Pengaruh Kegiatan Literasi dalam Pembelajaran dan Kreativitas terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa SMA

Authors

  • Sheren Apregina Damanik Universitas Jambi
  • Herman Budiyono Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jambi
  • Hary Soedarto Harjono Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/dikbastra.v2i1.9719

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana pengaruh kegiatan literasi dalam proses pembelajaran dan kreativitas peserta didik dalam menulis cerpen. Desain dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan dua kelas subyek penelitian dengan tujuan membandingkan, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan dengan tes unjuk kerja dan melakukan kegiatan literasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan literasi memberikan pengaruh positif pada siswa dalam pembelajaran siswa dalam menulis cerpen. Hal ini dapat diidentifikasikan dari hasil pengujian statistik t-test. Dengan demikian, dapat dilihat bahwa kegiatan literasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen.

Kata Kunci: Literasi, pembelajaran, kreativitas, menulis, cerpen

Abstract

This study aims to see the extent of the influence of kterasi activities in the learning process and the creativity of students in writing short stories. The design and approach used in this study is the quantitative approach. In this study, researchers used two classes of research subjects with the aim of comparing, namely the experimental group and the control group. Collection techniques with performance tests and literacy activities. The results showed that literacy activities had a positive influence on student learning identified from the results of static test t -test. Thus, it can be seen that literacy activities can improve students' ability to write students in writing short stories. This can be a short story.

Keywords: Literacy, learning, creativity, writing, short stories

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-25

How to Cite

Damanik, S. A. ., Budiyono, H., & Harjono, H. S. . (2020). Pengaruh Kegiatan Literasi dalam Pembelajaran dan Kreativitas terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa SMA. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(1), 1-20. https://doi.org/10.22437/dikbastra.v2i1.9719

Most read articles by the same author(s)