Pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran teks fabel fiswa kelas VII SMP

Main Article Content

Ratna Intan
Haryadi Haryadi
Nas Haryati Setyaningsih

Abstract

Media pembelajaran berperan penting dalam proses pembelajaran sampai pada tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran. Dalam memilih media pembelajaran, guru perlu memperhatikan dengan saksama terkait kesesuaian dan ketepatan terhadap materi yang akan diajarkan. Media gambar menjadi salah satu pilihan alternatif untuk dijadikan media pembelajaran materi teks fabel kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran teks fabel dan tingkat ketercapaian pembelajaran dengan pemanfaatan media gambar di kelas VII B SMP N 2 Batang. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi terhadap subjek penelitian sebagai sumber data primer dan studi kepustakaan dari telaah berbagai literatur. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model mengalir (flow model of analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan pemanfaatan media gambar, yakni mampu dijadikan sebagai alat peraga yang sesuai dengan tujuan pembelajaran pada materi fabel, berperan sebagai bagian yang menyatukan pembelajaran, mempertajam isi dari teks fabel, dan membuat siswa lebih antusias dalam memhami teks fabel. Hasil penelitian terkait tingkat ketercapaian pembelajaran menunjukkan presentase sebesar 84,3% yang mengartikan bahwa mayoritas siswa telah mampu memahami materi pembelajaran melalui adanya pemanfaatan media gambar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Intan, R., Haryadi, H., & Setyaningsih, N. H. (2024). Pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran teks fabel fiswa kelas VII SMP. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 6(1). https://doi.org/10.22437/dikbastra.v6i1.17866
Section
Articles