ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, INOVASI PRODUK, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KINERJA PEMASARAN DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI INTERVENING PADA UKM DI KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v10i01.12175Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi produk, dan media sosial terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing pada UKM di Kota Jambi. Pengumpulan data dilakukan dengan survei menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 100 UKM di Kota Jambi. Alat analisis yang digunakan adalah Smart PLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh langsung, Orientasi Kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, inovasi produk berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, media sosial berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, orientasi kewirausahaan berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, keunggulan bersaing berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, Media Sosial berpengaruh terhadap Kinerja Pemasaran pada UKM di Kota Jambi dan kesimpulan dari pengaruh mediasi penelitian ini adalah keunggulan bersaing memiliki pengaruh mediasi terhadap variabel inovasi produk dan media sosial, sedangkan untuk variabel orientasi kewirausahaan tidak terdapat pengaruh mediasi.
Kata kunci : Orientasi Kewirausahaan; Inovasi Produk; Media Sosial; Keunggulan Kompetitif; dan Kinerja Pemasaran
ABSTRACT
The purpose of this study was to determine the effect of entrepreneurial orientation, product innovation, and social media on marketing performance through competitive advantage in SMEs in Jambi City. Data collection was carried out by survey using a questionnaire given to 100 SMEs in Jambi City. The analytical tool used is Smart PLS 3.The results show that direct influence, entrepreneurial orientation has no effect on competitive advantage, product innovation affects competitive advantage, social media affects competitive advantage, entrepreneurial orientation affects marketing performance, competitive advantage affects performance Marketing, Social Media has an effect on Marketing Performance in SMEs in Jambi City and the conclusion of the mediation effect of this study is that competitive advantage has a mediating effect on product innovation and social media variables, while for entrepreneurial orientation variables there is no mediation effect
Keywords : Entrepreneurship Orientation; Product Innovation; Social Media; Competitive Advantage; and Marketing Performanc
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2021-04-30 (2)
- 2021-04-27 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Yosi Fadhillah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.