PENGARUH ONLINE RETURN POLICY LENIENCY DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPERCAYAAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA DI D.I.YOGYAKARTA

Authors

  • Alliskha Qotrun Nada Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Putri Dwi Cahyani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Bernadetta Diansepti Maharani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v12i04.29909

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online return policy leniency dan citra merek terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan pelanggan sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 115 responden di Daerah Istimewa Yogyakarta yang pernah berbelanja menggunakan marketplace Tokopedia. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji kualitas data,uji asumsi klasik, uji regresi berganda, dan uji hipotesis melalui program SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa online return policy leniency berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, citra merek tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, online return policy leniency berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan pelanggan, citra merek berpengaruh positif dan signifkan terhadap kepercayaan pelanggan, dan kepercayaan pelanggan berpengaruh positif dan signifkan terhadap keputusan pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alam Mufid, M., & Yunus, M. (2020). Pengaruh Online Purchase Return Policy Leniency Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Kepercayaan Konsumen Online Shop Tokopedia Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen TERAKREDITASI SINTA, 4(4), 715–727. http:jim.unsyiah.ac.id/ekm

Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia Di Kota Manado the Influence of Brand Image, Promotion and Service Quality on Consumer Purchase Decisions on Tokopedia E-Commerce in Manado . 663 Jurnal EMBA, 9(2), 663–674.

Deana Santosaa, A., Bintari, V. I., & Amalia Hamzah, R. (2019). Peran kepercayaan dan brand image dalam pengambilan keputusan pembelian secara online di instagram. 5(Mei), 60–68.

Djatmiko, T., & Pradana, R. (2016). Brand Image and Product Price; Its Impact for Samsung Smartphone Purchasing Decision. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 219, 221–227. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.05.009

Ernawati, E., Bernadin Dwi, A., & Gunaedi Argo, J. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 80–98. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663

Fatimah, H. N., & Nurtantiono, A. (2022). Pengaruh Citra Merek , Promosi , Harga , dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian ( Pengguna Aplikasi Shopee ) The Influence of Brand Image , Promotion , Price , and Service Quality on Purchase Decisions ( Shopee Application Users ). Jurnal Sinar Manajemen, 09(01), 106–113.

Herwin, & Abadi, F. (2018). the Effect of Company Reputation and Vendor Reputationon Online Purchase Decisions WithConsumer Trust As a Variable Between. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(3), 353–364.

Janakiraman, N., Syrdal, H. A., & Freling, R. (2016). The Effect of Return Policy Leniency on Consumer Purchase and Return Decisions: A Meta-analytic Review. Journal of Retailing, 92(2), 226–235. https://doi.org/10.1016/j.jretai.2015.11.002

Juliana, J., & Johan, J. (2020). Pengaruh brand image dan brand trust sebagai variabel intervening dalam memilih universitas. Journal of Business and Banking, 9(2), 229. https://doi.org/10.14414/jbb.v9i2.1978

Kartika, M., & Ganarsih, R. L. (2019). Analisis E-Wom, Online Shopping Experience dan Trust Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen E-Commerce Shopee pada Mahasiswa Pascasarjana Universitas Riau. Tepak Manajemen Bisnis, XI(2), 289–307.

Nisa, P. C., & Hutagalung, V. H. V. (2022). Pengaruh Return Policy Leniency dan Seller Reputation Terhadap Purchase Decision Dimediasi Consumer Trust. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran Digital, 1(2), 61–75. https://doi.org/10.35912/jbpd.v1i2.642

Oghazi, P., Karlsson, S., Hellström, D., & Hjort, K. (2018). Online purchase return policy leniency and purchase decision: Mediating role of consumer trust. Journal of Retailing and Consumer Services, 41(November 2017), 190–200. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2017.12.007

Palmatier, R. W., Kumar, V., & Harmeling, C. M. (2017). Customer engagement marketing. Customer Engagement Marketing, 1–328. https://doi.org/10.1007/978-3-319-61985-9

Purwati, A., & Cahyanti, M. M. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(1), 32–46. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v11i1.526

Rachmawati, I. K., Handoko, Y., Nuryanti, F., Wulan, M., & Hidayatullah, S. (2019). Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan Pelanggan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Online. Seminar Nasional Sistem Informasi 2019, 3(September), 1617–1625.

Ramadhani Ratnaningsih, Y. (2022). Meningkatkan Minat Pembelian Menggunakan E-Commerce Shopee Melalui Iklan Dan Citra Merek Dimediasi Kepercayaan Konsumen Di Masa Pandemi Covid-19. EQIEN Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 590–596.

Saarijärvi, H., Sutinen, U. M., & Harris, L. C. (2017). Uncovering consumers’ returning behaviour: a study of fashion e-commerce. International Review of Retail, Distribution and Consumer Research, 27(3), 284–299. https://doi.org/10.1080/09593969.2017.1314863

Setiawati, A. B., Hartono, & Rahmawati, N. F. (2020). Pengaruh Viral Marketing Dan Citra Merek Terhadap Kepercayaan Pelanggan (Studi Kasus Pengguna Shopee Mahasiswa Program Sarjana Institut Stiami Jakarta Pusat). Jurnal Mahasiswa Administrasi Bisnis, 1(1), 1–5.

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Nada, A. Q. ., Cahyani, P. D. ., & Maharani, B. D. . (2023). PENGARUH ONLINE RETURN POLICY LENIENCY DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPERCAYAAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA DI D.I.YOGYAKARTA. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 12(04), 1012-1026. https://doi.org/10.22437/jmk.v12i04.29909