PENGARUH PUSH, PULL, DAN PASS MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH PADA PEMILIHAN GUBERNUR JAMBI TAHUN 2020

Authors

  • Muawin Muawin PT. Naga Citra Central
  • Musnaini Musnaini Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v12i04.24468

Abstract

Persaingan para kontestan dalam meraih kemenangan pada Pemilihan Gubernur Jambi tahun 2020 adalah dengan menjalankan strategi marketing politik. Pertanyannya, bagaimana strategi marketing politik itu dijalankan? Bagaimana pengaruh strategi marketing politik tersebut dalam mendapatkan dukungan suara? Penelitian ini secara spesifik membahas tentang hal ini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yang mana data diperoleh melalui wawancara dan penyebaran kuesioner kepada 300 responden, yang merupakan masyarakat pemilik suara pada Pilgub Jambi tahun 2020 di wilayah Kota Jambi. Data kemudian diolah dan dianalisis melalui bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tiga pasangan calon Gubernur Jambi menggunakan strategi marketing politik untuk memenangkan kontestasi dengan cara Push Marketing, Pull Marketing dan Pass Marketing. Variabel push marketing (X1) memiliki nilai signifikan (Sig) sebesar 0,000, yang artinya nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 yang merupakan dasar pengambilan keputusan. Maka hal ini menunjukan bahwa variable push marketing (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih (Y).  Kemudian Variabel pull marketing (X2) memiliki nilai signifikan (Sig) sebesar 0,000, yang artinya nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 yang merupakan dasar pengambilan keputusan. Maka hal ini menunjukan bahwa variable pull marketing (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih (Y) pada Pilgub Jambi. Variabel pass marketing (X3) memiliki nilai signifikan (Sig) sebesar 0,004, yang artinya nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 yang merupakan dasar pengambilan keputusan. Maka hal ini menunjukan bahwa variable pass marketing (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih (Y) pada Pilgub Jambi. Secara simultan, hasil uji F memiliki nilai signifikan (Sig) sebesar 0,000, yang artinya nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Maka hal ini dapat disimpulkan bahwa variable independent yang terdiri dari push marketing (X1), pull marketing (X2) dan pass marketing (X3) secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap variable dependen yaitu keputusan memilih (Y) pada Pilgub Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, S. H. (1985). Rakyat Melayu: Nasib dan Masa Depannya. Jakarta: Inti Sarana

Ahmad Baihaqi, N. N. (2022). Strategi Marketing Politik Bobby Nasution dan Aulia Rachman di Media Sosial Pada Pilkada Kota Medan 2020. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Balayudha, 1-14.

Alim, A. N. (2022). Strategi Partai Politik Pengusung Dalam Memenangkan Pasangan Prof Nurdin Abdullah -Andi Sudirman Sulaeman Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Tahun 2018. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Allan Kurnia Candra, D. P. (2022). Strategi Komunikasi Promosi Pariwisata Daerah Oleh Duta Wisata Ikon Cak dan Ning Surabaya. Jurnal Komunikasi dan Media, 93-100.

Anas, S. (2022). Pengaruh Sikap Politik dan Pemasaran Politik Terhadap Tingkat Perolehan Suara Pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 di Kabupaten Indramayu. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Anggie - Palit, E. A. (2022). Strategi Marketing Politik PDIP Dalam Memenangkan Walikota Manado 2020 (Studi Pada Tim Pemenangan Jam Kota Manado). Acta Diurna Komunikasi, 61-76.

Arifin, M. (2008). Psikologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Baihaqi, A. (2022). Strategi Marketing Politik Bobby Nasution Dan Aulia Rachman di Media Sosial Pada Pilkada Kota Medan 2020. Jurnal Ilmu Komunikasi Balayudha (JIKOBA), 211-217.

Bintang, A. N. (2020). Strategi Kampanye Pemenangan Pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin Pada Pilpres Tahun 2019. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah .

Danan Setiawan, I. M. (2022). Marketing of New Party-Political Towards the 2024 Election Winning Strategy of the Indonesian People's Wave Party. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 12-26.

