EFISIENSI PEMASARAN IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) KERAMBA JARING APUNG SUNGAI BATANGHARI KABUPATEN MUARO JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v11i03.17978Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis dan menjelaskan saluran pemasaran, marjin pemasaran, farmer’s share, dan elastisitas transmisi harga dari produk ikan Nila Keramba Jaring Apung (KJA) Sungai Batanghari di kabupaten Muaro Jambi. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif analisis, responden dipilih secara acak untuk pembudidaya dan snowball sampling untuk lembaga pemasaran dan pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan terdapat empat saluran pemasaran ikan nila yaitu 1: Pembudidaya, Pedagang Pengumpul, Pedagang Besar, Pedagang Kecil, Pedagang Eceran, 2: Pembudidaya, Pedagang Pengumpul, Pedagang Kecil, Pedagang Eceran, 3: Pembudidaya, Pedagang Besar, Pedagang Kecil, Pedagang Eceran, 4: Pembudidaya, Pedagang Pengumpul, Pedagang Eceran. Marjin pemasaran pada saluran pemasaran 1: Rp. 8.500/kg, saluran pemasaran 2: Rp 8.500/kg, saluran pemasaran 3: Rp. 6.500/kg, dan saluran pemasaran 4 : Rp. 7.000/kg. Nilai farmer’s share terbesar terdapat pada saluran 4 sebesar 76,7%, selanjutnya adalah pada saluran 3 sebesar 74,8%, dan saluran pemasaran 1 dan 2 masing2 sebesar 72,6%. Nilai elastisitas transmisi harga senilai 1,59 atau lebih dari 1, menggambarkan bahwa pemasaran yang terjadi pada pemasaran ikan nila KJA sungai Batanghari merupakan pemasaran persaingan tidak sempurna, dan menunjukan kekuatan monopoli atau oligopoli dalam sistem pemasaran teresebut, dengan kata lain sistem pemasaran yang berlangsung belum efisien. Dan di era teknologi digital yang semakin maju seperti sekarang ini, sebaiknya para pembudidaya dan lembaga pemasaran ikan nila memanfaatkan teknologi digital dalam memasarkan produk ikan nila, sehingga jaringan pemasaran bisa efisien dan efektif.
Downloads
References
Abidin, Z., Harahab, N., & Asmarawati, L. (2017). Pemasaran Hasil Perikanan. In Universitas Brawijaya Press, Malang. UBPress.
Amalo, P. (2005). Analisa Efisiensi Sistem Pemasaran Ikan Di Kawasan Pangkalan Pendaratan Ikan Muara Baru - Jakarta.
Amri, K., & Khairuman. (2008). Budi Daya Ikan Nila secara Intensif. 146.
BKKBN (Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional). (2013). National Agency Performance and Accountability Report 2013 [LAKIP (Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) Tahun 2013]. Bkkbn, 1(1), 1–83.
BPS Kabupaten Muaro Jambi. (n.d.).
BPS Muaro Jambi. (2018). Kecamatan Jambi Luar Kota Dalam Angka.Katalog BP,68–70.
Elly Jumiati, Dwidjono Hadi Darwanto, S. H. dan M. (2013). Analisa Saluran Pemasaran dan Marjin Pemasaran Kelapa Dalam Di Daerah Perbatasan Kalimantan Timur. Agrifor, XII(1), 1–10.
Gay, L. R., & Diehl, P. L. (1992). Research Methods for Business and Management. MacMillan Publishing Company.
Hanafiah. (2006). Tata niaga hasil perikanan. UI Press.
Hanafiah, A. ., & Saefuddin, A. . (2010). Tata Niaga Hasil Perikanan (A. Warsito (Ed.); 1st ed.). UI-Press.
Hasyim, H. (1994). Laporan Pengabdian: Penyuluhan dan Bimbingan Tentang Peranan Diversifikasi dalam Menunjang Industri Kecil di Perdesaan Lokasi di Kelurahan Tanjung Selamat Kecamatan Medan Tuntungan Kota Medan. In LPPM-USU;
Kohls, R. L., & Uhl, J. N. (2002). Marketing of Agricultural Products, 9th Edition. In The Economic Journal (Vol. 37, Issue 145). Pearson. https://doi.org/10.2307/2222734
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles Of Marketing. Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (Global Edi). Pearson.
Meldasari, Suhaimi, A., & Fitrianoor, R. (2018). Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Ikan Nila di Desa Kupang Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan (Studi Kasus Pada Kelompok Perikanan Kupang Maju). Rawa Sains, 8(1), 601–609.
Mubyarto. (1995). Pengantar Ekonomi Pertanian. LP3ES.
Nathan, A. J., & Scobell, A. (2012). How China sees America. In Foreign Affairs (1st ed., Vol. 91, Issue 5). BPFE Yogyakarta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Ningsih, K. (2017). Produksi Dan Pendapatan Petani Tembakau Madura : Sebuah Kajian Dampak Perubahan Iklim. Agromix, 8(2), 108–121. https://doi.org/10.35891/agx.v8i2.789
Nugroho, A. S. (2016). E-Commerce Teori dan Implementasi . Ekuilibria.
Nugroho, E. (2011). Kajian Lapang Budidaya Keramba Jaring Apung Ikan Nila “Mandiri†Di Waduk Cirata Dan Jatiluhur. Media Akuakultur, 6(1), 54. https://doi.org/10.15578/ma.6.1.2011.54-58
Saliem, H. (2004). Analisis Marjin Pemasaran. Penelitian Dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian.
Sudiyono, A. (2004). Pemasaran Pertanian. Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang.
Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Zilyan, G. W., Suparmin;, & Siddik, M. (2018). Analisis Saluran Dan Efisiensi Pemasaran Ikan Nila Di Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Satria Afnan Pranata, Musnaini Musnaini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.