Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Menulis Teks Prosedur

Authors

  • Juslina Ernawati MPBSI Universitas Jambi
  • Herman Budiyono
  • Kamarudin ,

DOI:

https://doi.org/10.22437/dikbastra.v1i1.5836

Abstract

Menulis adalah salah satu keterampilan bahasa yang sulit dikuasai oleh para siswa, sehingga model pembelajaran yang dibutuhkan tidak hanya mengajarkan konsep bahasa, tapi juga bisa mengasah ketrampilan berfikir siswa dengan menghadirkan beragam fenomena dalam kehidupan nyata manusia. digunakan sebagai topik atau masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran berbasis masalah di kelas X MAN Model Kota Jambi dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar penulisan teks prosedur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research / CAR). Lokasi penelitian yang dipilih adalah kelas X A, MAN Model Jambi dengan jumlah siswa 31 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, wawancara, dan prosedur tes teks tertulis. Analisis lebih lanjut mengenai proses kualitas data aplikasi model pembelajaran berbasis masalah dilakukan dengan arus reduksi data, penyajian data, dan diakhiri dengan kesimpulan, sedangkan data kualitas penulisan data menggunakan prosedur analisis dengan rumus rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran penulisan teks prosedur kelas X MAN Model Kota Jambi.

Writing is one language skill that is difficult for students to master, so that the learning model that is needed not only teaches the concept of language, but can also hone students' thinking skills by presenting various phenomena in real life. used as a topic or problem. This study aims to determine the application of problem-based learning in class X MAN Model City of Jambi in improving the quality of the process and learning outcomes of writing procedure texts. This research is a classroom action research (CAR). The chosen research location is class X A, MAN Model Jambi with 31 students. The instruments used in this study were observation sheets, interviews, and written text testing procedures. Further analysis of the process of data quality application of problem-based learning models is carried out with the flow of data reduction, data presentation, and concludes with a conclusion, while data quality writing data uses an average formula analysis procedure. Based on the results of the study it can be concluded that the application of problem-based learning models can improve the quality of the process and the results of learning the writing of procedure texts for class X MAN Model Jambi City.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-05-01 — Updated on 2018-05-01

Versions

How to Cite

Ernawati, J., Budiyono, H., & , K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Menulis Teks Prosedur. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 38-53. https://doi.org/10.22437/dikbastra.v1i1.5836