PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis puisi siswa, (2) pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa yang memiliki motivasi tinggi, (3) pengaruh pembelajaran model inkuiri terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa yang memiliki motivasi rendah, (4) pengaruh motivasi terhadap kemampuan menulis puisi siswa.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, yang dilakukan dengan metode kuasi eksperimen yang melibatkan 2 variabel yaitu model pembelajaran inkuiri dan motivasi belajar sebagai variabel independen (variabel bebas) dan kemampuan menulis puisi sebagai variabel dependen (variabel terikat). Penetapan sampel dengan teknik randoom sampling yaitu teknik pengambilan anggota sampel dari populasi tanpa memperhatikan strata yang ada pada populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket motivasi dan tes menulis puisi. Analisis data dilakukan dengan uji beda (t-test).
Hasil penelitian ini menunjukan (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis puisi siswa, (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis puisi siswa yang memiliki motivasi tinggi, (3) terdapat pengaruh yang yang signifikan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa yang memiliki motivasi rendah, (4) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi terhadap kemampuan siswa menulis puisi.
Berdasarkan hasil penelitian ini simpulan yang diambil adalah terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran inkuri dan motivasi belajar terhadap kemampuan siswa dalam menulis puisi. Penelitian ini telah membuktikan bahwa model pembelajaran inkuiri yang digunakan di kelas ekperimen lebih unggul daripada model pembelajaran konvensional yang diajarkan di kelas kontrol. Oleh karena itu, model pembelajaran inkuiri lebih baik daripada model konvensional dalam meningkatkan hasil belajar, maka peneliti menyarankan kepada guru Bahasa Indonesia di MTs/ SMP agar menggunakan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran menulis puisi.
Kata-kata kunci: model pembelajaran, inkuiri, motivasi , menulis puisi