Hubungan Penalaran dengan Kemampuan Menulis Berita Siswa SMP Kota Jambi

Authors

  • Siti Khadijah SMK N 6 Tanjung Jabung Barat Jambi
  • Herman Budiyono Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/dikbastra.v1i2.9659

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji dan mendeskripsikan hubungan antara penalaran dengan kemampuan menulis berita pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 5 Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes, dokumentasi dan pengamatan. Instrumen penelitian yang digunakan ada dua yaitu instrumen penalaran dan instrumen kemampuan menulis berita. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah dengan uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis kerena peneliti ingin melihat hubungan penalaran dengan kemampuan menulis, uji statistik dalam penelitian ini juga dibantu dengan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya kemampuan bernalar yang baik, peserta didik mampu menulis berita dengan kritis dan kreatif.  

Kata kunci: Penalaran, kemampuan, menulis, berita

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-16

How to Cite

Khadijah, S., & Budiyono, H. (2020). Hubungan Penalaran dengan Kemampuan Menulis Berita Siswa SMP Kota Jambi. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(2), 1-19. https://doi.org/10.22437/dikbastra.v1i2.9659