Tindak Tutur Ilokusi Guru Bahasa Indonesia Kelas VIII A Smp Negeri 11 Muaro Jambi dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Eko Kusuma Dianto

DOI:

https://doi.org/10.22437/dikbastra.v4i1.17081

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis dan fungsi tindak tutur ilokusi yang digunakan guru bahasa Indonesia kelas VII A SMP Negeri 11 Muaro Jambi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini jenis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis data menghasilkan temuan jenis tindak tutur ilokusi guru bahasa Indonesia kelas VII A SMP Negeri 11 Muaro Jambi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia yang terjadi antara guru dan siswa sebanyak 19 jenis yaitu tindak ilokusi asertif. Fungsi tindak tutur ilokusi guru bahasa Indonesia kelas VII A SMP Negeri 11 Muaro Jambi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas terungkap sebanyak empat fungsi tindak tutur ilokusi guru bahasa Indonesia kelas VII A SMP Negeri 11 Muaro Jambi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia yakni (a) Kompetitif (competitive), (b) Menyenangkan (convivial), (c) Bekerja sama (collaborative), (d) Bertentangan (conflictive). Dari hasil penelitian disarankan kepada pemakai bahasa agar dapat memahami tindak tutur ilokusi terutama yang berimplikasi pragmatis tuturan supaya dapat berinteraksi dengan baik. Selanjutnya untuk pembelajaran disarankan agar guru memahami dan dapat menggunakan tindak tutur dalam berinteraksi, baik secara lisan maupun tulisan.

Kata kunci: Tindak tutur ilokusi, bahasa Indonesia.

 Abstract

___________________________________________________________________

The purpose of this study was to describe the types and function of illocutionary speech acts used by Indonesian language teachers in class VII A of SMP Negeri 11 Muaro Jambi in the Indonesian language learning process.  The method used in this research is descriptive type using a qualitative approach. Data analysis resulted in findings of the types of illocutionary speech acts of Indonesian language teachers in class VII A SMP Negen 11 Muaro Jambi in the Indonesian language learning process.  The function of the illocutionary speech acts of the Indonesian language teacher class VII A SMP Negeri 11 Muaro Jambi in the Indonesian language learning process in the classroom revealed as many as four functions of Jambi speech acts in the Indonesian language learning process, namely (a) Competitive (competitive, (b) Competitive, (c) Collaborative (sollaborative), d) Conflictive. From the results of the study, it is suggested that language users can understand documentary utterances, especially those with pragmatic implications for Supava's speech can interact well.  in interacting both orally and in writing.

Key words: Indonesian language locutionary acts, Indonesian language.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-02-02

How to Cite

Kusuma, E. (2022). Tindak Tutur Ilokusi Guru Bahasa Indonesia Kelas VIII A Smp Negeri 11 Muaro Jambi dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(1). https://doi.org/10.22437/dikbastra.v4i1.17081