PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DIMEDIASI CITRA PADA UNIVERSITAS SWASTA DI KOTA JAMBI (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SWASTA DI KOTA JAMBI)
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v12i03.26202Abstract
Strategi pemasaran sangat menentukan keberhasilan bersaing sebuah produk atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Begitu juga persaingan antar Universitas, setiap Universitas dituntut untuk mampu membaca kebutuhan pasar dengan menerapkan strategi bauran pemasaran jasa dengan sebaik mungkin. Tidak hanya itu, citra merek suatu Universitas juga menjadi penentu apakah mahasiswa selaku konsumen dapat merasa puas terhadap jasa yang diberikan. penelitian ini menggunakan metode Explanatory. Metode Explanatory Survey merupakan metode penelitian yang bermaksud menjelaskan kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta pengaruh antara satu variabel dengan variabel lainnya.. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan survey, yaitu kegiatan mengumpulkan data sebanyak-banyaknya mengenai fakta-fakta yang merupakan pendukung terhadap penelitian. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Adapun variabel yang digunakan yaitu, bauran pemasaran jasa sebagai variabel independent (X), citra sebagai variabel mediasi (M) dan kepuasan mahasiswa sebagai variabel dependent (Y). Hasil penelitian ini adalah bauran pemasaran jasa yang meliputi produk, harga, lokasi, promosi, orang, proses dan pelayanan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan mahasiswa dengan nilai sebesar 0,467. Bauran pemasaran jasa berpengaruh signifikan dan positif terhadap citra dengan nilai sebesar 0,727. Citra berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan mahasiswa dengan nilai sebesar 0,425. Secara tidak langsung, bauran pemasaran jasa melalui citra sebagai variabel mediasi juga memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap kepuasan mahasiswa dengan nilai 0,309.
Downloads
References
Aliami, S., & Hakimah, E. N. (2020). Bauran Pemasaran Jasa, Citra, dan Kepuasan Mahasiswa: Sebuah Kajian Perguruan Tinggi Swasta di Kediri. Efektor, 7(2), 98–108. https://doi.org/10.29407/e.v7i2.14473
Alpian. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Carbohydrate Polymers, 1(1), 5–10.
Anggapraja, I. T. (2016). Pengaruh Penerapan Knowledge Management dan Pengembangan Sumber Daya Manusia terhadap Kinerja Karyawan PT Telkom Tbk. (Studi Explanatory Survey pada Karyawan Unit Human Capital Management PT Telkom Tbk.). Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(1), 140–146. https://doi.org/10.18202/jam23026332.14.1.15
Cermati. (2022). 26 Universitas Terbaik di Dunia. Www.Cermati.Com. https://www.cermati.com/artikel/25-universitas-terbaik-di-dunia
Fabiana Meijon Fadul. (2014). Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan Terhadap Pembentukan Image dan Keputusan Memilih PTAIN (Kajian di UIN Jawa Timur). 12710050.
Fendya, W. T., & Wibawa, S. C. (2018). Pengembangan Sistem Kuesioner Daring Dengan Metode Weight Product Untuk Mengetahui Kepuasan Pendidikan Komputer Pada Lpk Cyber Computer. It-Edu, 3(01), 48. https://kebudayaan.denpasarkota.go.id/uploads/download/download_193006110602_E-Book.pdf
Hadi, D. L., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2015). Pengaruh Service Marketing Mix (Bauran Pemasaran Jasa) Terhadap Citra Merek dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada Peserta Lembaga Kursus dan Pelatihan Royal English TOEFL & TOEIC Center Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 24(1Juli2015), 1–8.
Hafizh, M. A., Luh, N., & Hariastuti, P. (2021). Pengaruh Quality of Work Life dan Burnout terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus : CV. XYZ). Prosiding SENASTITAN: Seminar Nasional Teknologi Industri Berkelanjutan, 1(1), 89. https://ejurnal.itats.ac.id/senastitan/article/view/1653
Hamdi, M. M. (2021). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Pada Pondok Pesantren. JIEM: Jurnal of Islamic Education and Manajemen, 2(1), 15–30.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi 13). Penerbit Erlangga.
Kurniawati, D. (2013). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Katolik Widya Mandala Madiun. Widya Warta: Jurnal Ilmiah Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, 01, 65–80.
Lesmana, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(2), 115. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i2.2464
Lukman, M. (2022). TOP 10 Universitas Terbaik di Jambi Terbaru. Sarjanatua.Com. https://sarjanatua.com/universitas-terbaik-di-jambi/
Mamahit, B. B. V, Mandey, S. L., & Rotinsulu, J. J. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Jasa Cv. Caritas Dei Nobiscum Untuk Meningkatkan Daya Saing Analysis of Service Marketing Strategy Cv. Caritas Dei Nobiscum To Increase Competitiveness. 892 Jurnal EMBA, 9(3), 892–901.
Maramis, F. S., Sepang, J. L., & Soegoto, A. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Air Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1658–1667. https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20411
Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1), 135–159. www.journal.uniga.ac.id135
Prasetyaningrum, I. D. (2016). Pengaruh Kinerja Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan Terhadap Citra Universitas (Studi Kasus Pada Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call for Papers Unisbank (Sendi_U), 2, 666–680.
Pratiwi, A., & Arini, E. (2021). Pengaruh Kemasan dan Citra merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 2(1), 23–32.
Rahayu, L. P., & Susanti, A. (2022). Pengaruh Faktor Harga, Keamanan, Kemudahan, dan Kepercayaan Terhadap Perilaku Belanja Online Dimasa Pandemi Covid-19. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(3), 538–544. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i3.1279
Ramadhan, M. A. F. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan, Dan Komitmen Terhadap Loyalitas Pelanggan Aplikasi Transportasi Online Gojek Di Kota Malang. Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU), 4(2), 153. https://doi.org/10.33474/manajemen.v4i2.3733
Salsabilla Beu, N., Moniharapon, S., & Samadi, R. L. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Ikan Kering Pada Umkm Toko 48 Pasar Bersehati Manado. Emba, 9(3), 1530–1538.
Syamsuddinnor, S. (2021). Analisis Pengaruh Marketing Mix dan Citra Perguruan Tinggi Terhadap Kepuasan Mahasiswa STIMI Banjarmasin. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 3(3), 178–185. https://doi.org/10.35899/biej.v3i3.310
Triyoga, A. (2015). Analisis Pengaru Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih STIKES RS Baptis Kediri. Suparyanto Dan Rosad (2015, 4(3), 248–253.
Veza, O., Arifin, nofri yudi, & Setyabudhi, albertus laurensius. (2021). Perpindahan merek produk akibat ketidakpuasan konsumen dalam pemilihan laptop di kota batam. Economic and Business Management International Journal, 3(1), 1–8.
https://wikipedia.or.id/wiki/Universitas_Nurdin_Hamzah
Zebuah, A. J. (2018). Analisis Identitas Merek, Loyalitas Merek, Citra Merek, Dan Kepercayaan Merek Toyota. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 61–68. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.61-68
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dandi Pranata, Musnaini Musnaini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.