Pengaruh Metode Sugesti Imajinasi Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX SMP

Authors

  • Tritin Retnosari

DOI:

https://doi.org/10.22437/dikbastra.v1i2.9661

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh metode sugesti imajinasi terhadap keterampilan menulis cerpen siswa, (2) pengaruh metode sugesti imajinasi terhadap keterampilan menulis cerpen pada siswa yang memiliki kreativitas tinggi, (3) pengaruh metode sugesti imajinasi terhadap keterampilan menulis cerpen pada siswa memiliki kreativitas rendah, dan (4) dampak kreativitas pada keterampilan menulis cerpen siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu yang melibatkan tiga variabel: metode imajinasi sugesti sebagai variabel independen, kreativitas sebagai variabel moderator, dan keterampilan menulis cerita pendek sebagai variabel dependen. Data dianalisis dengan analisis uji anova dua arah dan tukey. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh metode sugesti imajinasi terhadap keterampilan menulis cerpen siswa, (2) tidak ada pengaruh metode sugesti imajinasi terhadap keterampilan menulis cerpen pada siswa yang memiliki kreativitas tinggi, (3) ada pengaruh metode imajinasi saran terhadap keterampilan menulis cerpen pada siswa yang memiliki kreativitas rendah, dan (4) ada pengaruh kreativitas terhadap keterampilan menulis cerpen siswa.

Kata kunci: metode, sugesti, imajinasi, menulis, cerpen

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-16

How to Cite

Retnosari, T. (2020). Pengaruh Metode Sugesti Imajinasi Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX SMP. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(2), 34-43. https://doi.org/10.22437/dikbastra.v1i2.9661