MODEL LOYALITAS KONSUMEN BRILINK : SUATU PERSPEKTIF DARI BRAND IMAGE DAN KEPUASAN DI PT.BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. KANTOR CABANG MUARA BULIAN

Authors

  • Satria Rahman Bank Rakyat Indonesia kantor cabang Muara Bulian
  • Syahmardi Yacob Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v11i03.17984

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Brand Image terhadap loyalitas Konsumen Brilink, pengaruh Brand Image terhadap kepuasan Konsumen Brilink, pengaruh kepuasan terhadap Loyalitas Konsumen Brilink, dan pengaruh Brand Image terhadap loyalitas melalui kepuasan konsumen Brilink. Pengumpulan data dilakukan dengan survei menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 55 konsumen Brilink di cabang muara Bulian. Alat analisis yang digunakan adalah Smart PLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Image berpengaruh positif terhadap Loyalitas, Brand Image berpengaruh positif terhadap Kepuasan, Kepuasan berpengaruh positif terhadap Loyalita, dan Brand Image berpengaruh positif terhadap Loyalitas dimediasi oleh kepuasan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, D. A., & Joachimsthaler, E. (2000). The brand relationship spectrum: The key to the brand architecture challenge. California Management Review. https://doi.org/10.2307/41166051

Anggarani, A., Prasetyoning, W., & Kenny, A. (2014). Pengaruh service quality dan brand image terhadap loyalitas melalui kepuasan konsumen pada inul vizta karaoke di jakarta ( studi kasus pada kepuasan konsumen inul vizta karaoke di jakarta ). 7(November 2016).

Basuki, K. (2019). Pengaruh brand image terhadap kepuasan konsumen pada restoran kfc di surabaya. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699.

BRI, B. (2019). Annual Report Bank Rakyat Indonesia 2019.

Fajarianto, B., Lubis, N., & Saryadi, S. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Cv. Ahass Sahabat Sejati Motor Tembalang Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 2(2), 103079.

Fandy dan Chandra. (2008). Pemasaran Strategi. Pemasaran Startegiartegi. Griffin, R. (2006). Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. In MIT Press Books.

Hurriyati, R. (2010). Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Pelanggan. In Pendidikan Manajemen Bisnis.

Husodho, W. R. (2015). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Obyek Wisata Dumilah Water Park Madiun. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 3(2). https://doi.org/10.25273/equilibrium.v3i2.667.

https://www.ojk.go.id/id/Pages/Laku-Pandai.aspx https:/

Indriyana-, D. A. (2018). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Nanisa. 25–29.

Jannah, E. N., Sudaryanto, & Wulandari, G. A. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan dan Brand Image Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Matahari Department Store di Jember. UNEJ E-Proceding, 339–350.

Kassim, N. M., & Abdulla, A. K. M. A. (2006). The influence of attraction on internet banking: An extension to the trust-relationship commitment model. International Journal of Bank Marketing, 24(6), 424–442. https://doi.org/10.1108/02652320610701744

Keller, K. L. (1993). Conceptualising,measuring and managing customer basedbrandequity. Journal of Marketing. Journal of Marketing, 19(11), 1335–1348. https://doi.org/10.1016/0039-9140(72)80130-9

Kent, T., & Brown, R. B. (2006). Erotic retailing in the UK (1963-2003): The view from the marketing mix. Journal of Management History. https://doi.org/10.1108/13552520610654087

Kotler, K. (2016). Marketing Management. Global Edition (Vol. 15E). In book. https://doi.org/10.4324/9780203357262

Kotler, P. (2012). Kotler P. Marketing management/Philip Kotler, Kevin Lane

Keller. Pearson Educ Int. 2012. Pearson Education International.

Kotler, P., & AB, S. (2000). Manajemen Pemasaran di Indonesia. In book. Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran Jilid 1. In Jakarta.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Global Edition (Vol. 15E). In Global Edition.

Kotler Philip. (2002). Kotler on... In Manajemen Pemasaran.

Kottler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi ke-12. Jilid ke-1). Jakarta: Erlangga.

Lovelock, C. H., & Wirtz, J. (2011). Services Marketing: People, Technology, Strategy, 7th edition. In Pearson.

Lupiyoadi dan Hamdani. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa Edisi kedua. In Salemba Empat.

OJK. (2014). POJK. Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No 19/POJK.03/2014 Tentang Layanan Keungan Tanpa Kantor.

OJK, R. and B. O. D. F. S. (2015). Seputar informasi mengenai Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (LAKU PANDAI).

Oliver, R. L. (1999). Whence consumer loyalty? Journal of Marketing, 63(SUPPL.), 33–44. https://doi.org/10.2307/1252099

Philip Kotler, G. A. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13. Jilid 1. In Prinsip-Prinsip Pemasaran.

Sarah, H. (2015). Dampak Branchless Banking terhadap Kinerja Keuangan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. Jurnal Al-Muzara’ah, 3(2), 136–157. https://doi.org/10.29244/jam.3.2.136-157

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta : Bandung.

Sujarweni, W. v. (2015). metodologi penelitian bisnis & ekonomi. Pustaka Baru Press, Yogyakarta.

Taylor, S. A., Goodwin, S., & Celuch, K. (2004). The importance of brand equity to customer loyalty. Journal of Product & Brand Management, 13(4), 217– 227. https://doi.org/10.1108/10610420410546934

Tjiptono. (2002). Strategi pemasaran. In Yogyakarta : penerbit andi. Tjiptono, Fandi. (2004). Prinsip-prinsip Total Quality Service. In book.

Tjiptono, Fandy. (2005). Tjiptono, Fandy. 2005. Strategi Pemasaran. Strategi Pemasaran.

Tjiptono, & Fandy. (2015). Strategi Pemasaran, edisi keempat. In Edisi I. Yogyakarta: Andi.

Wiyono, G. (2011). Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS 17.0 & Smart PLS 2.0. Yogyakarta: Percetakan STIM YKPM.

Yunaida, E. (2017). Pengaruh Brand Image ( Citra Merek ) terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube di Kota Langsa. 6(2), 798–807.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Rahman, S. . ., & Yacob, S. . (2022). MODEL LOYALITAS KONSUMEN BRILINK : SUATU PERSPEKTIF DARI BRAND IMAGE DAN KEPUASAN DI PT.BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. KANTOR CABANG MUARA BULIAN. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(03), 688-702. https://doi.org/10.22437/jmk.v11i03.17984

Most read articles by the same author(s)