek emotif kegiatan mengenal permasalahan, kognitif kegiatan memahami unsur, dan evaluative kegiatan menilai dan menghargai cerpen.


This study aims to construct of the cooperative learning model, student team achievement division (STAD) type, in the context of short story appreciation teaching, highlighting the identified problems and current learning conditions. The research employs a qualitative method with a descriptive approach. The researcher acts as the research instrument, with data collected through observations of the learning process and analysis of instructional documents. The primary data sources are secondary data obtained from various journals, books, and electronic media. Data validity is tested using theory triangulation. The study's findings reveal that the current condition and issues in short story appreciation teaching focus solely on analyzing intrinsic and extrinsic elements of the stories, which does not fully meet the intended learning outcomes. By construct the STAD cooperative model, students engage in group activities and are provided with worksheets that include stages of appreciation, covering emotive aspects (identifying issues), cognitive aspects (understanding story elements), and evaluative aspects (assessing and valuing short stories).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Trikandi, S., Supriyanto, T., & Haryadi, H. (2024). Konstruksi model kooperatif tipe student teams achievement division pada pembelajaran apresiasi cerpen siswa kelas X SMA. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 7(1). https://doi.org/10.22437/dikbastra.v7i1.36528
Section
Articles

References

Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih Diantara Lima Pendekatan. Yoggyakarta: Pustaka Pelajar.

Fatimah, dkk. 2022. Model-model Pembelajaran. Solok: Anggota Luar Biasa IKAPI Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim.

Gasong, Dina. 2019. Apresiasi Sastra Indonesia.Yogyakarta: Group Penerbitan CV Budi Utama IKAPI.

Ginting, R. H. B. (2023). Perbedaan Model Pembelajaran Jigsaw Dan Stad Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas V SDN Gugus Kartini. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 6140-6149.

Hertiavi, M. D., Langlang, H., & Khanafiyah, S. (2010). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Jurnal pendidikan fisika Indonesia, 6(1).

Hunaenah, E. (2018). Pembelajaran Apresiasi Cerpen Dengan Menggunakan Model Student Teams–Achievement Divisions (Stad) Di Smk Jaya Buana Kelas Xi (Doctoral Dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).

Jamilah, N., Mulawarman, W. G., & Hudiyono, Y. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif ‘POST’dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi untuk Siswa Kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1), 14-23.

Keputusan Kepala Badan Strandar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Nomor 033/H/KR/2022. Tentan Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jejang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulu Merdeka.

Lubis, R. H., & Nurelide, N. (2019). Kemampuan Apresiasi Sastra Siswa SMA di Kota Medan. MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu Kebahasaan dan Kesastraan, 17(2), 171-179.

Perwiradani, A. A. (2019). Peningkatan Keterampilan Menyimak Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Siswa Kelas Xi Bahasa Di Man Rejoso Peterongan Jombang. Journal Proceeding, 2(1).

Purwaningsih, L., Sudibyo, A., & Isnaini, H. (2023). Problematika pada Pembelajaran Apresiasi Sastra. Metonimia: Jurnal Sastra dan Pendidikan Kesusastraan, 1(2), 69-73.

Rohman, S. (2020). Pembelajaran cerpen. Jakarta: Bumi Aksara.

Rosdiana, R., Chodijah, S., & Ekowati, A. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Rissca Dalam Perkuliahan Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(1), 240-249.

Syihabuddin, M. A., & Amalia, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa MTS. Arif Sidomukti Gresik. Miyah: Jurnal Studi Islam, 18(1), 75-84.

Trianto, 2010. Mendesain Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher