PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN DAYA TARIK DALAM MENINGKATKAN MINAT UMROH TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE TANAH SUCI PADA GENERASI MILENIAL DI KOTA JAMBI

Authors

  • Akhmad Fuad Universitas Jambi
  • Syahmardi Yacob Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v11i04.18157

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial dan daya tarik dalam meningkatkan minat umroh terhadap keputusan berkunjung ke Tanah Suci pada generasi milenial di Kota Jambi. Populasi pada penelitian ini adalah penduduk Kota Jambi 2020 yang berusia 25-39 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan pendekatan purposive sampling dengan berdasarkan kriteria-kriteria tertentu sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan survey menggunakan kuesioner dan wawancara. Dalam melakukan analisis data digunakan metode analisis jalur (path analysis) dengan alat uji SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat umroh, daya tarik berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat umroh, media sosial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung, daya tarik berpengaruh negatif dan tidak signfikan terhadap keputusan berkunjung, minat umroh berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung. Kemudian minat umroh mampu memediasi pengaruh media sosial terhadap keputusan berkunjung secara positif dan signifikan serta minat umroh juga mampu memediasi pengaruh daya tarik terhadap keputusan berkunjung secara positif dan signifikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, Pandi. (2008). “Analisis Faktor Penentu Daya Tarik Produk Pada Pasar Ukm Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang.†Jurnal Ilmiah Among Makarti Vol 1, No: 67–81.

Ajzen, I. (1985). From intentions to actions: A theory of planned behavior. In Action control (pp. 11-39). Springer, Berlin, Heidelberg.

Russo, Angelina and Watkins, Jerry and Kelly, Lynda and Chan, Sebastian (2006). How will social media affect museum communication?. In Proceedings Nordic Digital Excellence in Museums (NODEM), Oslo, Norway. 2006. http://eprints.qut.edu.au.

Antony, Mayfield. (2008). “What Is Social Media?†Director (Cincinnati, Ohio) 8(1): 25.

Arrazi, Ilham Muhammad, and Nugraha, Hari Susanta. 2019. “Pengaruh Daya Tarik Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Kawasan Kota Lama Semarang". Bisnis, Jurnal Administrasi Vol, X No, I Demak, Kabupaten Semarang, Kabupaten X(I): 890–900.

Badan Pusat Statistik Kota Jambi. (2021). â€Kota Jambi dalam Angka 2021â€. Diambil dari https://jambikota.bps.go.id/publication/2021/02/26/fca2ab8cb89e42ce551a5cbf/kota-jambi-dalam-angka-2021.html

Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi. (2021). “Jumlah Penduduk Provinsi Jambi Hasil Sensus Penduduk 2020â€. Diambil dari https://jambi.bps.go.id/pressrelease/2021/01/21/506/jumlah-penduduk-provinsi-jambi-hasil-sp2020--september-2020--sebesar-3-55-juta-jiwa-.html

Bamualim, M. (2017). Manasik Umrah dan Doa menurut Al-Quran dan As-Sunnah.

Budiyono, B., (2004). Studi Mengenai Pengembangan Strategi Produk (Studi Kasus Minat Beli Produk Baru Telkom Flexi di Surabaya)â€. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 3(2), pp.181-194.

Bianchi, Robert R. (2017). “Reimagining the Hajj.†Social Sciences 6(2).

Dahmiri. (2020). “Pengaruh Sosial Media Marketing Dan Brand Equity Terhadap Minat Beli.†Kinerja 17(2): 194–201.

Ernawati, Sri. (2021). “Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Di Kawasan Amahami Kota Bima.†1(2): 50–54.

Hestyani, Andriana Dwi, and Sri Rahayu Tri Astuti. (2017). “Analisis Pengaruh Celebrity Endorser, Daya Tarik Iklan, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening.†Diponegoro Journal of Management 6(2): 1–11.

Japeri. (2017). “Pengaruh Kuota Terhadap Daftar Tunggu Naik Haji Di Kota Padang.†Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam 2(1).