Ellisa Vikalista, A. A. (2022). Pemanfaatan Media Sosial untuk Iklan Kampanye Pasangan Calon Pada Pemilihan. METACOMMUNICATION; JOURNAL OF COMMUNICATION STUDIES, 558-571.

Firmanzah. (2017). Marketing Politik : Antara Pemahaman dan Realitas. Jakarta: Pustakan Utama Gramedia.

Ghazali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivatiatiate dengan Program IBM SPSS 25, Edisi 9.

Ghafur, M. (2022). Strategi Politik Maya Fitria Siregar Dalam Pemilu Legislatif tahun 2019 di Kota Jambi. Jambi: Universitas Jambi.

Handayani, M. (2019). Strategi Promosi Penjualan Dalam Meningkatkan Penjualan Toko Cahaya Terang Kota Palopo. Palopo: IAIN Palopo.

Hapsari, F. d. (2017). The Celebrification of a Politician on Instagram: A Case Study of @Ridwankamil. Allusion, 6, 1, . Jurnal Unpas, 17-30.

Hidayat. (2020). Pemasaran Politik (Political Marketing) Tomy Satria Yulianto (TSY) dalam Menghadapi Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Bulukumba Periode 2020-2025 . Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

I. Gede Yoga Wira Wahyuda, P. A. (2021). Strategi Tim Sukses dalam Membangun Opini Publik terhadap Koster dalam Ruang Media Massa Bali Post pada Pilgub Bali 2018. Jurnal Politika Udayana, 123-135.

Jannah, A. S. (2022). Peran Media Sosial Dalam Membentuk Pemasaran Politik Gubernur Jawa Timur (Khofifah Indar Parawansa) Berimpact pada Elektabilitas Individual maupun Organisasi. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.

Jassica Brigita Kharis, Y. W. (2022). Board Diversity, Koneksi Politik dan Financial Distress. Jurnal Akuntansi, 1987-2003.

Kango, A. (2014). Marketing Politik dalam Komunikasi Politik . Gorontalo: IAIN Gorontalo.

Kasmir. (2013). Kewirausahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Khafidin. (2020). Konsep Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Koeswiranto, A. (2022). Marketing Public Relations Strategy, Indonesian Archery Association (PERPANI) in Developing Archery Among Youth. PROPAGANDA: Journal of Communication Studies, 411-423.

Kotler, P. (1997). Marketing Management. Jakarta: PT. Ikrar Mandiriabadi.

Lavlimatria Esya, G. G. (2022). Mengelola Bisnis Melalui Pemasaran Holistik dan Syariah pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 336-347.

Less-Marshment, J. (2009). Marketing Politics: Prinsiples and Application. London: Routledge Publication.

Lingkan Easter Tulung, S. J. (2022). The Political Marketing Strategy of PSI in Election 2019 of North Sulawesi Province. Jurnal Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, 806-817.

Maarek, P. J. (2003). Campign Communication and Political Marketing. London: Wiley Blackwell.

Marlizar. (2020). The Role of Market Orientation and Creativity in Affecting the Marketing Performance of Market Traders in Aceh Market Banda Aceh City. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 1114-1127.

Maulidha, R. P. (2022). Analisis Strategi Marketing Publik Relations PT Citra Mentari Mandiri Dalam Meningkatkan Jumlah Pembelian. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 16-32.

Meliala. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilih Dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Dan Penerapan Strategi Bertahan dan Menyerang untuk Memenangkan Persaingan . Jurnal Citizen Education, 12-24.

Muhammad Anwar Fathoni, (2018). Konsep Pemasaran Dalam Perspektif Hukum Islam.Jurisdictive: Jurnal Huku dan Syariah Volume 9, Nomor 1, E-ISSN: 2407-7305

Munir, B. (2012). Strategi Marketing MIX Dalam Kampanye Pemenangan Pemilihan Kepala Daerah . Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Muzanni, N. A. (2018). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Gadai Emas di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Mandiri Mitra Sukses Gresik . Gresik: UIN Satu Tulungagung.

Nugrahajati, A. d. (2014). Political Marketing Conducted by Legislative Candidates in Indonesia: Study of Public Transportation as Transit Media in Medan on Presidential Election 2014. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 153–158.

Nursal, A. (2004). Political Marketing: Strategi Memenangkan Pemilu, Sebuah Pendekatanj Baru Kampanye Pemilihan DPR, DPRD, Presiden . Jakarta: Gramedia.

Puspita, I. M. (2019). Marketing Public Relation Peremajaan Merek sebagai Strategi Pemasaran dalam Membangun Citra Produk Baru. Warta ISKI, 19-26.

Putra, R. A. (2021). Strategi Pemenangan Drs. H. Mahmud Abdullah dan Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pada Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kabupaten Sumbawa. jurnal IPDN, 1-12.

Risyad, R. F. (2022). Strategi Komunikasi Politik Suardi Saleh dalam Memenangkan Kontestasi Politik Pilkada Barru Tahun 2020. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah .

Safiullah. (2017). Social media as an upcoming tool for political marketing effectiveness. Asia Pacific Management Review, 10–15.

Siagaan, S. P. (2008). Manajemen Stratejik. Jakarta: Bumi aksara.

Siregar, G. D. (2022). Strategi Pemenangan Kepala Desa (Studi Kasus : Kepala Desa Silalahi III 2017). Medan: Universitas Sumatera Utara.

Subekti, B. (2020). Marketing Politik dalam Pilkada Serentak 2015 di Kabupaten Kendal (Studi Pemenangan Pasangan dr. Mirna Anisa M.Si dan Masrur Masykur). In Politika: Jurnal Ilmu Politik, 33-46.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D.

Suryawan. (2006). Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat Patria.

Sutrisno, N. Y. (2018). Komparasi Teori Marketing Politik 4p Menurut Niffenegger dan 3p Menurut Adman Nursal. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA, 106-111.

Swarist, N. A. (2010). Marketing politik Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono pada Pemilihan Presiden 2009 di Kota Surabaya. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel .

Tesa Korompis, J. P. (2022). Marketing Politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Dalam Memenangkan Kursi Terbanyak di Pemilihan Legislatif 2019 di Kota Mobagu. Jurnal Eksekutif, 33-50.

Warist Abdurrahman, A. N. (2022). Strategi Marketing Public Relations Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Jakarta Dalam Mengelola Event Gebyar Pameran Pendidikan Tinggi Jakarta (gempita) 2021 Di Masa Pandemi. Jakarta: Telkom Univercity.

Wheelen, J. H. (2015). Manajemen Strategis. Jakarta: Erlangga.

Widi Santoso, A. H. (2022). Marketing Politik Dalam Pilkada Serentak Tahun 2020 (Studi Pemenangan Eka-Richi Bupati dan Wakil Bupati Terpilih 2020 – 2024 Kabuaten Tanah Datar). POLIS : Jurnal Politik Islam, 11-20.Aksara.

Wolters, O. (2011). Kemaharajaan Maritim Sriwijaya dan Perniagan Duni Abad II - Abad VI (terjemahan dari judul asli: Early Indonesian Commerce: A Study of The Origin of Srivijaya). Depok: Komunitas Bambu.

Website :

https://www.metrojambi.com/read/2022/09/21/56659/musri-nauli-ditunjuk-jadi-direktur-media-center-al-harisabdullah-sani

https://jamberita.com/read/2020/11/08/5963477/sukandar-ajak-keluarga-jawa-dukung-ceratu-di-pilgub-jambi/

Downloads

Published

2023-12-05

How to Cite

Muawin, M., & Musnaini, M. (2023). PENGARUH PUSH, PULL, DAN PASS MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH PADA PEMILIHAN GUBERNUR JAMBI TAHUN 2020. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 12(04), 1041-1055. https://doi.org/10.22437/jmk.v12i04.24468

Most read articles by the same author(s)