Persepsi Siswa Kelas VIII Terhadap Pendekatan Saintifik dalam Materi Teks Eksplanasi di SMPN 7 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • Ririn Ezalika Universitas Jambi
  • Hary Soedarto Harjono Universitas Jambi
  • Priyanto Priyanto Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/dikbastra.v3i2.20087

Abstract

Abstrak

___________________________________________________________________

Penelitian ini bertujuan untuk melihat persepsi siswa terhadap penerapan pendekatan saintifik kelas VIII D SMPN 7 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2018/2019 dalam materi teks eksplanasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa menggunakan pendekatan yang tepat dalam mengajar dapat menumbuhkan minat belajar siswa, metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil pada tanggal 25 pebruari sampai 28 pebruari 2019. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada siswa (sebagai data utama) dan wawancara dengan guru bidang studi Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjjukkan bahwa persepsi siswa terhadap pendekatan saintifik sangat bagus dan memiliki pengaruh yang kuat dalam pembelajaran, hal itu dibuktikan dengan hasil perhitungan uji validitas dengan skor 0,784 dan hasil uji reabilitas dengan skor 0,784. Kemudian hasil perhitungan data dilihat dari segi deskriptif kuantitatif yang menunjjukkan terdapat pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap persepsi siswa dengan skor 47,67 dan 42,43 < 0,05 (6, 314).

Kata kunci: persepsi siswa, pendekatan saintifik, materi teks eksplanasi

 Abstract

___________________________________________________________________

This research aim to to see perception of student to applying of scientific approach [of] class of VIII D SMPN 7 Muaro Jambi School Year 2018 / 2019 in text items of eksplanasi. This research [of] background by a phenomenon that using correct approach in teaching can grow enthusiasm learn student, method the used [is] quantitative method. This research [is] [done/conducted] [by] [at] anomalous semester on 25 pebruari until 28 pebruari 2019. Research data obtained by propagating enquette to student ( as especial data) and interview with Indonesian study area teacher. Result of research of that perception of student to scientific approach very good and have strong influence in study, that thing [is] proved with result of calculation of validity test with score 0,784 and result of test of reabilitas with score 0,784. Later;Then result of calculation of data seen from quantitative descriptive facet which [is] menunjjukkan there are influence of applying of scientific approach to perception of student with score 47,67 and 42,43 < 0,05 ( 6, 314).

Key Words: perception of student, scientific approach, text items of eksplanasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-10-04

How to Cite

Ezalika, R., Harjono, H. S., & Priyanto, P. (2020). Persepsi Siswa Kelas VIII Terhadap Pendekatan Saintifik dalam Materi Teks Eksplanasi di SMPN 7 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2018/2019. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(2). https://doi.org/10.22437/dikbastra.v3i2.20087