Pengaruh Media Digital Storytelling terhadap Hasil Belajar Mahasiswa S-1 PBSI Universitas Jambi

Authors

  • Aliska Wulandari
  • Hary Soedarto Harjono Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jambi
  • Herman Budiyono Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jambi

Abstract

Abstrak

Perkembangan IPTEK membawa manusia pada kemajuan teknologi dan memudahkan penggunanya termasuk menggunakan media dan sumber belajar berbasis digital dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh, perbedaan hasil belajar, serta interaksi dari penerapan media Digital Storytelling (DST) terhadap hasil belajar mahasiswa S-1 PBSI Universitas Jambi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yakni kelas ekperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan tes dan angket motivasi. Teknik analisis data menggunakan SPSS 19 dan Anova dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan media DST terhadap hasil belajar mahasiwa S-1 PBSI Universitas Jambi, dan ada perbedaan hasil belajar pada kelompok mahasiswa motivasi tinggi dan rendah yang menggunakan media DST jika dibandingkan dengan kelompok mahasiswa yang memiliki motivasi tinggi dan rendah namun dalam pembelajaran tidak menerapkan media DST.

 

Kata kunci: media, digital storytelling, belajar

Abstract

The development of science and technology makes us the development of technology and facilitates its users including using media and digital-based learning sources in the learning process. This study aims to know the effect, difference, and interaction of student learning, and  of the implementation of digital storytelling media (DST) to the learning outcome of the Digital Storytelling medium (DST) to the student's learning output of the PBSI University Jambi. The method of used is the method of experiment. This study involves two class, the class of experiment and the class of control. The research of instrument uses test and carrier of motivation. Techniques of data analysis was using the SPSS 19 and ANOVA two-path. This study shows a significant effect of the application of DST media to the results of the study of the S-1 PBSI University of Jambi, and there is a difference in learning outcomes in the high-level student of high school and low-quality which uses DST, when compared with students who have high motivation and low motivation but in learning does not apply DST Media.

 

Key words: media, digital storytelling, study

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-25