Hubungan Penalaran dengan Kemampuan Menulis Berita Siswa SMP Kota Jambi

Main Article Content

Siti Khadijah
Herman Budiyono

Abstract

Abstrak


Tujuan dari penelitian ini untuk menguji dan mendeskripsikan hubungan antara penalaran dengan kemampuan menulis berita pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 5 Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes, dokumentasi dan pengamatan. Instrumen penelitian yang digunakan ada dua yaitu instrumen penalaran dan instrumen kemampuan menulis berita. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah dengan uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis kerena peneliti ingin melihat hubungan penalaran dengan kemampuan menulis, uji statistik dalam penelitian ini juga dibantu dengan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya kemampuan bernalar yang baik, peserta didik mampu menulis berita dengan kritis dan kreatif.  


Kata kunci: Penalaran, kemampuan, menulis, berita

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Khadijah, S., & Budiyono, H. (2020). Hubungan Penalaran dengan Kemampuan Menulis Berita Siswa SMP Kota Jambi. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(2), 1-19. https://doi.org/10.22437/dikbastra.v1i2.9659
Section
Articles