Seloko Adat Perkawinan Masyarakat Melayu Bungo: Kajian Struktural-Semiotik

Authors

  • Ramaili Ramaili MPBSI Universitas Jambi
  • Maizar Karim Universitas Jambi
  • Nazurty Nazurty Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/dikbastra.v2i1.5839

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji (1) pengaruh metode sugesti imajinasi terhadap keterampilan menulis puisi siswa, (2) pengaruh metode sugesti imajinasi terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa yang mempunyai kreativitas tinggi, (3) pengaruh metode sugesti imajinasi terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa yang mempunyai kreativitas rendah, (4) pengaruh kreativitas terhadap keterampilan menulis puisi siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, yang dilakukan dengan metode kuasi eksperimen melibatkan (3) variabel, yaitu metode sugesti imajinasi sebagai variabel bebas dan kreativitas siswa sebagai variabel antara, serta keterampilan menulis puisi sebagai variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian ini simpulannya adalah terdapat pengaruh signifikan metode sugesti imajinasi dan kreativitas siswa terhadap keterampilan siswa menulis puisi. Artinya pembelajaran dengan metode sugesti imajinasi yang digunakan pada kelas eksperimen lebih unggul daripada pembelajaran metode konvensional yang dilakukan pada kelas kontrol. Oleh karena itu, metode sugesti imajinasi lebih baik dari pada metode konvensional dalam meningkatkan keterampilan siswa menulis puisi.

This study aims to examine (1) the influence of the imagination suggestion method on students' poetry writing skills, (2) the effect of the imagination suggestion method on poetry writing skills on students who have high creativity, (3) the influence of imagination suggestion method on poetry writing skills on students who have low creativity, (4) the influence of creativity on students' poetry writing skills. The approach used in this study is a quantitative approach, carried out by quasi-experimental methods involving (3) variables, namely imagination suggestion method as independent variables and student creativity as an intermediate variable, and poetry writing skills as dependent variables. Based on the results of this study the conclusion is that there is a significant effect of the method of suggesting imagination and creativity of students towards the skills of students writing poetry. This means that learning using the imagination suggestion method used in the experimental class is superior to conventional method learning carried out in the control class. Therefore, the imagination suggestion method is better than the conventional method in improving students' skills in writing poetry

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

— Updated on 2022-08-04

How to Cite

Ramaili, R., Karim, M., & Nazurty, N. (2022). Seloko Adat Perkawinan Masyarakat Melayu Bungo: Kajian Struktural-Semiotik. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(1). https://doi.org/10.22437/dikbastra.v2i1.5839