PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BISNIS PADA UMKM KERIPIK PISANG DHARMA JAYA
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v6i3.4255Abstract
Di indonesia UMKM berperan dalam pertumbuhan pembangunan dan ekonomi, Inovasi adalah hal yang sangat penting dalam mengembangkan suatu usaha, dimana sebuah produk ingin meningkatkan harga dan nilai jualnya, maka inovasi produk sangat dibutuhkan dalam hal ini. Di dunia yang semakin modern ini banyak sekali usaha yang sudah berkembang diindonesia, bukan hal aneh lagi apabila diindonesia ini sendiri banyak sekali usaha yang sudah berkembang berkat inovasi pada produk mereka sendiri.Inovasi produk itu sendiri sangat penting bagi sebuah usaha itu sendiri guna mencapai tujuan perusahaan dan loyalitas pelanggan.Salah satu usaha UMKM yang cukup berkebang di Propinsi Jambi adalah usaha keripik pisang Dhama Jaya yang terletak di kebun kopi kecamatan Jambi Selatan. Dharma Jaya Snack sudah berdiri sejak tahun 2006 dimana yang erupakan objek pada penelitian ini. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 100 konsumen bisnis yang membeli produk Dharma Jaya sedangkan variable yang diteliti adalah variable inovasi produk yang terdiri dari jenis produk, kualitas produk, macam model dan desain serta variable keputusan pembelian. dengan teknik pengambilan data menggunakan kuesiner.dan perhitungan hasil menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan Secara Simultan Inovasi Produkberpengaruh secara simultan terhadap keputusan Pembelian sebesar 41,3%dan 58,7 %Â dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.Secara parsial variabel yang memberikan pengaruh terbesar terhadap keberhasilan usaha adalah variable Jenis Produk dengan pengaruh sebesar 51,4 %
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 Novita Eka Sari, Suswita Roza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.