ANALISIS PERAN NILAI KONSUMEN DALAM MEMEDIASI HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PRODUK, HARGA, INOVASI DAN MINAT PEMBELIAN PRODUK ECO-PRINTING
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v14i01.38206Abstract
Dalam beberapa tahun terakhir, ada peningkatan kesadaran konsumen terhadap dampak lingkungan. Minat beli konsumen mulai beralih pada produk-produk yang mengedepankan keberlanjutan salah satunya produk eco-printing. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis: (1). Pengaruh kualitas produk, harga dan inovasi terhadap minat pembelian produk ecoprinting, (2). Pengaruh kualitas produk, harga produk dan inovasi produk terhadap minat pembelian produk eco-printing dengan dimediasi oleh nilai konsumen, dan (3). Pengaruh nilai konsumen terhadap minat pembelian produk eco-printing. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah konsumen pengguna produk eco-printing. Sampel berjumlah 200 responden. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Modelling dengan alat analisis PLS3. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan inovasi dan harga produk terhadap nilai konsumen. Inovasi, harga produk dan nilai konsumen juga berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian. Namun kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai konsumen. Nilai memediasi dengan baik hubungan inovasi, harga, kualitas produk dan minat pembelian. Diharapkan model penelitian ini menghasilkan kajian teoritis dan empiris terkait model minat pembelian produk ramah lingkungan sehingga kajian ini dapat menjadi masukan bagi konsumen, pemasar, pelaku usaha, pembuat kebijakan dan akademisi sebagai referensi rujukan untuk penelitian selanjutnya
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yayuk Sriayudha, Yenny Yuniarti, Suswita Roza

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.