PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING (CRM) TERHADAP LOYALITAS NASABAH PT. BFI FINANCE JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v7i1.4568Abstract
Dewasa ini perkembangan jasa dirasakan mengalami peningkatan, hal tersebut di iringi oleh berkembangnya berbagai sektor jasa seperti jasa pembiayaan kendaraan (finance) baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.. Kebutuhan akan jasa pembiayaan ini semankin dibutuhkan masyarakat, pentingnya konsumsi akan jasa pembiayaan kendaraan tersebut makin dirasakan memiliki potensi yang besar dalam diri individu maupun dalam kegiatan usaha, dikarenakan jasa pembiayaan (finance) saat ini merupakan suatu pilihan yang baik dalam menghadapi berbagai resiko terutama dari sisi proses yang relatif lebih cepat dan mudah dibandingkan perbankan. Dalam penelitian ini perusahaan jasa pembiayaan yang akan diangkat untuk diteliti yaitu PT. BFI Finance Jambi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari Customer Relationship Marketing terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT.BFI Finance Jambi.Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi, wawancara dan kuisioner yang di susun penulis menegenai customer relationship marketing terhadap customer loyalty. Sedangkan Data sekunder adalah data yang di peroleh dari PT. BFI Finance dan diperoleh pula melalui literatur buku dan internet.Penelitian ini menganalisis pengaruh relationship marketing ((People (X1), Knowledge and Insight (X2), Process (X3), Technology (X4)) terhadap Customer Loyalty. Penelitian ini dilakukan di PT. BFI Finance Jambi.Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 100 orang.
Â
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Novita Eka Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.