MODEL KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH SUBSIDI MELALUI FASILITAS DIMODERASI OLEH CITRA PERUSAHAAN (STUDI PADA KONSUMEN RUMAH SUBSIDI KOTA JAMBI)

Authors

  • Anggia Agustini Saputri Universitas Jambi
  • Syahmardi Yacob Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v12i04.24379

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis fasilitas dalam meningkatkan keputusan pembelian dengan citra perusahaan sebagai variabel moderasi pada konsumen rumah subsidi di Kota Jambi. Penelitian ini memiliki sampel sebanyak 140 konsumen dengan menggunakan metode purposive sampling. Skala pengukuran data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala ordinal, Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dengan alat analisis data menggunakan SMART PLS 3.0. Penelitian ini memberikan kesimpulan sebagai berikut: Fasilitas memiliki pengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian. Bahwa fasilitas yang baik akan meningkatkan konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Begitu pula citra perusahaan meningkat dapat meningkatkan keputusan pembelian. Vitra perusahaan sebagai moderasi mampu meningkatkan pengaruh fasilitas terhadap keputusan pembelian pada konsumen rumah subsidi di Kota Jambi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriza. (2015). Membangun Citra Lembaga Perguruan Tinggi yang Berbasis Vokasi (Dilengkapi dengan Hasil Penelitian Menggunakan SEM). Yogyakarta: Deepublish.

Amirullah. (2002). Perilaku Konsumen, Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Amri, S. (2020). Facilities and Location of Purchase Decisions at Supermarkets in Aceh. https://doi.org/10.4108/eai.17-10-2018.2294215

Aprileny, I., Imalia, I., & Emarawati, J. A. (2020). Pengaruh Harga, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. Ikraith Ekonomika, 4(3).

Ariono, I. (2018). Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan Dan Kelompok Referensi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Kredit Sepeda Motor Di Pt. Federal International Finance Cabang Wonosobo. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 5(1). https://doi.org/10.32699/ppkm.v5i1.434

Assael, H. (2004). Consumer Behavior: A Strategic Approch. New York: Houghton Mifflin.

De Leaniz, P. M. G., & Del Bosque Rodríguez, I. R. (2016). Corporate Image and Reputation as Drivers of Customer Loyalty. Corporate Reputation Review, 19(2). https://doi.org/10.1057/crr.2016.2

Dicky Darmajaya, I. B., & Sukawati, T. G. R. (2018). Peran Citra Merek Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(12). https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i12.p01

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares : Konsep, Teknik dan Aplikasi Smart PLS 3.0 untuk Penelitian Empiris. In Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Second Edition. In California: Sage.

Harrison, S. (2010). Marketers Guide To Public Relations. Jakarta: Trans Media pustaka.

Hurriyati, R. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabetha.

Imalia, I., & Aprileny, I. (2020). The Influence Of Price , Facilities , And Location To Purchase Decision. Sekolah Tinggi IlmuEkonomi Indonesia.

Indahingwati A. (2019). Kepuasan Konsumen dan Citra Institusi Kepolisian Pada Kualitas Layanan SIM Corner di Indonesia. CV Jakad Publishing, Surabaya.

Iskandar, Dede Nur dan Sumiyati. (2021) Indikator : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Volume 5 No. 3. Universitas Mercubuana, Jakarta.

Jefkins, F. (1994). PR Technique Second Rev.ed. G.B Butterworth-Hainerman Ind.

Kartajaya, H. (2010). Connect! Surfing New Wave Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler. (2013). Manajemen Pemasaran Jilid 2. In Penerbit Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13. Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran Jilid 1. In Jakarta.

Legautu, J., Soegoto, A.S., dan Sepang, J.L. (2019). Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Matahari Department Store Mantos. Jurnal EMBA, Vol. 7, No. 1.

Lovelock, C dan Wright, L.K. (2007). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT. Indeks, Indonesia.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi Edisi 3. Penerbit Salemba.

Memah, D., Tumbel, A., dan Rate, P.V. (2015). Analisis Stategi Promosi, Harga, Lokasi, dan Fasilitas Terahdap Keputusan Pembelian Rumah di Citraland Manado. Jurnal EMBA, Vol. 3, No. 1.

