Relevansi Karakter Tokoh Cerpen Majalah Bobo dengan Bahan Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran apresiasi sastra anak berkontribusi membentuk karakter, untuk itu diperlukan bahan ajar yang sesuai. Penelitian ini bertujuan mengetahui karakter tokoh dan teknik penyampaianya dalam cerpen Majalah Bobo edisi Januari-Desember 2015, serta relevansinya dengan bahan pembelajaran apresiasi sastra anak. Jenis penelitian adalah analisis konten. Objek penelitiannya adalah karakter yang terdapat dalam 12 cerpen Majalah Bobo. Instrumen penelitian adalah diri peneliti dengan alat bantu kartu data. Pengumpulan data menggunakan teknik baca dan catat. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan induksi komparasi, kategorisasi, tabulasi, dan pembuatan inferensi. Uji keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan serta reliabilitas keakuratan. Berdasarkan hasil penelitian, cerpen Majalah Bobo relevan untuk dijadikan bahan ajar pembelajaran apresiasi sastra anak.
Kata kunci: karakter tokoh, cerpen, Majalah Bobo.