Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia SMPN Kelas VII Berbasis Multimedia Aplikasi Microsoft Powerpoint

Authors

  • Nurul Khairiyah Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/dikbastra.v4i1.11791

Keywords:

artikel nurul

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses, keefektifan, dan penggunaan produk pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia SMPN kelas VII berbasis multimedia aplikasi microsoft powerpoint. Metode pengembangan yang digunakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analysis-Desain- Development-Implementation-Evaluation).

Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan dilakukan dengan tahapan, yaitu: 1) hasil validasi ahli materi validasi I sebesar 68,75% dengan kriteria baik, validasi II diperoleh hasil presentase 92,5% dengan kriteria sangat baik, 2) hasil validasi oleh ahli media dari validasi I sebesar 68,5% dengan kriteria baik, validasi II diperoleh hasil 85,9% dengan kriteria sangat baik; (2) Keefektifan bahan ajar bahasa Indonesia berbasis multimedia aplikasi microsoft powerpoint berdasarkan uji coba lapangan, meliputi uji coba guru diperoleh nilai 87,5 dengan kriteria sangat baik; (30 penggunaan bahan ajar ini meliputi: 1) uji coba lapangan kelompk kecil yaitu 10 siswa diperoleh hasil 91,6% dengan kriteria sangat baik, 2) uji coba kelompok besar dengan 25 siswa diperoleh hasil 93,3% dengan kriteria sangat baik.

Pengembangan ini telah membuktikan bahwa multimedia pembelajaran berbasis microsoft powerpoint pada mata pelajaran bahasa Indonesia sangat layak, sangat efektif, dan sangat baik. Berdasarkan hal tersebut, pengembang menyarankan kepada guru bahasa Indonesia agar menggunakan bahan ajar berbasis multimedia aplikasi microsoft powerpoint sebagai multimedia pembelajaran.

Kata kunci: Pengembangan, multimedia, Microsoft Powerpoint

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-02-02

How to Cite

Khairiyah, N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia SMPN Kelas VII Berbasis Multimedia Aplikasi Microsoft Powerpoint. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(1). https://doi.org/10.22437/dikbastra.v4i1.11791