Analisis Unsur Pembentuk Iklan Layanan Masyarakat dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Iklan di SMP

Authors

  • Dewi Yunita Anggraini
  • Imam Suwardi Wibowo Universitas Jambi
  • Priyanto Priyanto Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/dikbastra.v3i1.17060

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur-unsur pembentuk iklan layanan  masyarakat di jalan raya Jambi-Muara Bulian KM 11-18 dan implikasinya terhadap pembelajaran iklan di kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Pembelajaran iklan di SMP Negeri 30 Muaro Jambi saat ini menggunakan sumber belajar berupa buku teks dan LKS. Dari kedua sumber tersebut siswa cenderung lebih memahami iklan komersil karena iklan komersil lebih banyak ditampilkan pada sumber belajar siswa. Sehingga siswa kurang dalam mendapatkan contoh iklan non komersil atau iklan layanan masyarakat. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun implikasi iklan layanan masyarakat di jalan raya Jambi-Muara Bulian KM 11-18 dilakukan peneliti berdasarkan KI dan KD materi iklan kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 12 iklan layanan masyarakat yang ada di jalan raya Jambi-Muara Bulian KM 11-18 memiliki unsur pembentuk iklan yang lengkap dan sesuai dengan kriteria iklan layanan masyarakat. Dari 12 iklan yang dianalisis, terdapat 2 iklan yang khusus ditujukan untuk masyarakat bukan usia sekolah dan untuk pekerja (kurang sesuai dengan karakteristik siswa). Hal ini diperoleh peneliti bersama guru bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi dengan mengajukan 20 pertanyaan pada lembar tanggapan yang berisikan kriteria iklan yang sesuai untuk peserta didik dan sesuai dengan KI dan KD pembelajaran iklan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 10 iklan layanan masyarakat yang berisi informasi, imbauan, larangan, dan peringatan tentang keselamatan berkendara, taat peraturan berlalu lintas, dan pencegahan kebakaran hutan dapat dijadikan sebagai referensi/sumber belajar pada pembelajaran iklan di kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Dengan penelitian ini, guru dapat memanfaatkan lingkungan sekitar siswa untuk dijadikan sebagai sumber belajar materi iklan. Dengan demikian, siswa dapat memperoleh sumber belajar yang mudah diakses oleh siswa pada pembelajaran iklan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif karena mendeskripsikan unsur pembentuk iklan layanan masyarakat yang meliputi sumber, pesan, media, penerima, efek, dan umpan balik pada iklan layanan masyarakat di jalan raya Jambi-Muara Bulian KM 11-18.

Kata Kunci: Iklan layanan masyarakat, pembelajaran iklan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-08-04

How to Cite

Yunita, D., Wibowo, I. S., & Priyanto, P. (2022). Analisis Unsur Pembentuk Iklan Layanan Masyarakat dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Iklan di SMP. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(1). https://doi.org/10.22437/dikbastra.v3i1.17060