PENGARUH MARKETING MIX (PRODUCT, PRICE, PROMOTION & PLACE) TERHADAP MINAT BELI PRODUK OLEH KONSUMEN PADA JAMBI NIGHT MARKET
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v13i01.27434Abstract
Strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk mempertahankan konsumennya menggunakan strategi bauran pemasaran 4P (product, price, place and promotion) untuk mempertahankan konsumen pada minat beli pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel bauran pemasaran 4P (produk, harga, tempat, dan promosi) terhadap minat beli Pasar Malam Jambi dan untuk mengetahui faktor dominan yang dapat mempengaruhi minat beli Pasar Malam Jambi. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna situs Zalora dengan jumlah responden sebanyak 210 orang. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner. Metode analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh bahwa secara simultan Produk, Harga, Promosi dan Tempat berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Secara parsial produk, harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan tempat tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Variabel produk merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap minat beli konsumen Pasar Malam Jambi dan besarnya kontribusi variabel bebas terhadap perubahan variabel terikat sebesar 48% (R Square = 0,48).
Downloads
References
Aaker, J. (2010). Manajemen Pemasaran (12th ed.). PT.Indeks.
Apriyanti, P., Surya, D., & Lutfi, L. (2017). Analisis Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Empirik Nasabah Tabungan Tandamata Bank BJB Cabang Serang). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, 1(2).
Bungin, B. (2004). Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Fathoni, M. A. (2018). Konsep pemasaran dalam perspektif hukum Islam. Jurnal Hukum Dan Syariah, 9(1), 128–146.
Gitosudarmo, I. (2000). Manajemen Pemasaran, edisi pertama. Yogyakarta: Bpfe. Hafsah, H., & Hanum, Z. (2021). Penggunaan Akuntansi Dalam Menjalankan Usaha Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di Kelurahan Gedung Johor Kecamatan Medan Johor. Prosiding Seminar Nasional
Kewirausahaan, 2(1), 307–318.
Hidayatullah, M. T. (2021). Analisis SWOT Strategi Pemasaran Di Masa Pandemi Covid-19 Umi Katering Kecamatan Kaliwungu. IAIN Kudus.
Imron, A., Paningrum, D., & Edward, M. Y. (2018). Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Dan Kecil Berbasis Analisis SWOT. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 15(2).
Indonesia, P. D. P. (2020). Diagnosis & Penatalaksanaan di Indonesia: Pneumonia COVID-19. PDPI, Jakarta.
Kamar, T. H., & Pulungan, S. (n.d.). Manajemen Pemasaran Wisma Syari’ah Graha Az-Zahra Pekanbaru Dalam Meningkatkan.
Kartajaya, H. (2002). Hermawan Kartajaya on marketing. Gramedia Pustaka Utama.
Kasmir, S. E. (2015). Studi Kelayakan Bisnis: Edisi Revisi. Prenada Media. Kemenkes, R. I. (2020). Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Coronavirus
Disease (COVID-19). Direkorat Jenderal Pencegah Dan Pengendali Penyakit.
Kertajaya, H., & Muhammad, S. (2006). Syariah Marketing Bandung: Mizan Pustaka.
Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 (13th ed.). Erlangga. Kotler, P. & A. (2011). Manajemen Pemasaran. PT.Indeks.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi.
Kurniadi, D. (2022). Etika Bisnis Islam Dalam Pemasaran Online Halal Food Dimasapandemi Covid-19 (Studi Kasus Rumah Makan Sambel Layah Cabang Weru Cirebon). S1 Hukum Ekonomi Syariah/Muamalah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Kurniawan, M., Munawar, A., & Amwila, A. Y. (2020). Analisis Pengaruh CAR,
NPL, dan LDR Terhadap ROA. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 149–158.
Morrisan, M. A. (2015). Periklanan komunikasi pemasaran terpadu. Kencana. Nurcholifah, I. (2014). Strategi marketing mix dalam perspektif syariah. Jurnal
Khatulistiwa LP2M IAIN Pontianak, 4(1), 73–86.
Rangkuti, F. (2004). Flexible Marketing. Gramedia Pustaka Utama.
Saiman, L. (2009). Kewirausahaan: Teori, praktik, dan kasus-kasus. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R & D. Alfa Beta.
Suliyanto, D. (2010). Studi Kelayakan Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset. Tamamudin, T. (2014). Merefleksikan Teori Pemasaran Ke Dalam Praktik
Pemasaran Syariah. Jurnal Hukum Islam.
Triyaningsih, S. L. (2012). Strategi Pemasaran Usaha Kecil dan Menengah.
Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 12(1).
Umar, H. (2001). Strategic management in action. Gramedia Pustaka Utama.
Wibowo, D. H., & Zainul Arifin, S. (2015). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1).
Wilson, J. (2012). Looking at Islamic marketing, branding and Muslim consumer behaviour beyond the 7P’s: The call for supportive course content and more P’s please. Journal of Islamic Marketing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sabrina Maharani, Musnaini Musnaini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.