Kemampuan Menulis Karangan Persuasi dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas VIII SMPN

Authors

  • CHOIRUNNISA
  • Larlen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jambi
  • Priyanto Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jambi

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis karangan persuasi dengan menggunakan media gambar siswa kelas VIII D SMPN 3 Kota Jambi Tahun Ajaran 2018/2019. Instrumen pada penelitian yang digunakan adalah tes unjuk kerja menulis karangan persuasi. Penilaian dalam penulisan karangan persuasi berdasarkan struktur  dan kaidah kebahasaan teks persuasi yakni adanya rangkaian argument, terdapat fakta-fakta, ajakan, serta penggunaan kata penghubung yang argumentatif. Selanjutnya siswa menulis karangan persuasi dengan menggunakan media gambar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah hasil karya dari kemampuan menulis karangan persuasi siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D sebanyak 33 orang siswa. Instrumen penelitian ini berupa instrument tes menulis karangan persuasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah hasil kerja siswa yang diteliti oleh dua penilai yaitu penilai 1 (guru bahasa Indonesia) dan penilai 2 (peneliti).

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan persuasi dengan menggunakan media gambar siswa kelas VIII D pada aspek menuliskan rangkaian argument mendapatkan nilai rata-rata 80, kemampuan menuliskan fakta-fakta mendapatkan nilai rata-rata 78, serta menuliskan ajakan mendapatkan nilai rata-rata 80, dan kemampuan penggunaan kaidah kebahasaan memperoleh nilai rata-rata 76.

 

Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan persuasi siswa kelas VIII D SMPN 3 Kota Jambi Tahun Ajaran 2018/2019 berada pada kategori mampu dengan nilai rata-rata 79 dari hasil keseluruhan aspek yang dinilai.

Berdasarkan hasil penelitian dan simpulan tersebut, disarankan kepada siswa kelas VIII D SMPN 3 Kota Jambi yang memiliki nilai di bawah rata-rata agar lebih sering berlatih menulis baik di sekolah atau pun di luar sekolah, lebih sering membaca dan mempelajari tentang kaidah kebahasaan. Saran untuk guru mata pelajaran bahasa Indonesia, sebagai pemegang peran pada kegiatan pembelajaran agar lebih memperhatikan dan meningkatkan kemampuan mengajar, lebih sering lagi menggunakan dan memvariasikan media pada saat mengajar, agar kegiatan belajar lebih menyenangkan lagi. Kepada peneliti lain supaya bisa menjadi pedoman dan perbandingan dalam melakukan penelitian yang berkaitan dengan penelitian ini.

 

Kata kunci: menulis, karangan, persuasi, media, gambar

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-06-25