Moniharapon, S., Lapian, J., & Go, M. (2014). Citra Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Pada Sekolah Mengemudi Melati Di Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3).

Nasution, S. L. (2019). Pengaruh Citra Perusahaan, Pelayanan, Dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Master Cash & Credit Kota Pinang. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(1). https://doi.org/10.36987/ecobi.v6i1.35

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Metode Penelitian.

Peter, P. J., & Olson, J. C. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. In Salemba Empat.

Prabowo, Y.W., Apriatni., dan Prabawani, B. (2014). Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pengiriman Paket PT. POS INDONESIA (Studi pada Kantor Pos Johar Kota Semarang).

Pratiwi, T.C.R dan Widiyastuti, T. (2018). Analisis Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Motor Merek Yamaha di CV Alvina Indah Motor Blitar. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), Vol. 3, No. 2.

Pratiwi, Made Suci, I Wayan Suhendra, Ni Nyoman Yulianthi.2014. Pengaruh Citra Perusahaan, Citra Produk, Citra Pemakai Terhadap Keputusan Pembelian. e-journal Bisma Universitas pendidikan Ganesha Manajemen Vol 2. 2014

Purbasari, E. M., & Arimbawa, I. G. (2019). Influence Of Facility, Discount, Word Of Mouth To Purchasing Decisions And Customer Loyalty. Journal of World Conference (JWC), 1(1). https://doi.org/10.29138/prd.v1i1.59

Putra,Gagah Bimo, Kumadji, Srikandi & Kadarisman Hidayat. 2015. Pengaruh Citra perusahaan Terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung di Selecta Kota Batu, Jawa Timur. Jurnal Administrasi Bisnis Vol 26 No 2 September 2015

Riduwan, M. B. A. dan D. E. A. K. (2017). Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis (Analisis Jalur). In Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis (Analisis Jalur).

Sari, I., & Hidayat, R. (2020). Pengaruh Lokasi dan Fasilitas terhadap Keputusan Pembelian pada Cafe Bang Faizs. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 1(2).

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2007). Perilaku Konsumen Edisi Kedua. In PT. Indeks Gramedia.

Singarimbun, M., & Efendi, S. (1989). Metode Penelitian Survai. In LP3ES.

Song, Ruan, & Park. (2019). Effects of Service Quality, Corporate Image, and Customer Trust on the Corporate Reputation of Airlines. Sustainability, 11(12). https://doi.org/10.3390/su11123302

Steinmetz, Lawrence L. (2011). How to Sell at Margings Higher than Your competitors. University of Michigan.

Sugianto, R dan Ginting, S.O. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi, Fasilitas Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Pada Perumahan Medan Resort City. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil : JWEM, Volume 10, Nomor 01.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian. Metode Penelitian.

Sumayang, L. (2007). Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Sunyoto, D. (2015). Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Yogyakarta: CAPS (Central of Academic Publishing Service).

Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Yogyakarta: Andi.

Wahyuni, N. P. L., & Rahanatha, G. B. (2020). Peran Citra Merek Memediasi Pengaruh Kewajaran Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Onlineshop Zalora Di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(2). https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i02.p19

Widyastuti, E., & Handayani, S. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Rumah Subsidi Dengan Menggunakan Analisis Regresi. Prosiding Seminar Nasional Statistika.

Zhang, Y. (2009). A Study of Corporate Reputation’s Influence on Customer Loyalty Based on PLS-SEM Model. International Business Research, 2(3). https://doi.org/10.5539/ibr.v2n3p28

Downloads

Published

2023-12-05

How to Cite

Saputri, A. A. ., & Yacob, S. . (2023). MODEL KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH SUBSIDI MELALUI FASILITAS DIMODERASI OLEH CITRA PERUSAHAAN (STUDI PADA KONSUMEN RUMAH SUBSIDI KOTA JAMBI). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 12(04), 1027-1040. https://doi.org/10.22437/jmk.v12i04.24379

Most read articles by the same author(s)