Jensen, Jan Møller, and Corinna Wagner. (2018). “A Cross-National Comparison of Millennial Consumers’ Initial Trust towards an e-Travel Website.†Marketing Intelligence and Planning 36(3): 318–33.

Kaplan, Andreas M., and Michael Haenlein. (2010). “Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media.†Business Horizons 53(1): 59–68.

Kementerian Agama Provinsi Jambi. (2019). “Jemaah Haji Provinsi Jambi Berdasarkan Golongan Usia Tahun 2019â€. Diambil dari https://jambi.kemenag.go.id/data-keagamaan.php

Kotler, Philip., and Armstrong, Garry. (2008). Prinsip Prinsip Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip. and Keller, Kevin Lane. (2012). General Equilibrium Theory Marketing Management.

Kotler, Philip. and Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1, Edisi 13, Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip. (2000). Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta : Salemba Empat

Lew, Alan A. (1987). “A Framework of Tourist Attraction Research.†Annals of Tourism Research 14(4): 553–75.

Lin, N. H., & Lin, B. S. (2007). The effect of brand image and product knowledge on purchase intention moderated by price discount. Journal of International Management Studies, 2(2), 121-132.

Lutfie, Harrie, and Dandy Marcelino. (2020). “Tourism Visiting Decision and Intention to Bandung Based on Effectiveness of Tiket . Com Advertising.†25(9): 4008–23.

Moreno, Flor Madrigal, Jaime Gil Lafuente, Fernando Ãvila Carreón, and Salvador Madrigal Moreno. (2017). “The Characterization of the Millennials and Their Buying Behavior.†International Journal of Marketing Studies 9(5): 135.

Noviyanti, Devi. (2019). “Menghadapi Persaingan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) Dan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) Di Kalimantan Selatan Melalui Strategi Siklus Hidup Produk.†Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 18(1): 27.

Pate, Sharon, and Melinda Adams. (2013). “The Influence of Social Networking Sites on Buying Behaviors of Millennials.†Atlantic Marketing Journal 2(1): 7.

Peter, J Paul, dam Jerry C. Olson. (2000). Consumer Behaviour perilaku konsumen dan strategi pemasaran dan strategi pemasaran edisi keempat. Jakarta: Penerbit Erlangga

Schiffman, G. L & Kanuk, L. (2000). Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Setiyorini, Anis, Umi Farida, and Naning Kristiyana. (2018). “Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial, Word of Mouth, Dan Daya Tarik Wista Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Obyek Wisata Gunung Beruk Karangpatihan Balong.†ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi 2(2): 12.

Sutiyati, Sutiyati, Henny Welsa, and Ambar Lukitaningsih. (2020). “Pengaruh Social Media Dan Brand Image Terhadap Purchase Decision Melalui Buying Interest.†Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis 4(2): 264–74.

Trenggono, Suban. (2018). “Pengaruh Persepsi Daya Tarik Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Memilih Sekolah Di SMK Negeri 1 Karanganyar.†: 2–14.

Utami, Desfika Rusmalita, Mismiwati Mismiwati, and Aryanti Aryanti. (2020). “The Effect of Halal Tour, Word of Mouth , Price and Social Media on Visiting Decisions to Non Muslim Countries at P . Tour and Travel Antavaya Palembang.†Journal of Business Studies and Management Review (JBSMR) 3(2): 18–21.

We Are Social, and Hootsuite (2021). “Most Used Social Media Platforms (Indonesia)â€. Diambil dari https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia

Downloads

Published

2022-12-10

How to Cite

Fuad, A. ., & Yacob, S. . (2022). PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN DAYA TARIK DALAM MENINGKATKAN MINAT UMROH TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE TANAH SUCI PADA GENERASI MILENIAL DI KOTA JAMBI. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(04), 845-859. https://doi.org/10.22437/jmk.v11i04.18157

Most read articles by the same author(s)