Efektivitas Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal untuk Siswa SMA Kelas X

Authors

  • Sarmadan Sarmadan SMA PGRI 2 Kota Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/dikbastra.v4i2.17349

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  efektivitas bahan ajar bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal untuk siswa SMA kelas X. Metode dalam penelitian ini menggunakan Quest Experiment, dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design menggunakan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan uji hipotesis dengan perhitungan independent sample t-test diketahui rata-rata kenaikan kelompok eksperimen sebesar 21,81, sedangkan kenaikan kelas kontrol sebesar 17,12 sehingga dapat diketahui kenaikan skor hasil belajar kelas eksperimen lebih besar 4,69 dibandingkan dengan kelas kontrol. Diketahui juga nilai t  hitung sebesr 0,027 dengan signifikansi 0,000. Nilai t tabel dari db 2 adalah 2,92. Jadi dapat disimpulkan bahwa t tabel < t hitung (0,027 < 2,92) dan nilai signifikansinya kurang dari 0,05 (p = 0,000 < 0,05), jadi kesimpulannya terdapat perbedaan yang signifikan dalam peningkatan skor hasil belajar secara signifikan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.  Berdasar analisa tersebut terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan bahan ajar bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal dengan yang menggunakan bahan ajar bahasa Indonesia umum, sehingga pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal dari segi keefektivitasan bahan ajar lebih baik.

 

Kata Kunci: Efektivitas Bahan Ajar, Berbasis Kearifan Lokal

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-02

How to Cite

Sarmadan, S. (2022). Efektivitas Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal untuk Siswa SMA Kelas X. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(2). https://doi.org/10.22437/dikbastra.v4i2.17349