Pengaruh Metode Sugesti Imajinasi dan Kreativitas terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IX SMP

  • Budi Teguh Harianto MPBSI Universitas Jambi
  • Hary Soedarto Harjono MTP Universitas Jambi
Keywords: pengaruh, metode, sugesti imajinasi, kreativitas, menulis puisi., effects method, imaginative suggestion, creativity, writing poetry

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji (1) pengaruh metode sugesti imajinasi terhadap keterampilan menulis puisi siswa, (2) pengaruh metode sugesti imajinasi terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa yang mempunyai kreativitas tinggi, (3) pengaruh metode sugesti imajinasi terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa yang mempunyai kreativitas rendah, (4) pengaruh kreativitas terhadap keterampilan menulis puisi siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, yang dilakukan dengan metode kuasi eksperimen melibatkan (3) variabel, yaitu metode sugesti imajinasi sebagai variabel bebas dan kreativitas siswa sebagai variabel antara, serta keterampilan menulis puisi sebagai variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian ini simpulannya adalah terdapat pengaruh signifikan metode sugesti imajinasi dan kreativitas siswa terhadap keterampilan siswa menulis puisi. Artinya pembelajaran dengan metode sugesti imajinasi yang digunakan pada kelas eksperimen lebih unggul daripada pembelajaran metode konvensional yang dilakukan pada kelas kontrol. Oleh karena itu, metode sugesti imajinasi lebih baik dari pada metode konvensional dalam meningkatkan keterampilan siswa menulis puisi.

his study aims to examine (1) the influence of imagination suggestion methods on students' poetry writing skills, (2) the influence of imagination suggestion methods on poetry writing skills on students who have high creativity, (3) the influence of imagination suggestion methods on poetry writing skills for students who have low creativity, (4) the influence of creativity on students' poetry writing skills. The approach used in this study is a quantitative approach, which is done by quasi-experimental method involving (3) variables, namely the method of imagination suggestion as an independent variable and student creativity as an intermediate variable, as well as poetry writing skills as dependent variables. Based on the results of this study the conclusion is that there is a significant influence on the method of suggestion of imagination and creativity of students on the skills of students writing poetry. This means that learning using the imaginary suggestion method used in the experimental class is superior to the conventional method of learning conducted in the control class. Therefore, the suggestion method of imagination is better than the conventional method in improving students' skills in writing poetry.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-18