Meningkatkan keterampilan berbicara di depan kelas melalui penerapan model pembelajaran kepala bernomor pada siswa kelas 7 SMP
Main Article Content
Abstract
Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatkan kualitas hasil pembelajaran keterampilan berbicara siswa di depan kelas (menceritakan teks fantasi) siswa kelas VII SMP dengan penerapan model pembelajaran kepala bernomor. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) secara mixed methods. PTK dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Data dikumpulkan melalui metode observasi, kuesioner, wawancara, dan tes. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menghitung nilai prestasi siswa dalam tes mempresentasikan dan menceritakan kembali teks yang sudah dibaca. Data kualitatif digunakan untuk analisis proses tindakan, hasil peningkatan kualitas berbicara, yang terbangun sebelum dan setelah penerapan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebelum penerapan tindakan nilai rerata kelas siswa sebesar 50 dalam predikat kurang (K), pada siklus satu terjadi peningkatan nilai rerata siswa secara klasikal yaitu 55 dengan predikat Cukup (C), pada siklus dua nilai keterampilan berbicara siswa masih pada predikat cukup (C) tetapi terjadi peningkatan dari rata-rata 55 menjadi 67,5. Pada siklus tiga terjadi peningkatan secara siknifikan yaitu nilai perolehan siswa 72 dengan predikat baik (B). Faktor-faktor yang memengaruhi peningkatan berbicara siswa adalah seringnya latihan, motivasi yang diberikan kepada siswa dan penumbuhan rasa percaya diri terhadap siswa serta penerapan model pembelajaran kepala bernomor. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kepala bernomor dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa seperti terjadinya keaktifan siswa secara menyeluruh ketika proses pembelajaran dan terjadinya peningkatan nilai siswa setelah diadakannya latihan.
The purpose of the study was to determine how to improve the quality of learning outcomes of students' speaking skills in front of the class (telling fantasy text) of VII grade students of SMP N 5 Muaro Jambi Regency by applying the numbered head learning model. This research is a mixed methods classroom action research (PTK). The PTK was carried out in three cycles. Data were collected through observation, questionnaires, interviews, and tests. Quantitative data were analyzed by calculating students' achievement scores in the presentation and retelling tests. Qualitative data was used to analyze the process of action, the results of improving the quality of speaking, which was awakened before and after the implementation of the action. The results showed that (1) before the implementation of the action, the students' class average score was 50 in the predicate of less (K), in cycle one there was an increase in the class average score of 55 with the predicate of sufficient (C), in cycle two the value of students' speaking skills was still in the predicate of sufficient (C) but there was an increase from the average of 55 to 67.5. In cycle three, there was a significant increase, namely the student's acquisition value of 72 with a good predicate (B). Factors that influence the improvement of student speaking are frequent practice, motivation given to students and the cultivation of self-confidence in students as well as the application of the numbered head learning model. It can be concluded that the numbered head learning model can improve students' speaking skills such as the occurrence of overall student activeness during the learning process and the increase in student grades after training.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Arisandy, C., & Sapri, J. (2019). APPLICATION OF NUMBER HEADS TOGETHER
COOPERATIVE LEARNING MODELS TO IMPROVE LEARNING ACTIVITY AND ACHIEVEMENT. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 9(2), 142-150. https://doi.org/10.33369/diadik.v9i2.17442
Duilan, D. (2017). Peningkatan Keterampilan Bercerita Dengan Menggunakan Media
Boneka Tangan Pada Siswa Kelas IX. 1 SMP Negeri 3 Pujut Kab. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 2(2), 13-27. http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v2i2.206
Hapsari, A. E. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads
together berbantuan media interaktif untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 1-9. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p1-9
Hidayat, M. (2017). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Model
Kooperatif Tipe Structure Numbered Heads. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 145-159.https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i2.44
Hsb, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran dalam Pelajaran Bahasa
Indonesia. Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra, 8(2), 149-160.
Qalsum, U. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model
Pembelajaran Kooperatif dengan Tipe Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas VII.C SMP Datok Sulaiman Palopo pada Materi Teks Narasi (Cerita Imajinasi). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 6(1), 481-497. https://doi.org/10.30605/onoma.v6i1.255
Ramadhani, S., & Mandasari, E. (2019, February). Modifikasi Model Pembelajaran
Numbered Heads Together (NHT) Dengan Strategi Pembelajaran Tugas Dan Paksa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI (Vol. 2).
Rumanti, D., Rina, L., & Ismanto, B. (2019). Peningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar
Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together. Ecodunamika, 2(1).
Sanjaya, I. D. M. A. W., & Wedhanti, N. K. (2019). IMPROVING THE VOCABULARY
MASTERY THROUGH NUMBERED HEADS TOGETHER TECHNIQUE OF THE SEVENTH GRADE STUDENTS OF SMP N 5 BATURITI IN ACADEMIC YEARS 2015/2016. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris undiksha, 7(1), 22-31.
Setyonegoro, A. (2014). HAKIKAT, ALASAN, DAN TUJUAN BERBICARA (Dasar
Pembangun Kemampuan Berbicara Mahasiswa). Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2). Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/1451
Setyonegoro, A. (2015). PEMBELAJARAN BERBICARA BERBASIS MASALAH:
STRATEGI DAN PENDEKATAN SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(1). Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/2229
Suzatmi, S. (2018). MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS
PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 3 SIAK HULU PADA MATERI TEKS DESCRIPTIVE MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER PADA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 1987-2000.https://doi.org/10.31004/jptam.v2i3.191
Syahna, S. (2019). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN HASIL
BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII B SMPN 1 SEBERIDA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI POKOK CERITA FANTASI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1314-1326. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.355
Yanti, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT)
Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PAI di Kelas VIII. 4 SMPN 3 Pasir Penyu TP. 2016/2017. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 1037-1047. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i5.80
Yulanda, M. T., & Desyandri, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Number Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2596-2604.